Indeks Berita


Kantor Komunikasi UI Selenggarakan UI Open Days

Posted by admin on 2013-02-25 14:34:25

Siswa-siswi SMA/sederajat, khususnya yang berada di tahun ketiga, sebentar lagi akan menginjak masa di mana mereka harus menyiapkan diri ke jenjang pendidikan selanjutnya, yaitu pendidikan tinggi. Dalam menghadapi masa tersebut, mereka perlu informasi, baik mengenai program pendidikan yang tersaji di perguruan tinggi maupun mengenai hal yang harus dilakukan untuk lanjut ke pendidikan tinggi. Untuk itu, Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Kantor Komunikasi dari masing-masing fakultas dan program mencoba memfasilitasi hal tersebut dengan menyelenggarakan acara UI Open Days pada 16-17 Februari 2013.

Acara yang digelar di Perpustakaan UI ini adalah pameran pendidikan resmi dari UI. Terdapat presentasi program pendidikan dan pameran stan-stan jurusan dari masing-masing fakultas di UI. Namun, walaupun yang paling banyak hadir adalah rekan-rekan SMA/sederajat, dalam acara ini tidak hanya digelar pameran pendidikan untuk jenjang sarjana, melainkan juga dari program vokasi, profesi, spesialis, dan pascasarjana.

UI juga memberi informasi mengenai berbagai seleksi masuk yang dapat ditempuh untuk dapat masuk UI. Informasi tersebut diberikan oleh panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada satu sesi presentasi khusus.

Selain program pendidikan, yang coba diperlihatkan oleh UI adalah medan kampusnya dan mahasiswanya yang memiliki segudang prestasi. Dengan konsep taman hiburan, panitia mengajak masyarakat untuk mengetahui prestasi mahasiswa UI melalui pertunjukan yang diberikan, antara lain suguhan merdu dari Paragita dan Bintang Pop UI, tari tradisional dari Liga Tari Krida Budaya, pertunjukan teater oleh Teater UI, guyonan dari rekan komunitas Stand Up Comic UI, serta sulap dari Ahmad Syahroni. Sementara itu, terdapat tur keliling kampus dengan bus kuning untuk mengenalkan kampus UI secara fisik.

Dari acara ini, UI hendak memperkenalkan UI secara utuh. Acara ini juga diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun sehingga dapat menjadi sarana informasi bagi masyarakat. (WND)