Fakultas Kesehatan Masyarakat

Info Lengkap Fakultas Kesehatan Masyarakat

Pendirian Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) adalah menyediakan tenaga-tenaga ahli kesehatan masyarakat untuk menangani masalah-masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Gagasan awal pendirian FKM-UI dicetuskan pertama kali oleh Dokter Mochtar yang menjabat sebagai Kepala Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Pencegahan FK-UI yang kemudian dilanjutkan oleh dokter Sajono Sumodidjojo pada tahun 1964 dengan mengajukan usulan proyek kepada Rektor Universitas Indonesia, Dekan FKUI dan Perwakilan WHO di Indonesia.

Dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan nomor 26 tahun 1965 tanggal 26 februari 1965 diputuskan bahwa Fakultas Kesehatan Masyarakat dibentuk di bawah naungan Universitas Indonesia. Pada tanggal 13 Maret 1965 Panitia Persiapan Pembentukan FKMUI terbentuk yang anggotanya terdiri dari wakil-wakil FKUI, Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Departemen Tenaga Kerja. Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 153/1965 yang memperbaiki SK yang terdahulu, menetapkan tanggal berdirinya FKMUI, yaitu 1 Juli 1965.

Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no.5581/SEKRET/BUP/65 memutuskan dan menunjuk dokter Sajono Sumodidjojo sebagai Dekan, dokter Drajat Democrat Prawiranegara sebagai Pembantu Dekan Bidang Akademis, dokter I Made Bagiastra sebagai Pembantu Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan dan dokter T. Karimuddin sebagai Pembantu Dekan Bidang Mahasiswa dan Alumni. Sedangkan tujuan pembentukan FKM-UI pada saat itu adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan tenaga kesehatan yang terlatih dalam bidang kesehatan masyarakat untuk pelayanan kesehatan.
  • Menghasilkan tenaga pengajar yang terlatih dalam bidang kesehatan masyarakat untuk perguruan tinggi.
  • Memberikan pendidikan keahlian dalam bidang kesehatan masyarakat bagi lulusan perguruan tinggi seperti dokter, dokter gigi, dokter hewan, apoteker, insinyur, dan memberikan pendidikan lanjutan bagi tenaga paramedis yang telah lulus tingkat akademi, seperti akademi penilik kesehatan, akademi gizi dan akademi perawat.

TUJUAN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UI

Sistem Kesehatan Nasional yang dinamis dan berorientasi pada kepentingan masyarakat, melalui usahanya yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif serta yanng menempatkan peran serta masyarakat sebagai hal utama, merupakan salah satu sarana dan wahana yang dapat meningkatkan mutu kehidupan bangsa. Fakultas Kesehatan Masyarakat yang bernaung di bawah Universitas Indonesia di samping merupakan subsistem dari Sistem Pendidikan Nasional, sehingga tujuan FKMUI berpedoman dan berlandaskan pada ke dua sistem nasional tersebut. Usaha-usaha pendidikan dan kesehatan berikut lembaga-lembaganya merupakan bagian dari budaya bangsa yang perlu dipelihara dan dikembangkan. Sesuai dengan pemahaman tadi dan peranannya sebagai lembaga pendidikan dan ilmu pengetahuan yang memikul tanggung jawab di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mempunyai tujuan sebagai berikut:

  • Terwujudnya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia sebagai bagian dari pusat pengembangan kebudayaan dengan pemikiran serta karya pembaharuan budaya dan dengan pembentukan kepribadian bangsa.
  • Dihasilkan pemikiran yang memperkokoh pengembangan watak, moral dan etika bangsa.
  • Terselenggaranya peran aktif sebagai penggerak pembangunan dengan konsep pembaharuan dan konsep perencanaan ke masa depan secara terpadu, khususnya di bidang kesehatan.
  • Terwujudnya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia sebagai bagian dari pusat pengembangan ilmu dan teknologi dengan pemikiran dan pemecahan masalah di bidang kesehatan dan bidang-bidang lain yang ada hubungannya dengan perihal kesehatan.
  • Dihasilkannya karya ilmiah yang bermutu tinggi khususnya di bidang kesehatan yang merupakan sumbangsih baik pada perkembangan ilmu maupun pada penyelenggaraan usaha pembangunan nasional.
  • Terselenggaranya peran aktif dalam pelaksanaan pembangunan nasional khususnya bidang kesehatan dalam rangka menuju masyarakat adil dan makmur.
  • Dihasilkannya tenaga ahli yang terampil di bidang kesehatan masyarakat yang berjiwa Pancasila, mempunyai kemampuan profesional dan intelektual yang bermutu tinggi, berkesadaran sosial, berwawasan nasional dan internasional, serta memiliki integritas kepribadian.
  • Terselenggaranya pelayanan di bidnag kesehatan masyarakat yang didasarkan pada pengamalan ilmu, terutama dalam hal-hal yang mencerminkan dan menumbuhkan tekad pengabdian FKMUI pada rakyat banyak.