Indeks Berita


Lokakarya, Indonesia Menyongsong Swasembada Garam Industri 2015

Posted by admin on 2013-04-25 15:16:02

Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PPST-UI) bekerjasama dengan Himpunan Ahli Garam Indonesia (HAGI) mengadakan Lokakarya dengan tema “Indonesia Menyongsong Swasembada Garam Industri 2015” pada Rabu (24/04) di Ruang AHM, Gedung Engineering Center FT UI Kampus Depok. Garam merupakan komoditi strategis sebagai bahan pangan dan bahan baku industri, sehingga kegiatan produksi, penyediaan, pengadaan dan distribusi garam menjadi sangat penting dalam rangka menunjang kesehatan masyarakat melalui program konsumsi, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani garam, maupun dalam rangka memenuhi kebutuhan industri dalam negeri. Produksi garam dalam negeri, baik mutu maupun jumlah, sampai saat ini belum dapat memenuhi kebutuhan garam dalam negeri, terutama garam sebagai bahan baku industri, sehingga masih diperlukan garam yang bersumber dari impor.

 

Acara dimulai dengan sambutan Dekan FT UI, Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng dan dilanjutkan dengan diskusi panel sesi 1 yang diisi beberapa pembicara, diantaranya Dr. Ir. Mahfud, M.Si (Universitas Trunojoyo) dengan tema Data Produksi Garam Rakyat Indonesia; Prof. Dr.-Ing. Misri Gozan, M.Tech (FT UI) dengan tema Kebutuhan dan Teknologi Pengolahan Garam Industri; Yulian Lintang (PT. Garam (Persero) Indonesia) dengan tema Peluang Pengembangan Garam Industri; dengan moderator Ir. Gustia Wirman, M.Sc dari Kementrian Kelautan dan Perikanan. Sementara itu, diskusi panel sesi 2 diisi oleh Perwakilan Asosiasi Petani Garam Cirebon dengan tema Dengan TUF Petani Garam Siap Mendukung Produksi Garam Industri; Parman Tando (PT. Asahimas Chemicals) dengan tema Penggunaan Garam dalam Industri Khlor Alkali; dan Dr. Yety Rochwulaningsih, M.Si (Undip) dengan tema Instrumen Sosial Budaya dalam Pengolahan Garam Industri; dengan moderator Dr. Iwan Setiawan, M.Sc dari HAGI.

Penurunan impor garam secara bertahap dilakukan sebagai upaya Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk merealisasikan target Swasembada Garam Nasional pada tahun 2015. Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor: 58/M-DAG/PER/9/2012, yang mengatur ketentuan Impor Garam (jadual impor, spesifikasi garam impor, dll). Untuk merealisasikan program swasembada garam tersebut, perlu adanya kesabaran dan dukungan dari berbagai pihak. Tujuan kegiatan lokakarya ini adalah sebagai sosialisasi kebijakan pemerintah tentang swasembada garam industri pada tahun 2015, memberika kesadaran pada semua pihak tentang arti pentingnya program swasembada garam industri bagi ketahanan nasional dan menghimpun informasi mengenai kebutuhan real garam industri, kendala yang menghambat dan potensi yang dimiliki Indonesia untuk mengembangkan garam industri. (Humas FT)