iden sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

FMIPA UI Resmikan Aula Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro

Universitas Indonesia > Berita > Berita Fakultas Matematika dan IPA > FMIPA UI Resmikan Aula Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro

“Keterlibatan Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro dalam membantu menyumbangkan tenaga, ide, dan gagasannya dalam masa-masa awal pendirian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), kami merasa perlu untuk memberikan tanda jasa kepada beliau. Sebagaimana pepatah bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya,” ujar Dekan FMIPA UI, Dede Djuhana, Ph.D., dalam pidato sambutannya pada peresmian Aula B.101 Gedung B menjadi Aula Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro, pada Selasa (27/09).

Peresmian ini dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Dekan FMIPA UI, Dede Djuhana, Ph.D., bersama putra Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro, yakni Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., MUP, Ph.D., serta disaksikan oleh jajaran pimpinan dan sivitas akademika FMIPA UI.

Aula Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro yang memiliki luas 342 M2 dan daya tampung 300 orang, merupakan ruangan yang dimanfaatkan untuk kegiatan pertemuan dan ruang perkuliahan bagi sivitas akademika FMIPA UI.

Resmi menyandang nama besar ayahnya, Prof. Bambang menyampaikan harapan agar aula ini dapat membawa spirit baru bagi sivitas akademika dalam melaksanakan kegiatan belajar di FMIPA UI.

Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro merupakan Dekan kedua FMIPA UI yang pada saat itu masih bernama FIPIA UI. Dirinya pernah menjabat sebagai Dekan FMIPA UI pada periode tahun 1964-1968 dan Rektor ke-7 UI, yang kemudian masa jabatannya diperpanjang hingga tahun 1973.

Selain itu, Prof. Dr. Soemantri Brodjonegoro juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi Republik Indonesia pada tahun 1967-1973 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 1973.

Semangatnya dalam mengabdi pada negara menurun pada anaknya, Prof. Bambang yang merupakan alumni UI juga beberapa kali pernah menjabat sebagai menteri di pemerintahan, antara lain Wakil Menteri Keuangan Indonesia ke-8, Menteri Keuangan Indonesia ke-29, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia ke-15, dan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia ke-13.

Penetapan perubahan nama aula B.101 gedung B FMIPA UI itu tertuang dalam Surat Keputusan Dekan FMIPA UI Nomor:2309/SK/F3.D/UI/2020 oleh yang ditandatangani oleh Dr. Rokhmatuloh, M.Eng., selaku Pejabat Dekan FMIPA UI kala itu, tepat di hari ulang tahun ke 60 FMIPA UI, 21 Desember 2020.

Related Posts