Indeks Berita


Silaturahmi Mantan Penghuni Asrama Daksinapati

Posted by admin on 2009-11-02 13:02:33

Sebanyak 150 mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang pernah tinggal di asrama UI Daksinapati Kampus Rawamangun mengadakan pertemuan dan silaturahmi yang berlangsung hari Minggu (01/11) di selasar Balairung Kampus Depok. Pada kesempatan itu hadir Prof.Dr. I Ketut Surajaya,M.A, Sekretaris Universitas yang dulu juga pernah menghuni asrama Daksinapati hadir mewakili Rektor UI.

Acara yang dimulai pukul 07.00 WIB dimulai dengan melakukan bersepeda keliling kampus yang kemudian dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama di selasar Balairung. Dalam kesempatan itu, Samsit Alam Ketua Paguyuban penghuni asrama Daksinapati berharap agar pimpinan UI dapat memberikan tempat untuk kantor sekretariat, agar memudahkan dalam melakukan korespondensi dan kegiatan paguyuban. Sementara itu dalam sambutannya Prof.Dr. I Ketut Surajaya, M.A, mengharapkan partisipasi aktif dari mantan penghuni asrama Daksinati kepada UI, baik dalam bentuk pemikiran ataupun kegiatan nyata yang dapat dirasakan. Rencananya Rektor UI akan hadir pada acara silaturahmi paguyuban ini, karena merupakan salah satu penghuni asrama Daksinapati. Tetapi sampai jam 16.00 WIB ternyata tidak hadir, akhirnya acara ditutup dengan foto bersama. Direncanakan tahun depan akan diadakan Reuni Akbar Paguyuban Asrama Daksinapati.

Asrama Daksinapati merupakan salah satu asrama UI, satu fasilitas yang disediakan bagi para mahasiswa UI dari luar daerah. Asrama Lainnya yaitu Wismarini, yang terdiri atas flat dosen dan tempat tinggal khusus mahasiswi yang terletak di Jalan Oto Iskandar Dinata Jakarta Timur dan Asrama Pegangsaaan Timur (PGT) yang berada di Jalan Pegangsaan Timur nomor 17 Jakarta Pusat. Diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 15 September 1959. Arti Daksinapati sendiri adalah calon suami yang baik.

Para mahasiswa yang tinggal di asrama Daksinapati berasal dari berbagai daerah pelosok Nusantara. Bahkan ada yang berasal dari Pulau Nias. Dalam komunitas asrama DaksinapatiĀ  inilah sebetulnya "keindonesiaan" para mahasiswa UI dibentuk. Ciri khas yang sudah menjadi identitas dan dipahami oleh semua mantan penghuni asrama Daksinapati sejak tahun 1959 adalah sebuah kata yaitu "BISAAA...". Jika satu penghuni mengatakan kata tersebut, maka teman yang mendengarnya, akan menjawab dengan perkataan yang serupa.Waktu pertemuan kemarin secara berseloroh seorang mantan penghuni asrama Daksinapati menyatakan, kalau saja NKRI "pengelolaannya" diserahkan kepada para mantan penghuni asrama Daksinapati, maka bereslah negara ini. Dan memang dalam kenyataannya, dari 2000 orang mantan penghuni asrama daksinapati, sudah banyak berkiprah dan dikenal mempunyai reputasi yang baik dalam berbagai bidang kehidupan di republik ini. Berapa nama antara lain Anwar Nasution (mantan ketua BPK), Hasan Wirayuda (Mantan Menteri Luar Negeri), Yusril Ihza Mahendra (Mantan Mensesneg dan Menkumdang & HAM) dan kini yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, yaitu Suharna Surapranata (Menristek).(mri)