Internasional

Internasional

Indonesia tengah menghadapi berbagai perubahan sebagai jawaban bagi persaingan di era globalisasi. Universitas Indonesia menyadari bahwa peran dan sumbangannya bagi setiap perubahan di tingkat lokal dan global ditentukan oleh setiap kegiatan universitas di dalam masyarakat. Untuk dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi bangsa dan dunia, Universitas Indonesia memiliki visi untuk menjadi universitas riset kelas dunia.

Untuk mencapai visi tersebut, Universitas Indonesia melaksanakan internasionalisasi sebagai jawaban pula atas tantangan globalisasi, namun tetap memperhatikan sisi-sisi ke-lokalan. Di dalam proses pencapaian tersebut, Universitas Indonesia senantiasa meningkatkan kapasitasnya, dalam kesadaran sebagai sebuah institusi berkelas internasional, menyangkut berbagai dimensi internasional dalam penelitian, pengajaran dan pembelajaran, serta pengabdian masyarakat.

Dimensi internasionalisasi Universitas Indonesia mencakup hal-hal berikut:

  1. Staf dan mahasiswa yang berkelas internasional
  2. Program mobilitas staf dan mahasiswa
  3. Kerja sama internasional di bidang penelitian
  4. Kurikulum yang berfokus internasional

Semua dimensi tersebut didukung oleh peran aktif Universitas Indonesia di dalam berbagai asosiasi regional dan internasional yang berkenaan dengan pendidikan tinggi di Asia Pasifik, Eropa, Asia Tenggara, maupun dunia, seperti APRU (Association of Pacific Rim Universities), AUN (ASEAN University Network), ASAIHL (Association of South East Asia Institution of Higher Learning).