Indeks Berita


Penganugerahan Doctor Honoris Causa untuk Prof. Dr. Daisaku Ikeda

Posted by admin on 2009-10-19 02:51:33

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri beserta jajaran pimpinan UI, antara lain dr. H. Purnomo Prawiro (Ketua MWA UI), Prof. Dr. Biran Affandi (Ketua Dewan Guru Besar), Sunardji, S.E., M.M. (Wakil Rektor UI bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Industri), Prof. Dr. I Ketut Surajaya M.A. (Sekretaris Universitas), Prof. Dr. Ichramsjah Azim Rachman (Ketua Komite Dr.HC), Dr. Bambang Wibawarta Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI dan anggota komite Dr.HC UI lainnya, melakukan kunjungan ke Universitas Soka, Jepang (9/10-11/10) dalam rangka menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa untuk bidang filsafat dan perdamaian kepada Prof. Dr. Daisaku Ikeda, pendiri Soka University.

Upacara penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa bagi Prof. Ikeda dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2009 di Daisaku Ikeda Memorial Hall dengan sangat megah. Upacara tersebut turut dihadiri pula oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Prof. Dr. Jusuf Anwar, yang pernah mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Soka.

Acara dibuka dengan penampilan Grup Orkestra Mahasiswa Soka yang mengumandangkan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pertunjukan seni budaya oleh mahasiswa Universitas Soka. Rektor UI juga menyampaikan pidato tentang alasan utama penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada Prof. Ikeda, dan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat Doktor Honoris Causa untuk bidang Filsafat dan Perdamaian kepada Prof. Dr. Daisaku Ikeda, pendiri Universitas Soka, Jepang.

Prof. Ikeda dipandang tidak hanya sebagai seorang pemimpin, pendidik, penulis produktif, pelopor pergerakan perdamaian dan penafsir Budhisme Nichiren, yaitu salah satu filsuf pragmatik terkemuka di dunia, namun juga dipandang sebagai tokoh yang memberikan perhatian besar pada filsafat pragmatisme yang secara khusus berkaitan dengan ide-ide mengenai sebuah sistim pendidikan yang baik. Ikeda telah berhasil mempromosikan filsafat dalam sistem pendidikan sebagai tempat strategis untuk menciptakan dan memelihara nilai-nilai kemanusiaan universal.

Selain aktif menulis buku-buku dalam bidang pendidikan, politik, dan filsafat, Prof. Ikeda juga menulis berbagai puisi, essai, proposal-proposal perdamaian, dan berbagai bahan pengajaran di universitas. Baginya, menulis adalah sama bernilainya dengan kehidupan manusia itu sendiri. Melalui pemikiran tulisan tersebut, Ikeda ingin memberikan secercah harapan dan keberanian kepada para pembacanya. Sebagai upaya memajukan peradaban, Prof. Ikeda juga mendirikan berbagai institusi seperti institusi penelitian, pendidikan dan kebudayaan sehingga dapat turut memelihara perdamaian dunia.

Sebelum pelaksanaan upacara penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa, rombongan UI disambut dalam sebuah upacara resmiĀ  oleh Prof. Hideo Yamamoto, President Soka University, di Central Tower, Soka University. Dalam upacara tersebut, BeliauĀ  atas nama seluruh civitas akademika Universitas Soka menganugerahkan gelar kehormatan kepada Rektor UI dan Ketua MWA UI.

Dalam kunjungan selama 3 hari tersebut, rombongan UI juga berkesempatan mengunjungi berbagai tempat, diantaranya Min-On Culture Center, Seikyo Press, dan Fuji Arts Museum. Di Min-On Culture Center, rombongan UI dapat melihat koleksi berbagai alat musik dari seluruh dunia, baik alat musik klasik, tradisional, maupun alat musik modern. Sedangkan dalam kunjungan ke Seikyo Press, rombongan UI disambut dengan sangat meriah oleh Direktur Seikyo Press beserta jajaran pimpinan lainnya. Dalam kesempatan tersebut, rombongan UI mendapat sekilas penjelasan tentang sejarah dan peranan Seikyo Press sebagai kantor berita harian di bawah naungan Universitas Soka. Sementara itu, dalam kunjungan ke Fuji Arts Museum, rombongan UI berkesempatan melihat koleksi lukisan yang sebagian merupakan hasil karya Prof. Ikeda, dan barang-barang bernilai seni tinggi lainnya.

Perjalanan rombongan UI ke Jepang diakhiri dengan jamuan makan malam bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Prof. Dr. Jusuf Anwar di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo.(AKW&Wulan)