Indeks Berita


Change!

Posted by admin on 2005-04-26 09:58:25

Buku Change!karya Rhenald Kasali, Ph.D ini, dosen dan Ketua Program Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi UI, sengaja di luncurkan di UI bersamaan dengan pemberian penghargaan dari Rektor UI kepada dosen penulis buku ilmiah serta Anugerah Pembuat Perubahan, pada hari Kamis (21/04) di Kampus Depok.Salah satu langkah awal untuk mengubah kampus dari yang bersifat birokratik menuju korporat.

Berubah atau mati. Buat apa suatu perusahaan atau institusi terus dipertahankan kalau ia hanya menjadi beban masyarakat? Hidup, tetapi mengidap penyakit ketuaan, tidak memberi manfaat, dan menyulitkan banyak orang. Buku ini menjelaskan segala hal untuk mengelola perubahan. Untuk membuat suatu perubahan menghasilkan prestasi besar.

Dalam setiap perubahan selalu ada dua pihak: Mereka yang menganut asas “seeing is believing” dan “believing is seeing”. Padahal untuk menciptakan perubahan, pertama-tama harus ada yang bisa mengajak semua pihak “melihat”. Namun ini saja tidak cukup. Mereka yang “melihat” belum tentu “bergerak” dan yang “bergerak” belum tentu “mampu menyelesaikannya”. Sebagian besar orang telah terperangkap oleh kesuksesan masa lalu. Dan seperti kata Peter Drucker, bahaya terbesar dalam turbulensi bukanlah turbulensi itu sendiri, melainkan “cara berpikir kemarin” yang masih dipakai untuk memecahkan masalah sekarang.

Buku ini dilengkapi kasus-kasus di Indonesia, bagaimana para change makers melakukan transformasi di sini dan di seluruh dunia. Dari Bupati Darmili (Pulau simeuleu), almarhum Cacuk Sudariyanto (Telkom), Sjamsir Kadir (Pegadaian), Marzuki Usman (Bapepam), Pramukti Surjaudaja (Bank NISP), sampai Lee Kuan Yew (Singapura), Vaughn Beals (Harley Davidson), Lee Iacocca (Chrysler), Robert Noice (Intel), sampai Jose Maria Figueres (Costa Rica). Mereka melakukan transformasi struktural, sekaligus kultural. Membuat perubahan bak sebuah “pesta” yang menyenangkan.

Selain kasus, buku ini dilengkapi oleh kata-kata mutiara perubahan yang membuat akan menghargai perubahan dan lebih mampu memahami manajemen perubahan dan menajemen harapan.