Indeks Pengumuman


Pendaftaran BPPS 2010

Posted by admin on 2010-03-12 14:50:00

INFORMASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN
BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA (BPPS) 2010
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
DI UNIVERSITAS INDONESIA



I.SEPUTAR BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA (BPPS)

Beasiswa Bantuan Program Pascasarjana (BPPS) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi hanya diperuntukkan khusus bagi tenaga pengajar (dosen) yang ada di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional dan dosen perguruan tinggi di lingkungan Departemen Agama (UIN, IAIN, atau STAIN) yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau dosen tetap dari Perguruan Tinggi Negeri yang sudah berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN); Dosen PNS yang dipekerjakan di Perguruan Tinggi Swasta (DPK);dan Dosen Tetap Yayasan yang telah mempunyai NIK Yayasan serta telah memiliki angka kredit jabatan akademik dosen minimal Asisten Ahli.

BPPS Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi hanya diberikan kepada dosen yang mengikuti pendidikan Pascasarjana, baik magister (S2) maupun doktor (S3), pada program studi yang diselenggarakan secara reguler dan telah memperoleh akreditasi pada jalur akademik oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Program studi yang akan dipertimbangkan untuk mendapatkan prioritas dalam seleksi calon penerima BPPS adalah program studi dalam bidang ilmu yang yang memiliki nilai strategis bagi pembangunan nasional, seperti: teknologi, MIPA, pertanian, sosial dan ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

KETENTUAN CALON (PEMOHON) PENERIMA BPPS UI 2010:

1. Pemohon BPPS harus mendapat persetujuan dan diajukan oleh Rektor/Ketua Perguruan Tinggi asal calon penerima BPPS kepada Direktur Pembinaan SDM Universitas Indonesia. Bagi pemohon yang berasal dari PTS, persetujuan dan usulan tersebut harus memperoleh rekomendasi dari pihak Kopertis Wilayah.
2. Setiap pemohon BPPS - baik yang menggunakan Alokasi PPs Penyelenggara UI ataupun Alokasi PT Pengirim - wajib mendaftar dan mengikuti Seleksi Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Indonesia (SIMAK UI) periode I pada tanggal 18 Januari – 15 Mei 2010 (kecuali mahasiswa ongoing).
3. Pemohon BPPS - baik yang menggunakan Alokasi PPs Penyelenggara UI ataupun Alokasi PT Pengirim - wajib mengikuti prosedur pendaftaran BPPS yang berlaku di Universitas Indonesia.
4. Usia maksimum pemohon BPPS adalah 55 tahun pada September 2010.
5. Pemohon BPPS hanya diperbolehkan mengajukan usulan kepada satu Perguruan Tinggi Penyelenggara BPPS dengan hanya menggunakan salat satu alokasi, alokasi PPs Penyelenggara Universitas Indonesia atau alokasi PT Pengirim.
6. BPPS tidak diberikan kepada pemohon yang pernah menerima BPPS pada jenjang pendidikan pascasarjana yang sama.
7. BPPS tidak diberikan kepada mereka yang sedang menerima beasiswa lain yang dananya berasal dari Pemerintah Republik Indonesia.
8. Penerima BPPS wajib menandatangani kontrak antara yang bersangkutan dengan Universitas Indonesia atau Perguruan Tinggi Pengirim
9. Setelah menyelesaikan studi, penerima BPPS diwajibkan untuk kembali mengabdi ke Perguruan Tinggi asal selama 2n + 1 tahun (n adalah lama masa menerima BPPS).
10. Penerima BPPS diwajibkan untuk mengikuti seluruh ketentuan akademik di Universitas Indonesia.
11. Penerima BPPS yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas akan dikenakan sanksi yaitu mengembalikan dana BPPS sebesar yang dikeluarkan oleh Pemerintah ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) melalui mekanisme pengembalian yang berlaku.

II. JADWAL KEGIATAN PENDAFTARAN BPPS UNIVERSITAS INDONESIA 2010

Tanggal / Jadwal Kegiatan
12 Maret-4 April 2010 Pengumuman dan Sosialisasi Informasi Implementasi BPPS UI 2010 – informasi dan formulir dapat diunduh di website UI (www.ui.ac.id)
5 April – 9 April 2010 Pendaftaran dan Penyerahan Formulir serta Berkas Pendaftaran BPPS langsung ke Direktorat Pembinaan SDM Universitas Indonesia
11 April 2010 Seleksi Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Indonesia (SIMAK UI)
12 April – 30 April 2010 Seleksi Administrasi, Pengurutan Prioritas dan Evaluasi Linearitas terhadap seluruh usulan calon penerima BPPS yang masuk di PPs Universitas Indonesia
3 Mei – 14 Mei 2010 Pengusulan Daftar Calon Penerima BPPS di PPs Penyelenggara Universitas Indonesia ke Ditnaga Dirjen Dikti
15 Mei 2010 Pengumuman Kelulusan Seleksi Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Indonesia (SIMAK UI)
17 Mei – 18 Mei 2010 Periode Konfirmasi Kelulusan SIMAK UI oleh calon penerima BPPS kepada Direktorat Pembinaan SDM UI (Formulir H untuk tipe A atau Formulir I untuk tipe C & D)
19 Mei – 21 Mei 2010 Finalisasi Usulan Daftar Calon Penerima BPPS di PPs Penyelenggara Universitas Indonesia ke Ditnaga Dirjen Dikti


III. PROSEDUR PENDAFTARAN BPPS UNIVERSITAS INDONESIA 2010

1. Setiap pemohon BPPS Program Pascasarjana Universitas Indonesia WAJIB untuk mengikuti proses Seleksi Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Indonesia (SIMAK UI) periode I pada tanggal 18 Januari – 15 Mei 2010 yang bisa diakses melalui http://penerimaan.ui.ac.id (kecuali mahasiswa ongoing)
2. Informasi dan Formulir BPPS dapat diunduh oleh pemohon BPPS di website Universitas Indoenesia (http://www.ui.ac.id) di bagian Pengumuman.
3. Formulir yang ada tersedia dalam bentuk Microsoft Word (*.doc) yang dapat diisi/ditik dan kemudian di print out untuk diserahkan pada saat pendaftaran. Kami tidak menerima formulir pendaftaran yang disi dengan tulisan tangan.
4.

Universitas Indonesia menyediakan 4 (empat) tipe formulir pendaftaran BPPS bagi pemohon BPPS yang menggunakan alokasi yang BPPS yang berbeda dengan ketentuan:

  • Formulir Tipe A (Alokasi PPs Penyelenggara UI – Mahasiswa Baru)Formulir ini digunakan bagi pemohon BPPS yang akan menggunakan Alokasi PPs Penyelenggara Universitas Indonesia yang baru akan mengikuti Seleksi Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Indonesia (SIMAK UI) (Mulai studi September 2010).
  • Formulir Tipe B (Alokasi PPs Penyelenggara UI – Mahasiswa Ongoing)
    Formulir ini digunakan bagi pemohon BPPS yang akan menggunakan Alokasi PPs Penyelenggara Universitas Indonesia yang telah memulai masa studinya di Program Pascasarjana Universitas Indonesia sebelum bulan September 2010.
  • Formulir Tipe C (Alokasi PT Pengirim)
    Formulir ini digunakan bagi pemohon BPPS yang akan menggunakan Alokasi Perguruan Tinggi Negeri Pengirim yang baru akan mengikuti Seleksi Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Indonesia (SIMAK UI) (Mulai studi September 2010).
  • Formulir Tipe D (Alokasi PTS -- Kopertis Pengirim)
    Formulir ini digunakan bagi pemohon BPPS yang akan menggunakan Alokasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Pengirim yang baru akan mengikuti Seleksi Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Indonesia (SIMAK UI) (Mulai studi September 2010).
5.

Pendaftaran dan penyerahan formulir serta berkas kelengkapan BPPS yang sudah lengkap dapat diserahkan langsung oleh pemohon di

Direktorat Pembinaan SDM Universitas Indonesia
Gd. Pusat Administrasi Universitas (PAU) Lt.8
Kampus UI, Depok
Telp. (021) 786-7222 ext. 100811
Faks. (021) 788-49063
pada tanggal 5 – 9 April 2010

6. Setiap pemohon BPPS (kecuali mahasiswa ongoing) wajib memberikan konfirmasi kelulusan Seleksi Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Indonesia (SIMAK UI) pada tanggal 17 – 18 Mei 2010 (Formulir H untuk tipe A atau Formulir I untuk tipe C & D, print out bukti kelulusan yang bisa dinduh di http://penerimaan.ui.ac.id, dan fotokopi tanda terima berkas penyerahan BPPS yang didapat pada saat pendaftaran). Berkas konfirmasi dapat diserahkan langsung ke Direktorat Pembinaan SDM UI, atau melalui faksimili, atau dikirim melalui surat elektronik ke alamat w.fachri@ui.ac.id (berkas dapat di-scan).
7. Universitas Indonesia hanya akan mendaftarkan pemohon BPPS yang memenuhi persyaratan dan telah melengkapi seluruh formulir dan kelengkapan berkas yang diminta kepada Ditnaga Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Penetapan Penerima BPPS Tahun Anggaran 2010 di Universitas Indonesia merupakan kewenangan penuh dari Ditnaga Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

IV. FORMULIR PENDAFTARAN

  • Untuk mengunduh formulir permohonan BPPS Tipe A klik disini
  • Untuk mengunduh formulir permohonan BPPS Tipe B klik disini
  • Untuk mengunduh formulir permohonan BPPS Tipe C klik disini
  • Untuk mengunduh formulir permohonan BPPS Tipe D klik disini