Program Doktor Ilmu Bahan-bahan

Program Doktor Ilmu Bahan-bahan

DSC_0421

Deskripsi Program Studi
Program Studi Ilmu Material (Material Science) telah beridiri sejak tahun 1983 sebagai suatu jawaban atas dinamika yang berkembang saat itu ketika bangsa ini bertekad menjadi salah satu negara industri. Sejak itu, program studi yang kaya akan sumber daya manusianya ini senantiasa mengambil peran utamanya dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi dan riset pada bidang material. Hal ini dilakukan sebagai salah satu wujud tanggung jawab Universitas Indonesia dalam usaha memakmurkan negara.

Dalam umurnya yang melebihi seperempat abad, Program Studi Ilmu Materia telah melahirkan lebih dari 300 Magister yang tersebar di seluruh Indonesia baik bekerja pada Perguruan Tinggi, Institusi Penelitian maupun Industri. bahkan pada 10 tahun terakhir lebih dari 50% peserta Program Studi adalah mereka yang sedang aktif bekerja di berbagai industri. Hal ini menunjukkan eratnya kaitan kaitan antara Ilmu Material dengan pendidikan, penelitian dan industri. Pada strata 3 (Program Doktor) makin besar minat peserta untuk mengikuti program ini baik dari kalangan Perguruan Tinggi maupun industri, meskipun dalam kurun waktu tersebut baru 5 Doktor yang telah behasil menyelesaikan pendidikannya.

Jalur masuk Doktor Ilmu Bahan-bahan ditempuh melalui SIMAK.

Jadwal Pendaftaran
Dapat dilihat di situs Penerimaan Universitas Indonesia di tautan https://penerimaan.ui.ac.id

Biaya Pendidikan
BOP (Biaya Operasional Pendidikan) Doktor Ilmu Bahan-Bahan dibayarkan sejumlah Rp 10.000.000,00 untuk kelas reguler. Selain itu, DP (Dana Pengembangan) hanya dibayarkan saat awal masuk kuliah sebesar Rp 8.000.000,00.

Informasi komprehensif Program Doktor Ilmu Bahan-Bahan
Dokumen informasi lengkap Program Studi [PDF]

Kontak
Departemen Fisika FMIPA-UI Gedung F Kampus UI Depok. Depok 16424
Telepon: 021 786 2610
Fax: 021 786 3441
EMAIL santoso.s@ui.ac.id; sekretariat@sci.ui.ac.id