Akomodasi

Akomodasi bagi mahasiswa UI adalah sesuatu yang sama sekali tidak sulit karena adanya fasilitas asrama dan rumah kos di sekitar kampus UI Depok. Bagi mahasiswa baru yang berasal dari daerah, beberapa fasilitas temporer banyak tersedia di lingkungan kampus UI untuk disewa, seperti penginapan di Pusat Studi Jepang (PSJ) yang terletak Fakultas Ilmu Budaya atrau Wisma Makara yang tenang dan sejuk yang terletak dekat dengan UI.

Wisma Makara

Wisma Makara Universitas Indonesia yang terletak di kawasan kampus Universitas Indonesia Depok merupakan salah satu sarana akomodasi terbaik di daerah Jakarta Selatan dan Kota Depok. Tempat yang sangat cocok untuk berbagai kegiatan seperti seminar, pelatihan/ training, diklat, workshop, lokakarya dan berbagai jenis kegiatan lainnya. Lokasinya berada di lingkungan hutan karet yang asri dan danau yang membiru disekitarnya membuat suasana menjadi begitu tenang, sejuk, dan nyaman. Tempat ini akan sangat menunjang kegiatan-kegiatan yang anda lakukan, terlebih bagi anda yang memerlukan ketenangan untuk beristirahat.

Asrama Mahasiswa

Asrama UI Depok Depok sangat familiar dikenal sebagai tempat tinggal bagi mahasiswa UI yang berasal dari luar Kota Depok atau Jakarta. Asrama di lingkungan kampus Depok ini memang sengaja disediakan bagi mahasiswa asal daerah yang sedang menuntut ilmu di UI agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan di kampus. Di asrama tersebut mahasiswa dapat menentukan pilihan apakah tinggal dengan kamar standar (non-AC), kamar AC atau kamar VIP.

Meski hanya asrama mahasiswa, sarana dan prasarana di dalamnya cukup lengkap, sehingga menunjang para mahasiswa dalam menjalankan aktivitas belajarnya setiap hari.

Sarana dan prasarana tersebut antara lain kantin, gazebo, minimarket, lapangan basket dan futsal, televisi umum, kios foto kopi, serta kios laundry. Untuk mendukung kelancaran transportasi di asrama ada pangkalan ojek yang beroperasi selama 24 jam, sehingga para mahasiswa bisa beraktivitas dengan mudah.

Berdasarkan aturan yang berlaku mahasiswa yang ingin tinggal di asrama harus mengajukan permohonan izin tinggal ke fakultas terlebih dahulu.

Rumah Kos sekitar UI

Berbagai rumah kos tersedia di lingkungan kampus UI, misalnya di Jalan Kukusan Kecamatan Beji atau tepatnya berada di belakang kampus UI, beragam tempat kos tersedia dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan fasilitas yang tersedia.

Selain di Jalan Kukusan tempat kos juga mudah dijumpai di sekitar Jalan Margonda atau tepatnya berada di depan kampus UI.

Mengenai harga yang ditawarkan mulai dari Rp 300 ribu per bulan dengan fasilitas yang standar dan juga kos mewah dengan harga di atas Rp 700 ribu per bulannya.

Di dua tempat tersebut dengan mudah didapatkan fasilitas keperluan mahasiswa lainnya seperti toko buku, tempat foto kopi, toko komputer, dan minimarket yang menyediakan kebutuhan sehari-hari para mahasiswa, serta juga tempat makan mulai dari warteg yang murah, warung padang, dan lainnya.

Untuk daftar alamat lengkap rumah kos yang berada di dekat UI Depok bisa dilihat di http://www.ui.ac.id/en/campus/page/ housing/dormitory.

Penginapan Pusat Studi Jepang

Penginapan dengan pemandangan ke arah danau ini berada di area Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Harga untuk kamar single dimulai dengan harga Rp 120 ribu per malam, sedangkan kamar VIP Rp 210 ribu per malam. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi (021) 786 3547.