Indeks Berita


Kerjasama UI-APINDO

Posted by humas-ui on 2010-02-10 08:57:54

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menjalin kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan Rektor UI Prof. Dr. der Soz Gumilar Rusliwa Somantri dan Ketua APINDO Sofyan Wanandi, hari Rabu (03/02) di lantai 2 Gedung Pusat Administrasi Universitas Kampus Depok.

Dalam sambutannya, Rektor UI mengucapkan selamat datang kepada Sofyan Wanandi dan Pimpinan APINDO, yang mungkin baru pertama kali berkunjung khsususnya ke Gedung Pusat Administrasi Universitas. Rektor juga menyinggung tentang hubungan industri dan perguruan tinggi yang sering di dengung-dengungkan dalam kenyataannya tidak terlalu kondusif. Tidak seperti di luar negeri, di Indonesia riset dan pengembangan industri berjalan sendiri. Padahal di perguruan tinggi terdapat cukup sumber daya manusia  yang handal untuk melakukan riset. Dengan adanya kerjasama UI dengan APINDO ini diharapkan akan menjadi terobosan baru yang inovatif.

Sementara itu, Sofyan Wanandi menyatakan, baru pertama kalinya mengunjungi gedung pusat administrasi universitas, padahal sudah kerapkali ke kampus Depok memberikan ceramah dan mengajar, tetapi terbatas di Fakultas Ekonomi saja. Sofyan Wanandi juga menjelaskan mengenai latar belakang kerjasama yang dijalin. Walaupun selama ini APINDO sering memanfaatkan jasa para staf pengajar dri Fakultas Psikologi, Hukum dan Ekonomi, tetapi
kali ini perlu dibuat payung kerjasama dengan UI untuk lebih memperluas kerjasama. Pekerjaan yang sangat mendesak bagi APINDO saat ini yang sudah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia, adalah bagaimana membuat standarisasi dalam menyeleksi produk dari luar, terutama dari negara China, untuk melindungi konsumen Indonesia akan produk-produk yang tidak berkualitas. Diharapkan dalam jangka waktu satu tahun standarisasi sudah dapat dibuat.(mrr)