Indeks Berita


UI Terima Kunjungan Universitas dari Yordania

Posted by admin on 2013-05-14 10:58:06

Universitas Indonesia (UI) kembali membuka hubungan dengan institusi pendidikan di luar negeri. Kali ini delegasi beberapa universitas dari Yordania yang menjajaki hubungan kerja sama dengan UI. Delegasi terdiri dari Rektor Yarmouk University Prof. Abdullah al Musa, Rektor Balqa University Prof. Dr. Nabil Shawagfeh, serta Wakil Rektor Royal Institute for Inter-Faith Studies Dr. Amer Al Hafi. Mereka didampingi oleh Fachruddin Hasan yang merupakan staf kedutaan besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Yordania yang bertempat di Amman.

Kunjungan yang berlangsung pada Jumat (26/04) ini dilaksanakan di Ruang VIP Perpustakaan UI. Mereka disambut oleh Kepala Kantor Internasional Junaidi, M.A., Kepala Program Studi Arab Letmiros, M.Hum., M.A., dosen FIB UI Muhammad Luthfi, Ph.D., Kepala Pusat Kajian Islam dan Timur Tengah Dr. Basuni Imamuddin, M.A., dosen FIB UI Dr. Abdul Muta’ali, serta perwakilan dari Kantor Internasional FE UI, Elevita Yuliati, M.Si..

Pada pertemuan ini, delegasi dari Yordania tersebut memaparkan profil kampus mereka masing-masing. Mereka menjelaskan mengenai mahasiswa internasional mereka yang jumlahnya sangat banyak dan berasal dari berbagai negara. Tujuan delegasi universitas dari Yordania ke UI salah satunya adalah mengadakan kerja sama pertukaran pelajar. Kunjungan kali ini diharapkan menjadi langkah awal bagi universitas-universitas tersebut untuk melaksanakan program kerja sama yang nyata.

Peluang kerja sama antara UI dengan universitas-universitas di Yordania sangatlah besar. Indonesia dan Kerajaaan Yordania memiliki hubungan dipolmatik yang baik. Hal tersebut ditunjang dengan kesamaan latar belakang, yakni sama-sama negara dengan masyarakat yang mayoritasnya adalah muslim. (IRH)