Indeks Berita


Digital Marketing: The Future Is Now

Posted by admin on 2013-02-25 14:33:56

Himpunan Mahasiswa Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia (HMVK UI) mengadakan sebuah seminar berjudul “Digital Marketing, The Future is Now”dalam rangkaian kegiatan Karya Raya Festival. Seminar ini diisi oleh 3 praktisi pemasaran, yaitu Azalea Aina (Country Digital Manager PT Unilever Indonesia), Kevin Mintaraga (CEO XM Gravity/Magnivate), serta Anna Soemarmo (Account Manager Google Indonesia).

Pembicara pertama Azalea Aina menerangkan bahwa industri media saat ini bergerak sangat cepat. Semua bertransformasi menjadi digital. Maka dari itu, industri periklanan harus segera beradaptasi. Ia mencontohkan bahwa perusahaan sebesar Unilever Indonesia, yang merupakan Unilever terbesar nomor 5 se-dunia, saat ini sudah mulai mengalokasikan dana marketingnya kepada media digital. Dari yang pada tahun 2011 hanya 0.5%, saat ini mencapai 5%. Bahkan tahun depan diprediksi budget iklan digital Unilever Indonesia akan mencapai 10%.

Hal tersebut diamini oleh Kevin Mintaraga. Ia memberi contoh atas apa yang terjadi di perusahaan periklanan digitalnya. Dari sebelumnya ia bekerja hanya dibantu oleh enam orang, saat ini orang yang bekerja di perusahannya sudah mencapai 120 orang hanya dalam tempo empat tahun. Selain itu, ia juga memberikan gambaran mengenai pengelolaan sebuah perusahaan periklanan digital. Ia menekankan pada pentingnya eksplorasi passion dari setiap karyawannya sehingga produktivitas masing-masing akan meningkat dan pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Pembicara terakhir, Anna Soemarmo, banyak menjelaskan bagaimana Google melakukan kegiatan promosi atau kampanye secara digital. Youtube—yang merupakan anak perusahaan Google—misalnya, merupakan sarana promosi digital yang cukup masif. Pemirsanya bahkan bisa melampaui apa yang didapat televisi. Mulai dari artis Korea Psy lewat Gangnam Style-nya sampai kampanye Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012. Selain yang bersifat komersil, kampanye yang dilakukan Google kerap kali mengusung misi kemanusiaan. Seperti munculnya icon “peduli banjir” di halaman situs mesin pencari Google pada waktu banjir melanda Jakarta beberapa waktu lalu.

Seminar ini selain dihadiri oleh mahasiswa UI, juga dihadiri oleh mahasiswa dari Universitas Mercubuana, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung. Mereka ini merupakan para finalis kompetisi Adu Karya yang merupakan bagian dari kegiatan Karya Raya Festival. Dengan diselenggarakannya seminar ini, diharapkan mahasiswa, terutama yang memiliki minat di dunia marketing, semakin siap dengan berkembangnya era digital. (IRH)