Indeks Berita


Lunch Talk on Smart Grid

Posted by admin on 2010-04-13 13:28:41

Electical Power and Energy Studies (EPES) Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) bekerjasama dengan Indonesian National Comitee (INC) Cigre mengadakan Lunch Talk on Electricity, dengan topik Smart Grid pada tanggal 23 Maret 2010 bertempat Kampus Fakultas Teknik Depok.

Acara dibuka dengan sambutan dari pihak EPES yang diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Rudy Setiabudy dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua KNI Cigre Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang diisi oleh Mr Yann Reynaud (VP/Director of Sales and Marketing Areva T&D;) dan Dr-Ing. Eko Adhi Setiawan (Dosen Departemen Teknik Elektro FTUI) dengan moderator Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa.

Diskusi ini membahas tentang tantangan masa kini yang dihadapi dalam jaringan dan distribusi listrik yang bisa dijawab oleh smartgrid antara lain meningkatnya permintaan tenaga listrik, semakin menguatnya tuntutan tenaga listrik yang ramah lingkungan, naiknya harga sumber daya pembangkit listrik dan semakin luasnya jaringan distribusi listrik. Sementara itu, ada beberapa tuntutan dari konsumen listrik sekarang ini yang harus dipenuhi antara lain jaringan yang lebih handal dan berkualitas, lebih stabil, lebih ramah lingkungan, lebih efisien, dan lebih murah. Dengan adanya pengembangan smartgrid dalam jaringan distribusi listirik akan menghasilkan beberapa keunggulan antara lain pencegahan pemadaman listrik dengan perencanaan energi cadangan, reaksi penanganan pemadaman yang cepat, serta stabilitas jaringan listrik yang dipantau secara online Keunggulan kedua dalam penggunaan smartgrid adalah integrasi sumber energi listrik yang bebas karbon dengan penggunaan energi nuklir serta sentralisasi ataupun desentralisasi sumber energi terbarukan baik dalam bentuk besar maupun kecil (micro-renewable) dan penyimpanan energi. Keunggulan smartgrid yang ketiga adalah optimalisasi transmisi dimana dengan diaplikasikannya sistem smartgrid memungkinkan mengintegrasikan sistem transmisi listrik dan komunikasi serta manajemen jaringan yang lebih baik. Keunggulan smartgrid yang ke empat adalah optimalisasi distribusi dimana dalam sistem smartgrid memungkinkan untuk melakukan sistem 2 arah baik untuk jaringan listrik maupun jaringan komunikasi.(rga)