Pembelajaran & Pengajaran Internasional

Para siswa akan mendapat keuntungan dari proses pembelajaran dan pengajaran internasional selama kuliah. Dalam hal ini, Universitas Indonesia menerima mahasiswa dan peneliti internasional untuk pembelajaran atau penelitian. Pada akhir 2012, Universitas Indonesia menargetkan 2% penerimaan dari mahasiswa internasional dari total tiap mahasiswa per fakultas. Penggunaan bahasa Inggris akan diterapkan di tiap program studi, sehingga pada akhir dari Rencana Strategis, presentase dari kelas yang berpengantar bahasa Inggris akan mencapai 20%.

Program-program tersebut di antaranya pertukaran pelajar, gelar ganda, program sandwich, dan peneliti tamu.

1.Pertukaran Pelajar

  • A. Pertukaran Pelajar ke Dalam
  • Banyak mahasiswa memilih Universitas Indonesia untuk menyelesaikan program gelar di negara asal mereka dan mendapatkan pengalaman hidup dengan kebudayaan yang berbeda.
  • B. Pertukaran Pelajar ke Luar
  • Mahasiswa Universitas Indonesia didorong untuk melakukan studi di luar negeri sebagai bagian dari pembelajaran mereka. Para mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengalaman internasional dan dapat memperluas perspektif mereka agar kelak dapat aktif di dunia global.

2. Gelar Ganda

Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program tersebut akan menerima gelar ganda dari dua lembaga yang bersangkutan. Universitas Indonesia telah memiliki beberapa kesepakatan atas program ini dengan universitas-universitas lain. Program-program tersebut membuat kualitas pembelajaran dan pengajaran Universitas Indonesia dikenal secara internasional oleh universitas-universitas papan atas dunia.

3. Program Sandwich

TPara mahasiswa memulai studi mereka di negara asal, melaksanakan penelitian di luar negeri, kemudian kembali ke negara asal untuk menyelesaikan studi dan mempresentasikan tesis/disertasi. Program ini biasanya ditujukan untuk tingkat Pascasarjana dengan tertentu dengan universitas-universitas yang menjalin kerjasama.

4. Peneliti Tamu

A. Inbound Visiting Scholars

Universitas Indonesia mengundang penliti tamu untuk melakukan penelitian dan mengajar. Untuk menjadi peneliti tamu, klik di sini.

B. Outbound Visiting Scholars

Universitas Indonesia mendorong para anggota fakultasnya untuk melakukan penelitian dan mengajar di universitas-universitas lain. To be Universitas Untuk menjadi peneliti tamu, klik di sini.