Indeks Berita


UI Studentpreneurs

Posted by admin on 2011-11-23 14:37:53

Badan Eksekutif Mahasiswa Fekultas Ekonomi Universitas Indonesia (BEM FE UI) bekerja sama dengan Direktorat Kemitraan dan Inkubator Bisnis UI menyelenggarakan UI Studentpreneurs. Kompetisi ini ditutup dengan seminar bertema “Our Journey The Beginning of The End” pada Selasa (22/11) di Balai sidang UI Depok. Seminar yang mengangkat materi mengenai sisi kewirausahaan yang lebih humanis inidihadiri pembicara handal dalam bidang kewirausahaan di Indonesia. Dalam sesi pertama membahas tema “Redefining the Orientation of Entrepreneurship” yang menjelaskan tentang kewirausahaan serta definisi yang baru terhadap orientasi daripada kewirausahaan. Tujuan daripada sesi ini adalah memberikan konsep dasar dan pembaharuan tentang kewirausahaan. Sesi pertama diisi Raja Sapta Oktohari Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia dan Rahardjo Ramelan (Business Coach, Financial Expert, Komisaris PT Jabar Sarana Ventura).

Sesi kedua bertemakan “Breaking Entrepreneurships`s Dilemma” menyingkap pengalaman dan pengetahuan narasumber melalui moderator yang pada puncaknya memberikan materi tentang cara berwirausaha, menyikapi dilema dalam berwirausaha, dan motivasi dasar untuk memulai berwirausaha dengan pembicara Bambang Sutantio (Pendiri Cimory), Fahira Fahmi Idris (Alumni FEUI, Ketua Asosiasi Pengusaha Parsel Indonesia). Keresahan perkembangan tentang kemandirian bangsa inilah yang menjadi alasan diadakannya UI Studentpreneurs. Selain itu acara ini diharapkan menaikkan kesadaran dan menanamkan jiwa kewirausahaan pada setiap mahasiswa UI. UI Studentpreneurs ini dirangkai dalam empat kegiatan yaitu akademi yang diadakan dari bulan Agustus-November 2011,diperuntukkan bagi Mahasiswa UI yang belum mempunyai bisnis dan dilatih oleh beberapa wirausahawan sukses diantaranya Rhenald Kasali dengan tujuan agar terciptanya hasrat dari mahasiswa, bahwa memulai sesuatu itu memang tidak mudah namun bisa dilakukan. Rangkaian kedua adalah eksibisi pada bulan Oktober-November untuk mahasiswa UI yang memang mempunyai bisnis dengan tujuan ingin menunjukkan bahwa UI pun bisa memiliki bisnis yang luar biasa.

Rangkaian ketiga adalah seminar nasional UI Studentpreneurs dan rangkaian keempat adalah peresmian dan pelantikan Komunitas HIPMI UI yang sekaligus menutup acara seminar nasional. Dalam acara ini dilantik 90 pendiri utama komunitas yang berasal dari seluruh peserta akademi, eksibisi, dan panitia dengan tujuan membentuk suatu komunitas wirausaha di UI agar dapat saling berbagi informasi bisnis dan kegiatan kewirausahaan. Setelah pelantikan ini akan diagendakan juga pembukaan anggota HIPMI. Pembukaan member HIPMI UI ini sifatnya umum untuk mahasiswa UI dari fakultas manapun. (MONA)