Indeks Berita


Open House International Undergraduate Program 2012

Posted by admin on 2012-01-05 13:43:22

Menjelang pembukaan pendaftaran untuk program Kelas Khusus Internasional (KKI), UI menggelar Open House International Undergraduate Program 2012, pada hari Sabtu (4/1)di Auditorium FE Kampus Depok sebagai salah satu bentuk sosialisasi untuk lebih memperkenalkan program KKI. Pada open houseini terdapatdua sesi panel untuk menjelaskan kepada para siswa SMA dan orang tua siswa yang hadir. Sesi panel pertama berisi materi teknis pendaftaran dipaparkan Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI,Dr. Emil Budianto, dan Kepala Kantor Internasional UI,Junaidi, M.A.

Pada sesi ini juga terdapat testimonial dari lulusan program KKI, yaitu Mika Halpin Hasanah (alumni KKI Fasilkom) dan Jana Adiwoso (alumni KKI Fakultas Psikologi), serta testimonial dari orang tua mahasiswa KKI, yaitu Rowin Hardjoprakoso, MSAE. Pada sesi panel kedua terdapat pemaparan deskripsi program KKI di perwakilan masing-masing fakultas yang memiliki program KKI yaitu FK, FT, Fasilkom, FE, FISIP, dan F.Psi. Dalam melaksanakan program KKI, UI bekerja sama dengan berbagai universitas di dunia, seperti University of Queensland, University of Adelaide, University of Amsterdam, Universiteit Leiden, Monash University, dan sebagainya. Kecuali untuk program KKI Ilmu Komunikasi FISIP UI, mahasiwa diberi pilihan apakah akan mengambil single degree (hanya kuliah di UI dan mendapat satu ijazah) atau double degree (kuliah di UI dan universitas lain, serta mendapat dua ijazah). Apabila mahasiswa memilih double degree, setelah ia menyelesaikan setengah dari total SKS syarat kelulusan, ia akan diberangkatkan ke universitas lain yang bekerja sama dengan UI dalam penyelenggaraan program KKI.

KKI adalah program pendidikan di UI yang dirancang untuk mencetak mahasiswa yang berstandar internasional dan mampu berkompetisi secara global. Program ini dilaksanakan dengan basis kurikulum internasional menggunakan bahasa Inggris, baik dalam kegiatan perkuliahan, diskusi, praktikum, tugas, maupun ujian. Ujian seleksi masuk program KKI UI juga menggunakan bahasa Inggris untuk mendapatkan bibit-bibit unggul yang mampu bersaing di kancah internasional. Selain sesi panel, pada open house KKI ini juga digelar booth dari masing-masing fakultas yang memiliki program KKI di selasar Gedung Dekanat FEUI. Dari acara open house ini, ratusan murid SMA beserta orang tuanya yang berminat pada program ini diharapkan dapat informasi dengan baik dan tidak ragu memilih program. (YV)