Indeks Berita


FISIP Kembali Meraih Juara Mapres UI 2013

Posted by admin on 2013-05-06 09:30:00

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan acara Malam Apresiasi Mahasiswa Berprestasi UI 2013 pada Jumat (04/05) di Balairung UI. Acara yang dimeriahkan dengan penampilan dari juara Bintang Pop UI 2013 Andre Satria O., Vocal Group UI, Madah Bahana UI, Paragita UI, dan Liga Tari UI ini dihadiri oleh Mahasiswa Berprestasi (mapres) dari 13 fakultas; Mapres di bidang seni, olahraga, organisasi, dan penalaran; UKM-UKM UI; para tamu undangan; serta suporter dari masing-masing mapres tingkat fakultas.

Mengambil Tema Mahasiswa Indonesia Cerdas dan Kompetitif, acara ini merupakan acara puncak dari rangkaian seleksi pemilihan Mapres Utama UI yang terdiri dari Psikotest dan Tes Bahasa Inggris (01/05) dan Presentasi Makalah (02/05). Pada acara puncak ini, selain pengumuman pemenang Mapres Utama UI, terdapat pula penghargaan bagi mahasiswa yang berprestasi di bidang seni, olahraga, dan penalaran (kompetisi ilmiah) untuk tingkat prestasi regional, nasional, maupun internasional.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kasubdit Pengembangan Minat dan Bakat Mahasiswa Drs. A.G. Sudibyo, M.Si., Pjs. Direktur Kemahasiswaan Arman Nefi, M.M., serta Pj. Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met.. Selama rangkaian acara berlangsung, pekik dukungan supporter yang berada di tribun atas Balairung untuk Mapres fakultasnya masing-masing saling bersahutan. Sementara itu, di lantai dasar Balairung tamu-tamu undangan duduk di meja bundar sambil menyantap hidangan makan malam dan hiburan yang telah disediakan. Panitia yang bertugas malam itu tampak rapi dalam busana formal serba hitam.

Suasana semakin riuh ketika acara mendekati acara puncak, yaitu pengumuman Mapres Utama UI. Sebelum pembacaan pemenang para hadirin disuguhkan dengan video seputar acara pemilihan Mapres UI 2013. Tibalah saat-saat yang ditunggu, yaitu pengumuman pemenang Mapres UI 2013. Albert P.J. Roring S.S. M.Hum. selaku Ketua Panita memberikan sepatah-dua patah kata mengenai acara pemilihan mapres tahun ini sekaligus membacakan pemenang untuk masing-masing kategori.

Setiap finalis Mapres Utama UI dinilai berdasarkan CV, makalah dan presentasi, psikotes, kemampuan bahasa Inggris, serta kepribadian. Berikut adalah daftar pemenang Mapres UI dari masing-masing kategori:

Makalah dan Presentasi Terbaik
Juara 1 Muhammad Daniyaal Hadzami (FIB), Juara 2 Muhammad Iqbal (FT), dan Juara 3 Ardiantono (FMIPA).

Bahasa Inggris Terbaik
Juara 1 Boby Andika Ruitang (F.Psi), Juara 2 Niwa Rahmad Dwitama (FISIP), dan Juara 3 Anbar Jayadi (FH).

CV Terbaik
Juara 1 Niwa Rahmad Dwitama (FISIP), Juara 2 Mardhatilla Amalia (FE), dan Juara 3 Patricia Lukas Goentoro (FK).

Karakter Terbaik
Juara 1 Muhammad Daniyaal Hadzami (FIB), Juara 2 Patricia Lukas Goentoro (FK), dan Juara 3 Mardhatilla Amalia (FE).

Rumpun Ilmu Kesehatan Terbaik
Juara 1 Patricia Lukas Goentoro (FK), Juara 2 Achmad Reza Mardian (FIK), dan Juara 3 Nur Atika (FKM).

Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi Terbaik
Juara 1 Muhammad Iqbal (FT), Juara 2 Amanah Ramadiah (Fasilkom), dan Juara 3 Ardiantono (FMIPA).

Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora Terbaik
Juara 1 Niwa Rahmad Dwitama (FISIP), Juara 2 Mardhatilla Amalia (FE), dan Juara 3 Boby Andika Ruitang (F.Psi).

Terakhir, yang paling ditunggu-tunggu, yaitu pengumuman pemenang Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Indonesia 2013. Juara 3 mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 7 juta diraih oleh Boby Andika Ruitang (F.Psi). Juara 2 mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 8 juta diraih oleh Mardhatilla Amalia (FE). Juara 1 mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 10 juta diraih oleh Niwa Rahmad Dwitama (FISIP).

Mapres Utama UI 2013 akan mewakili UI pada ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi Utama Nasional 2013. (RTS)