Guru Besar



Prof. Safri Nugraha, SH., LL.M., PhD

Mengaplikasikan Hukum Untuk Terwujudnya Good Governance di Indonesia Sebagai seorang Guru Besar dalam Hukum Administrasi Negara, Beliau merupakan seseorang yang concern mengenai masalah Good Governance di Indonesia. Beliau sering kali diminta sebagai penasehat Tim Pakar Hukum Departemen Hukum dan HAM. Sebagai anggota Komite Nasional Kebijakan Governance di Indonesia. Konsultan dan Legal Expert di bank Dunia dalam Public Procurement & National Remuneration Commission, The World Bank.

Safri, lahir di Jakarta, 24 April 1963 sebagai ahli Hukum Administrasi Negara. Setelah lulus Sarjana di FHUI pada tahun 1987 kemudian Beliau meneruskan studinya di Faculteit der Rechtsgeleerdheid Rijksuniversiteit Groningen, Netherlands pada tahun 1998 untuk mendapatkan gelar LLM dengan judul thesis Privatisation of State Telecommunications Enterprises in UK, US and Indonesia,dan selanjutnya di Faculteit der Rechtsgeleerdheid Rijksuniversiteit Groningen, Netherlands tahun 2002 dengan mendapatkan gelar PhD Karya-karya ilmiah Beliau tersebar di berbagai jurnal ilmiah, seminar, dan pertemuanpertemuan ilmiah lainnya, terutama mengenai masalah Good Governance antara lain Perilaku Pejabat Negara (2006), Pengkajian tentang Masalah Fit & Proper-test Dalam Proses Pemilihan Pejabat Negara ( 2005), Pengkajian tentang Perbuatan Melawan Hukum Oleh Penguasa di Era Otonomi Daerah (2004).

Selain terlibat dalam penelitian, beliau juga diminta sebagai tim ahli dalam pembuatan Peraturan Perundang-Undangan misalnya dalam pembuatan Kajian Naskah Akademis & Perancangan Peraturan Pemerintah tentang Kewajiban Pemberian Subsidi & Iuran Pemerintah pada Program Pensiun PNS (2004). Sebagai Konsultan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dalam Evaluasi Badan Hukum Milik Negara (2004) sebagai ketua harian Tim Penyusun Rancangan Undang-Undang Administrasi Pemerintahan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (2004-sekarang), Melakukan Kajian Tentang Pembentukan dan Pemekaran Wilayah dalam Era Otonomi Daerah misalnya mengenai Penelitian Tentang Pembentukan Kabupaten Caringin Banten (2004).

[Kembali]