Indeks Berita


PSAU FISIP UI 2008 - Program Sarjana Reguler

Posted by admin on 2008-08-25 10:35:00

PSAU.jpg - 152x114 - 11.18 kbPada Senin (25/08), bertempat di Gedung M Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Indonesia (FISIP UI), diselenggarakan acara Pengenalan Sistem Akademik Universitas (PSAU) FISIP UI untuk mahasiswa baru (maba) program sarjana reguler tahun akademik 2008/2009. Kegiatan yang diadakan selama 2 hari dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru tersebut bertujuan untuk memperkenalan sistem akademik serta kehidupan lingkungan kampus.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 dan diawali sambutan oleh Dekan Fisip UI, Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono, M.Sc, tersebut mengusung tema smart and responsible. ”Kami menginginkan maba Fisip UI 2008 mampu menonjolkan sisi intelektualitas mereka ketika berkuliah di sini serta bertanggung jawab di kehidupan luar kampus. Karena itulah smart and responsible menjadi tagline PSAU tahun ini” ujar M Arfan Azhar, Ketua Bidang Acara PSAU Fisip 2008.

Hari pertama PSAU FISIP 2008 yang diketuai oleh Helmi Qodrat Ichtiat, S.Sos, M.Si itu mengagendakan kegiatan berupa pemutaran profil FISIP UI; penyambutan oleh dekan; penjelasan sistem akademik, nonakademik dan kemahasiswaan; organisasi dan kegiatan kemahasiswaan; pengenalan masing-masing departemen, penjelasan kurikulum, perkuliahan, dan kegiatan nonpengajaran; pengenalan dan mentoring himpunan mahasiswa. Sedangkan hari kedua mengagendakan perkenalan dengan Sistem Informasi Akademik Next Generation (SIAK NG) dan metode pendaftaran akademik manual; pengenalan perpustakaan Miriam Budiardjo Research Center; serta talkshow ’Smart and Responsibility’. PSAU2.jpg - 152x114 - 10.56 kb

Dibandingkan tahun sebelumnya, PSAU FISIP kali ini diikuti hampir 90% jumlah maba program S1 Reguler. ”Tahun ini, panitia memang memanfaatkan berbagai metode publikasi, mulai dari pembagian surat edaran ketika para maba melakukan registrasi, spanduk dan baliho, informasi melalui website Universitas Indonesia dan Fisip, serta menggunakan layanan pesan singkat (Short Messaging Service/ SMS) yang ditujukan langsung ke nomor ponsel para maba.” ujar Ayi Mulyadi, Kepala Bidang Publikasi.

Disinggung mengenai sistem pengenalan kampus yang lekat dengan perpeloncoan, Arfan Azhar membantah adanya perpeloncoan dalam PSAU. ”Sesuai dengan namanya, acara ini adalah pengenalan sistem akademik dan kehidupan lingkungan kampus. Kami lebih memberi gambaran seperti apa kehidupan mahasiswa itu dan menuntun mereka untuk menghindari plagiatisme yang sering terjadi dalam dunia perkuliahan seperti menjiplak tugas atau menyontek. Kami juga mengajak para maba untuk lebih peduli dengan lingkungan.” jelasnya. Pihak panitia pun tidak menuntut para maba untuk membawa berbagai barang bawaan yang merepotkan mereka. Para peserta PSAU hanya diminta membawa makan siang, obat-obatan pribadi, alat ibadah, serta name tag yang berfungsi sebagai tanda pengenal.

Menurut Helmi Qodrat, pihak panitia akan membagikan kuesioner kepada para maba yang berfungsi sebagai alat ukur keberhasilan kegiatan tersebut. (TSM)