iden sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Program Pendidikan Vokasi

Universitas Indonesia > Akademik > Fakultas > Program Pendidikan Vokasi

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia atau Vokasi UI dibentuk tahun 2008 berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 492/SK/R/UI/2008. Vokasi UI mengelola 3 bidang keahlian yang didalamnya terdapat 11 program studi jenjang Diploma III (D3)

Komposisi kurikulum di Vokasi UI adalah 30% teori dan 70% praktik. Untuk mengantisipasi persaingan pasar kerja yang semakin ketat baik di Indonesia maupun di lingkungan negara-negara ASEAN, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Profesi dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk  meningkatkan kemampuan para mahasiswanya melalui sertifikasi profesi. Dengan demikian lulusan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia memiliki keunggulan karena selain mendapatkan Ijazah juga dibekali sertifikat kompetensi dari profesinya masing-masing serta sertifikat Bahasa Inggris (TOEFL/TOEIC). Sesuai dengan visinya yaitu menjadi Pendidikan vokasi terbaik di Asia Tenggara dengan meningkatkan pengetahuan dan teknologi terapan yang bermanfaat bagi bangsa.

 

Biaya Pendidikan:
ui.ac.id/skbp2023/

 

Video

Info Kontak

+62 21- 290 274 81-83

Humas@vocation.ui.ac.id

Website Fakultas

Diploma 3

  • Administrasi Rumah Sakit
  • Administrasi Perpajakan
  • Administrasi Asuransi dan Aktuaria
  • Administrasi Keuangan dan Perbankan
  • Administrasi Perkantoran
  • Akuntansi
  • Hubungan Masyarakat
  • Penyiaran Multimedia
  • Periklanan Kreatif

Administrasi Rumah Sakit

Deskripsi Program Studi

Program Studi Perumahsakitan, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah program studi yang mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli professional tingkat madya yang memiliki keterampilan praktis sehingga sanggup melaksanakan tugas-tugas pekerjaannya dengan baik dalam bidang manajemen rumah sakit dan bersaing di skala internasional.

Visi:

Menjadi program diploma unggulan di bidang Perumahsakitan di Asia Tenggara yang menghasilkan lulusan yang beretika, profesional dan siap pakai pada tahun 2025.

Misi :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan perumahsakitan secara profesional, mandiri dan memberi manfaat langsung pada stakeholder.
  2. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan menjawab tantangan nasional serta global.
  3. Menghasilkan lulusan yang bermoral tinggi, profesional, siap pakai, terserap tinggi di lapangan kerja dan mampu bersaing secara global.
  4. Memberikan kontribusi yang bermanfaat dan unggul kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat serta penelitian terapan bidang perumahsakitan.

Tujuan
Tujuan Program Studi ini adalah menghasilkan ahli madya perumahsakitan yang mampu mengelola kegiatan administrasi rumah sakit dan kesekretarisan medik secara profesional.

Kompetensi Lulusan
Kurikulum dirancang agar mahasiswa memiliki kemampuan kompetensi keterampilan sesuai kebutuhan dunia kerja. Proses perkuliahan lebih mengutamakan praktik dimana 60% SKS Praktik dan 40% SKS Teori. Perbandingan SKS ini bila di konversi menjadi jam belajar maka akan menjadi 80% jam praktik dan 20% jam teori. Dengan besarnya jumlah jam praktik ini akan menjadikan keterampilan mahasiswa menjadi lebih baik. Untuk meningkatkan pengalaman belajar pada akhir pendidikan diadakan magang yang dilakukan di rumah sakit pemerintah dan swasta terkemuka yang telah bekerja sama dengan Program Pendidikan Vokasi UI di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Bidang Pekerjaan Lulusan
Lulusan Program Studi Perumahsakitan umumnya terserap pada bagian administriasi di Rumah sakit baik Rumah Sakit Pemerintahan maupun Swasta. Selain itu tidak hanya rumah sakit, namun juga lulusan Program Studi Perumahsakitan terserap berbagai industry.

Mitra Industri
Program Studi Perumahsakitan menjalin berbagai kerjasama dengan beragam industry dalam bidang kesehatan. Salah satunya menjalin kerjasama dengan Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) untuk penyediaan tempat magang bagi mahasiswa. Lebih khusus, Program Studi Perumahsakitan telah melakukan kerjasama dengan beberapa rumah sakit di Jabodetabek diantaranya Hermina Group, RS Medistra, RS Jakarta Eye Center, RS Grha Permata Ibu. Adapun kerjasama yang dilakukan berupa Early Recruitment Program (ERP), dimana proses rekrutmen karyawan dilakukan pada saat mahasiswa magang.

Sertifikasi Lulusan
Lulusan program studi ini akan memiliki beberapa sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Bahasa Universitas Indonesia sebagai pendamping ijazah utama. Mahasiswa Program Studi Perumahsakitan dibekali Sertifikasi Kompetensi sesuai SKKNI No. 183 Tahun 2016 Bidang Administrasi Profesional. Ujian sertifikasi dilakukan pada mahasiswa semester 6 sebelum lulus dengan 21 Unit Kompetensi sesuai Skema Hospital Executive Administrative Assistant. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing lulusan Program Studi Perumahsakitan di dunia industri, sehingga lulusan yang memegang sertifikat kompetensi tidak diragukan lagi keterampilan kerjanya.

Jadwal Pendaftaran
Dapat dilihat di situs Penerimaan Universitas Indonesia di tautan https://penerimaan.ui.ac.id

Administrasi Perpajakan

Deskripsi Program Studi

Program Studi Administrasi Perpajakan menghasilkan Ahli Madya Perpajakan yang mampu melaksanakan kewajiban dan memenuhi hak perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Negeri dan Wajib Pajak Badan Dalam Negeri secara profesional berdasarkan ketentuan perpajakan yang berlaku.

Visi
Menjadi Pusat Unggulan Pendidikan Vokasional Administrasi Perpajakan di Asia Tenggara

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional perpajakan dengan penekanan pada praktik sesuai kebutuhan pengguna untuk menghasilkan ahli madya profesional yang berstandar internasional.
  2. Pengembangan bidang perpajakan melalui Penelitian dan Pengabdian untuk kebutuhan dan kepentingan masyarakat.
  3. Sertifikasi Kompetensi/Profesi Perpajakan.

Tujuan Program Studi
Program Studi Administrasi Perpajakan memiliki tujuan:

  1. Menghasilkan peserta didik yang mampu melaksanakan kewajiban dan memenuhi hak perpajakan secara professional.
  2. Menghasilkan peserta didik yang mampu menekankan etika profesi perpajakan dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral.

Profil Lulusan

Ahli madya perpajakan yang mampu melaksanakan kewajiban dan memenuhi hak perpajakan di bidang Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Barang Mewah serta Pajak Daerah dan Retribusi Daerah bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Negeri dan Wajib Pajak Badan Dalam Negeri secara profesional berdasarkan ketentuan perpajakan yang berlaku.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Lulusan Program Studi Administrasi Perpajakan antara lain mampu menjelaskan konsep dasar di bidang administrasi, ekonomi, hukum dan pajak dalam tugas administrasi perpajakan, mampu memilih dan menggunakan teknologi,terkait perpajakan. Mampu melaksanakan kewajiban dan memenuhi hak perpajakan di bidang Pemotongan dan Pemungutan Pajak Penghasilan (Pasal 21/26, 22, 23/26, 4(2) dan 15), Pajak Penghasilan Orang Pribadi, PPN dan PPn BM, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, PPh Badan Sektor Usaha Jasa dan Perdagangan, PPh Badan Sektor Usaha Manufaktur. Mampu menjalankan proses akuntansi

Bidang Pekerjaan Bagi Lulusan
a). Pegawai Direktorat Pajak

Profesi ini dikenal sebagai ujung tombak pengaman penerimaan negara. Berdasarkan undang-undang perpajakan yang telah disahkan oleh DPR seperti yang telah disebutkan diatas dan Peraturan Pelaksanaan yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan dan level Direktorat Jenderal, maka pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan melakukan Law Enforcement atas undang-undang dan peraturan pelaksanaan yang berlaku tersebut untuk mengamankan target-target penerimaan negara.

b). Konsultan Pajak

Profesional – yang bukan merupakan karyawan Wajib Pajak – yang telah memenuhi kualifikasi pendidikan tertentu dan memiliki izin dari Menteri Keuangan untuk memberikan nasehat perpajakan, dapat menerima kuasa untuk melaksanakan kewajiban perpajakan atas nama Wajib Pajak dengan menerima imbalan tertentu (fee), meskipun tanggung jawab tetap berada pada Wajib Pajak itu sendiri.

c). Tax Specialist (Perusahaan)

Profesional – yang latar belakang perpajakan yang memadai serta memiliki kualifikasi teknis tertentu untuk melaksanakan seluruh kewajiban dan kepatuhan perpajakan, memberikan analisa atas setiap permasalahan perpajakan yang terjadi, serta menginformasikan dampak dari setiap perubahan tersebut kepada pihak-pihak berkepentingan.

Pada prakteknya, profesi Tax Specialist dapat berfungsi sebagai pengelola pajak (Tax Manager) di dalam perusahaan yang mewakili manajemen Wajib Pajak dalam menangani seluruh aspek perpajakan perusahaan yang telah memenuhi kualifikasi teknis tertentu dan menerima gaji dari perusahaan. Tax Manager dituntut untuk menciptakan dan menjalankan suatu sistem internal informasi perpajakan yang efektif dan efisien untuk menciptakan kualitas dokumen dan pelaporan perpajakan yang auditable dan reliable.

Jenjang karir Tax Specialist di perusahaan :

  1. Tax Accountant
  2. Senior Tax Accountant
  3. Tax Supervisor
  4. Tax Manager
  5. Tax Director

Mitra Industri
Program Studi Administrasi Perpajakan menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga untuk mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tingginya. Antara lain bekerjasama dengan Kantor Konsultan Pajak, Perusahaan dan lembaga pemerintahan. Lebih khusus instansi yang bekerja sama dengan Program Studi Administrasi Perpajakan antara lain Deloitte Touche Tohmatsu, PT Multi Utama Consultindo, Observation and Research of Taxation (Ortax), KPP Pratama Depok Sawangan, PT Fair Consulting Indonesia, Zahir, Danny Darussalam Tax Center (DDTC), Pemda Palangkaraya, dan PT Mitra Internasional Manajemen Consulting.

Sertifikasi Profesi Bagi Lulusan
Gelar Sertifikasi untuk LSK Perpajakan adalah Certified of Tax Competency (CTC). 

Jadwal Pendaftaran
Dapat dilihat di situs Penerimaan Universitas Indonesia di tautan https://penerimaan.ui.ac.id

Administrasi Asuransi dan Aktuaria

Deskripsi Program Studi

Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah program studi yang mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli madya asuransi dan aktuaria, yang memiliki etika dan integritas profesi, serta siap bekerja dan berkarir di bidang asuransi dan aktuaria.

Visi
Menjadi program studi asuransi dan aktuaria terbaik di Asia Tenggara yang sesuai dengan kebutuhan industri dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di Asia Tenggara dalam menghasilkan tenaga ahli madya yang profesional dalam bidang asuransi dan aktuaria

Misi
Memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan masyarakat melalui proses pembentukan karakter lulusan yang memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.
Menawarkan mata kuliah yang inovatif dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di Asia Tenggara, dengan silabus terbaru yang memadukan teori dan praktekyang selaras dengan kebutuhan dunia kerja.
Menyediakan staf pengajar yang kompeten sesuai dengan bidang yang diajarkan.
Mengembangkan kurikulum, silabus, dan bahan ajar sesuai kebutuhan dunia kerja dan standar internasional.

Tujuan Program Studi:
Menghasilkan tenaga-tenaga setara ahli madya asuransi yang memiliki pengetahuan Administrasi aktuaris dalam industri asuransi jiwa, kesehatan dan kerugian dan kemampuan dalam perencanaan keuangan individu dan mempunyai keahlian praktis dengan menjunjung etika dan moral dalam menjalankan profesi sesuai dengan program studi masing-masing.

Profil Lulusan
Lulusan Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria adalah tenaga ahli madya asuransi dan aktuaria, yang memiliki etika dan integritas profesi, serta siap bekerja dan berkarir di bidang asuransi dan aktuaria

Kompetensi Lulusan
Lulusan dari Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria telah menempuh proses pendidikan dan pengajaran yang memberikan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills) dan sikap (attitude) yang dibutuhkan oleh industri jasa keuangan. Proses tersebut ditempuh oleh mahasiswa melalui perkuliahan-perkuliahan di kelas, praktik-praktik di laboratorium, dan melalui program magang di berbagai perusahaan / industri jasa keuangan. Setiap lulusan dibimbing untuk memiliki sertifikat profesi yang dikeluarkan oleh Asosisiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI) , Persatuan Aktuaris Indonesia, Malaysian Insurance Institute(MII) melalui ujian-ujian profesi. Kurikulum dan silabus Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria telah mengikuti atau sejalan dengan kurikulum dan silabus Asosisiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Persatuan Aktuaris Indonesia(PAI) dan Malaysian Insurance Institute(MII). Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria telah menjalin MoU dengan Asosisiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Persatuan Aktuaris Indonesia(PAI) dan Malaysian Insurance Institute(MII), sehingga alumninya akan menjadi ahli madya asuransi yang mempunyai landasan yang kuat dalam bidang aktuaria.

Bidang Pekerjaan Bagi Lulusan
Profesi dan career path lulusan Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria:

  • Underwriter dalam bidang asuransi umum, asuransi jiwa, asuransi kesehatan.
  • Risk Manager di berbagai perusahaan.
  • Broker Asuransi dan Reasuransi.
  • Lost Adjuster di Industri Asuransi.
  • Konsultan Asuransi dan Aktuaria.
  • Financial Planner.
  • Claim Manager di Industri Asuransi.
  • Reinsurance Manager di Industri Asuransi.
  • Ajun Aktuaris dan Aktuaris di Industri Asuransi dan Dana Pensiun.
  • Manager di Otoritas Jasa Keuangan

Sertifikasi Profesi Lulusan
Untuk Mahasiswa Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria yang telah mengikuti Ujian Sertifikasi Profesi, berikut Gelar Sertifikasi yang akan didapatkan:

Jadwal Pendaftaran
Dapat dilihat di situs Penerimaan Universitas Indonesia di tautan https://penerimaan.ui.ac.id

Administrasi Keuangan dan Perbankan

Deskripsi Program Studi

Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Program Studi Vokasi, Universitas Indonesia mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli madya yang memiliki integritas, etika dan moralitas yang luhur, serta adaptif dalam menghadapi perkembangan teknologi. Selain itu, Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan juga menghasilkan tenaga kerja profesional yang mempunyai kemampuan teoritis dan keterampilan praktis.

Visi
Visi Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan yang merupakan turunan dari visi Universitas serta Program Pendidikan Vokasi adalah mewujudkan Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan terbaik di Asia Tenggara yang sesuai dengan kebutuhan industri dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di Asia Tenggara dalam menghasilkan tenaga ahli madya yang profesional di bidang Administrasi Keuangan dan Perbankan dan memiliki integritas, etika dan moralitas yang luhur, serta adaptif dalam menghadapi perkembangan teknologi.

Misi

  1. Memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan masyarakat melalui proses pendidikan dan pengajaran vokasional untuk membentuk karakter lulusan yang memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi melalui.
  2. Memberikan kontribusi yang bermanfaat dan unggul kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat serta penelitian terapan di bidang Administrasi Keuangan dan Perbankan.
  3. Menawarkan mata kuliah yang inovatif dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di Asia Tenggara, dengan silabus terbaru yang memadukan teori dan praktek yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja.
  4. Mengembangkan kurikulum, silabus, dan bahan ajar sesuai kebutuhan dunia kerja berdasarkan Standar Kerangka Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) bidang Administrasi Keuangan dan Perbankan
  5. Menyediakan pengajar-pengajar yang kompeten sesuai dengan bidang yang diajarkan, dilengkapi dengan sarana dan prasarana proses belajar mengajar yang memadai.

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga-tenaga ahli madya Administrasi Keuangan dan Perbankan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan visi dan misi Program Studi.
  2. Menghasilkan tenaga ahli madya profesional Administrasi Keuangan dan Perbankan yang mempunyai keahlian praktis dengan menjunjung etika dan moral dalam menjalankan profesi di bidang Keuangan dan Perbankan

Kompetensi Lulusan
Lulusan dari Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan telah menempuh proses pendidikan dan pengajaran dengan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills) dan

sikap (attitude) yang dibutuhkan oleh industri keuangan dan perbankan. Proses tersebut ditempuh oleh mahasiswa melalui perkuliahan-perkuliahan di kelas, praktik-praktik di laboratorium, dan melalui program magang di berbagai perusahaan/ industri keuangan dan perbankan. Setiap lulusan memiliki integritas diri dan profesi yang kuat, dan siap bekerja. Lulusan Prodi Administrasi Keuangan dan Perbankan juga memiliki sertifikasi profesi setelah menempuh ujian sertifikasi, yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang didukung oleh berbagai Asosiasi Profesi terkait, dan yang sudah bekerjasama dengan Program Pendidikan Vokasi UI.

Bidang Pekerjaan Bagi Lulusan

  • Marketing meliputi bagian funding dan lending.
  • Operasi meliputi processing, settlement, dan kliring
  • Support meliputi bagian administrasi, legal dan credit analyst
  • Non operasional meliputi karir di bidang: Human Resources Department, IT, compliance, risk management, dan product.

Karir lainnya yang dapat dipilih dan dijalankan oleh lulusan Prodi Admininistrasi Keuangan dan Perbankan adalah bekerja dan mengembangkan pengelolaan keuangan di sektor Usaha Kecil dan Menengah. Sektor ini sering disebut sebagai sektor yang tahan terhadap krisis ekonomi global dan mampu bersaing.

Laboratorium
Demi mendukung kegiatan belajar-mengajar (KBM) dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa, Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan memiliki 3 jenis laboratorium yaitu:

  • Laboratorium Minibank
  • Laboratorium Credit
  • Laboratorium Treasury

Mitra Industri
Dalam penyusunan visi-misi, Ketua Program Studi melibatkan pula Ketua Laboratorium Administrasi Keuangan dan Perbankan, dan Ketua Unit Penjaminan Mutu Akademik, dengan memperhatikan/mencermati dinamika perkembangan industri. Untuk itu, Program Studi berusaha menyerap masukan-masukan dari berbagai pihak dalam industri keuangan dan perbankan yang terus berkembang. Hal ini dilakukan, yaitu dengan melakukan kunjungan-kunjungan/ bertemu dan berdialog dengan para eksekutif industri keuangan dan perbankan; dengan asosiasi profesi (seperti Ikatan Bankir Indonesia), dengan pimpinan program studi sejenis pada beberapa Program Pendidikan Vokasi di luar Universitas Indonesia; serta menyerap informasi dari stakeholders eksternal lainnya seperti: Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP), Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), serta Kementerian Ketenagakerjaan.

Saat ini, Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan sudah melakukan kerjasama berkelanjutan dengan CIMB Niaga terkait dengan Laboratorium Mini milik CIMB Niaga yang bertempat di Vokasi UI. Selain itu, Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan sedang melakukan penjajakan dengan beberapa industri seperti Bank Syariah Mandiri, Bank Tabungan Negara, dan beberapa BUMN untuk keperluan magang di industri.

Jadwal Pendaftaran
Dapat dilihat di situs Penerimaan Universitas Indonesia di tautan https://penerimaan.ui.ac.id

Administrasi Perkantoran

Deskripsi Program Studi

Program Studi Administrasi Perkantoran menghasilkan tenaga Ahli Madya Administrasi Perkantoran dan Sekretari yang mampu mengelola perkantoran dan menjunjung tinggi Etika Profesi.

Visi
Mewujudkan Program Studi Administrasi Perkantoran terbaik di Asia Tenggara yang sesuai dengan kebutuhan industri dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di Asia Tenggara dalam menghasilkan tenaga ahli madya yang profesional dalam bidang Administrasi dan Perkantoran

Misi

  1. Memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan masyarakat melalui proses pembentukan karakter lulusan yang memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.
  2. Menawarkan mata kuliah yang inovatif dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di Asia Tenggara, dengan silabus terbaru yang memadukan teori dan praktek yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja.
  3. Menyediakan staf pengajar yang kompeten sesuai dengan bidang yang diajarkan.
  4. Mengembangkan kurikulum, silabus, dan bahan ajar sesuai kebutuhan dunia kerja berdasarkan Standar Kerangka Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) bidang Administrasi Perkantoran.

Tujuan Program Studi
Menghasilkan tenaga-tenaga ahli madya Administrasi Perkantoran yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan visi dan misi Program Studi dan mempunyai keahlian praktis dengan menjunjung etika dan moral dalam menjalankan profesi di bidang Administrasi Perkantoran.

Profil Lulusan
Lulusan Program Studi Administrasi Perkantoran adalah tenaga ahli madya yang profesional dalam bidang Administrasi dan Perkantoran.

Kompetensi Lulusan
Lulusan dari program studi ini diharapkan memiliki kemampuan teknis tinggi yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan tugas-tugas di bidang administrasi perkantoran dan kesekretarisan.

Mitra Industri
Program Studi Administrasi Perkantoran Vokasi UI bekerjasama dengan IAPA (Indonesian Administrative Professional Association) yang menjadi wadah dari para praktisi yang berprofesi pada bidang administrasi secara luas. Sekretaris sebagai suatu profesi. Paradigma lama peran seorang sekretaris dipandang identik sebagai orang yang menangani dikte, pandai mengetik, atau dikatakan pekerjaan tulis menulis lainnya telah bergeser ke peran yang lebih kompleks.

Dewasa ini fungsi dan peran sekretaris telah mengalami perubahan yang sangat drastis. Bahkan sekarang istilahnya sudah menjadi “Administratif Asisten” sebagai posisi sekretaris yang ditetapkan oleh PSI (Professional Secretaries International) yang berfungsi menangani administrasi dan informasi yang diperlukan pimpinan. Pada bulan Agustus 1998, melalui konferensi di Atlanta, Georgia memutuskan mengubah organisasi PSI menjadi IAAP (International Association of Administrative Professionals).

IAAP mendefinisikan posisi Administrative Professional sebagai suatu profesi yang memiliki keahlian di bidang perkantoran, memiliki kemampuan untuk memikul tanggung jawab tanpa instruksi atasan, memiliki inisiatif dan pengendalian diri, kemudian membuat keputusan dalam skope tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Jenjang jabatan sekretaris adalah: junior administrative assistant, administrative assistant, senior administrative assistant, executive assistant hingga office manager.

Dengan adanya penjenjangan jabatan sekretaris ini, akan memberikan peluang bagi para sekretaris untuk meningkatkan kemampuannya. Setiap jenjang jabatan sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki.

Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan posisi administrative professional, meliputi communication skills (listening, speaking and writing), human relation skills, decision making skills, technology skills, dan life-long learning skills.

Jadwal Pendaftaran
Dapat dilihat di situs Penerimaan Universitas Indonesia di tautan https://penerimaan.ui.ac.id

Akuntansi

Deskripsi Program Studi

Program Studi Akuntansi Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah program studi yang mempersiapkan tenaga ahli madya akuntansi yang mampu menyusun laporan keuangan, menyajikan laporan perpajakan dan melakukan pengauditan di bawah supervisi akuntan.

Visi
Menjadi Pusat Pendidikan Vokasional Akuntansi yang Unggul dan Berdaya Saing di Asia Tenggara.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasional akuntansi dengan mengembangkan kurikulum yang menekankan pada keterampilan yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan perkembangan standar akuntansi yang berlaku nasional dan internasional yang didukung teknologi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja;
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi secara profesional di tingkat nasional maupun internasional yang bertanggung jawab, beretika serta mampu bersaing secara global;
  • Mewujudkan kerjasama dengan dunia Industri serta Asosiasi Profesi di tingkat nasional maupun internasional;
  • Menyelenggarakan kegiatan Tridarma yang bermutu, relevan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Tujuan Program Studi
Menghasilkan ahli madya akuntansi yang mampu menyusun laporan keuangan, melakukan pelaporan perpajakan dan prosedur audit dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai etika bisnis dan profesi dibawah supervisi akuntan.

Dalam rangka penyelenggaraan pendidikan vokasional akuntansi untuk mencapai visi dan misi, Program Studi Akuntansi senantiasa mengembangkan kurikulum, silabus, bahan ajar dan sistem pengajaran yang selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan standar akuntansi yang berlaku nasional dan internasional yang didukung teknologi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI); menyelenggarakan proses pembelajaran yang inovatif, aktif, menggunakan silabus termutakhir yang memadukan teori dan praktek dengan menekankan pada keterampilan, selaras dengan kebutuhan dunia kerja sehingga mampu bersaing dengan Program Pendidikan Vokasional lainnya di Asia Tenggara; menyediakan staf pengajar yang kompeten sesuai dengan bidang yang diajarkan.

Profil Lulusan
Profil Lulusan Program Studi Akuntansi adalah menghasilkan Ahli Madya Akuntansi yang mampu menyusun laporan keuangan, melakukan pelaporan perpajakan dan prosedur audit dengan memanfaatkan tekhnologi informasi sesuai etika bisnis dan profesi dibawah supervisi akuntan.

Kompetensi Lulusan
Lulusan Program Studi Akuntansi memiliki Kompetensi Utama, sebagai berikut :

  1. Mampu menyusun Laporan Keuangan berdasarkan dokumen sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku untuk entitas tunggal dan entitas dengan 1 (satu) anak perusahaan dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku dibawah supervisi
  2. Mampu melakukan pelaporan perpajakan atas Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku
  3. Mampu melaksanakan prosedur audit dibawah supervisi

Kegiatan Perkuliahan
Kegiatan perkuliahan terdiri atas 60% praktik dan 40% teori. Dimana kegiatan praktik mencakup latihan soal kasus dalam kelas, praktik laboratorium, praktik lapangan dan kegiatan magang.

Bidang Pekerjaan Lulusan
Bidang karir yang dapat ditempuh bagi lulusan Program Studi Akuntansi adalah sebagai akuntan dalam lembaga pemerintahan maupun swasta. Menjadi akuntan madya di kantor akuntan publik.

Mitra Industri
Program Studi Akuntansi mewujudkan kerjasama dengan dunia industri serta asosiasi profesi di tingkat nasional maupun Internasional seperti :

  1. Kerjasama dengan industri untuk kepentingan pendidikan, program magang dan pembaharuan kurikulum, seperti di KAP (Kantor Akuntan Publik), BUMN, instansi pemerintah dan Konsultan.
  2. Menjalin kerjasama dengan Asosiasi Profesi Akuntansi ditingkat nasional (Institut Akuntan Publik Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia), Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA) dan tingkat Internasional bekerjasama dengan The Association Certified Chartered Accountant (ACCA) dan Chartered Institute Management Accountants (CIMA);
  3. Menjalin kerjasama dengan Asosiasi Entitas Mikro Kecil Menengah dalam pelaksanaan kurikulum untuk praktik lapangan.

Sertifikasi Kompetensi Lulusan

Program Studi Akuntansi menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi secara profesional di tingkat nasional maupun internasional. Lulusan dibekali dengan sertifikat kompetensi nasional yang diperoleh dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan setiap lulusan dibimbing untuk memililiki sertifikat kompetensi lainnya baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional, seperti : Junior Associated Certified Profesional Auditor Indonesia (JACPAI) – Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) , Certified Diploma in Accounting and Business – The Association of Chartered Certified Accountants (ACCA), Certified Business & Accounting (Cert. BA) – Chartered Instituted Management Accountant (CIMA), Sertifikasi Software Akuntansi.

Jadwal Pendaftaran
Dapat dilihat di situs Penerimaan Universitas Indonesia di tautan https://penerimaan.ui.ac.id

Hubungan Masyarakat

Deskripsi Program Studi

Program Studi Hubungan Masyarakat (Prodi Humas) menghasilkan lulusan Ahli Madya Humas profesional yang tersertifikasi. Proses pembelajaran membentuk lulusan yang memahami proses kerja humas madya dari mulai perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program kehumasan.

Visi

Menjadi Pusat Unggulan Pendidikan Vokasional Bidang Hubungan Masyarakat Di Asia Tenggara.

Misi

Memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan masyarakat melalui proses pembentukan karakter lulusan yang memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.
Menawarkan mata kuliah yang inovatif dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di Asia Tenggara, dengan silabus terbaru yang memadukan teori dan praktek yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja.
Menyediakan staf pengajar yang kompeten sesuai dengan bidang yang diajarkan.
Mengembangkan kurikulum, silabus, dan bahan ajar sesuai kebutuhan dunia kerja dan standar internasional.

Kompetensi Lulusan

Lulusan Prodi Humas disiapkan agar mampu bekerja sebagai humas perusahaan nasional, global, maupun konsultan humas. Kompetensi lulusan mencakup:
Hard Skills :
1. Melaksanakan Riset Humas yang bersifat offline maupun online
2. Penguasaan Bahasa: English, Big Data, Human Communication
3. Produksi konten kehumasan (content production): penulisan naskah dan narasi untuk audio – visual dan digital narrative productions
Soft Skills :
1. Kemampuan Pelayanan Klien (Client Services Skills) : mampu melaksanakan proses administrasi dan pembayaran/keuangan kegiatan humas yang mencakup : menyusun penawaran, mengelola dokumen, menyusun laporan, mampu memberi konsultansi tentang taktik, strategi dan program humas.
2. Kemampuan menjaga Hubungan Antar Manusia (Human Relations): Interpersonal Communications, Social Engagement, Networking and Rhetoric Skills.
3. Kemampuan melaksanakan program kehumasan yang mencakup: pemaparan ide dan kreatifitas, kepemimpinan, pemecahan masalah dengan kesulitan tinggi, social influence, dan Public Speaking (termasuk kemampuan presentasi))

Para lulusan berkarir di berbagai area pekerjaan meliputi : B2B Marketing; Brand; Brand Journalism; Branded Entertainment; Business Transformation; Community Management; Corporate Reputation; Crisis & Reputation Risk; Data Security & Privacy; Development & Production; Digital; Digital Transformation; Employee Experience; Executive Positioning; Experiential Marketing; Financial Comm and Capital Markets; Government Relations; Influencer Marketing; Lobbyist; Measurement and Analytics; Media Relations; Medical Communications; Multicultural Engagement; media literacy; Performance Marketing; Publicist; Public Affairs; Research and Data Analytics; Social Impact; Start – Up Development; Sustainability; Talent Services

Program Studi Hubungan Masyarakat telah meluluskan alumni yang sukses dibidangnya, diantaranya:

  • Imam Suryanto pada bidang Pemerintah (Public Relations Kementerian Perdagangan Republik Indonesia)
  • Shinta Angriyana pada bidang Konsultan (Media Outreach Specialist di Maverick Indonesia)
  • Winda Dwiastuti Sunanto pada bidang Hiburan (Senior Digital Manager i-dac Asia (Hakuhodo International Indonesia))

Sertifikasi

  • Junior Public Relations dari LSPPRI
  • Public Relations Officer dari LSP UI
  • CPR (Certified Public Relation)
  • TOEFL / TOEIC

Dosen Profesional

  • Abdi Hamdani, S.Pd., M.Si., MBA. (Holcim)
  • Anita Rosana, M.A (Event Organizer)
  • Dr. Asep Sutresna, M.A. (Senior Consultant)
  • Drs. Chandra Novriadi, M.Si. (Prambors)
  • Denny Hermawan, S.T., M.Kom (Senior Consultant)
  • Donny Hermawan, M.Si. (Division Head PR & CSR PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors)
  • Drs. Hari Asi Manahan Tanjung (CEO PT Nuansa Indo Maju)
  • Margareta Manalu S.Sos, M.Si (Chief Marketing Officer Entity Indonesia)
  • Ngurah Rangga Wisesa, M.I.Kom.( PT Asia Quattro Net)
  • Regy Refano (Smart Fren)M.M.
  • Reidinar Julaine Wardoyo, M.M.Comm (Senior Consultant)
  • Reska Herlambang, S.E., M. Ikom (TVRI)
  • Wida Septarina Wijayanti, S.S., M.Si (Lotus PR)
  • Wiendy Hapsari, S.Sos., M.Krim (SINDO)
  • Shanty Harmayn (Base Entertaiment)
  • Holy Theodore (Google Indonesia)
  • William Utomo (IDN Media)
  • Michael Tampi (MRA Media Group)
  • Stevanus Christopel ( OVO)
  • Michael H Koentjoro ( Jenius)
  • Edwin Nazir (Angka Fortuna Sinema)
  • Sandru Emil (Ambilhati)
  • Michael Reza Say (Gojek)
  • Sheila Timothy ( Lifelike Pictures)
  • Uun Ainurrofiq (Grab)
  • Wisnu Nugrahadi (Sampingan)
  • Edward Tirtanata (Kopi Kenangan)
  • Dian Paramita Sastrowardoyo (Yayasan Dian Sastrowardoyo)
  • Yorris Sebastian Nisiho (OMG Creative Consulting)
  • Theresia Rustandi (Intiland development)
  • Ongki Saputra ( Traveloka)
  • Wahyu Dhyatmika (Tempo Inti Media)
  • Ai Puteri (Facebook)
  • Aswin Tanu Utomo (Tokopedia)
  • Hendrika Gaudens Refwalu (Microsoft)
  • Deo Nathaniel (Tokopedia)
  • Wahyu Wiwoho (Producer & News Anchor Metro TV)

Penyiaran Multimedia

Deskripsi Program Studi

Tujuan pendidikan untuk menghasilkan tenaga Ahli Madya Penyiaran Multimedia yang sanggup melaksanakan pekerjaannya secara praktis mulai dari perencanaan sampai produksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hukum dan etika profesi. Kompetensi lulusan yang dihasilkan dari program studi penyiaran multimedia akan memiliki skill dan knowledge tentang sistem operasional studio siaran radio dan TV, sistem pemancar radio dan juga televisi, perangkat pengembangan konten multimedia seputar animasi, penyuntingan foto/video, penggunaan peralatan kamera, pencahayaan. Para lulusan akan mampu terlibat dalam tim produksi (operasional) dan programming radio dan TV, juga di industri media yang lain.

Visi

Menjadi pusat pendidikan Penyiaran Multimedia terapan yang unggul dan berdaya saing di ASEAN dengan meningkatkan pengetahuan dan teknologi terapan di bidang Penyiaran Multimedia untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, unggul, serta mampu menyelaraskan pendidikan formal dan kebutuhan dunia industri.

Misi

Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas;
Mendorong ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten di bidang komunikasi Penyiaran Multimedia dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap etika profesi;
Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur, bertanggungjawab, berintegritas, beretika serta mampu bersaing secara global.

Kompetensi Lulusan

Kualifikasi yang dibutuhkan lulusan Program Studi Penyiaran Multimedia meliputi kompetensi yang harus dicapai oleh lulusan di era digital sesuai kebutuhan dari industri radio, televisi, dan berbagai multiplatform lainnya. Lulusan Program Studi Penyiaran Multimedia harus memiliki basis kompetensi berstandar nasional dan internasional yang mencakup knowledge (pengetahuan), skills (keterampilan), dan attitude (sikap kerja). Perumusan kompetensi Program Studi Penyiaran Multimedia melibatkan beberapa pihak yaitu asosiasi profesi, akademisi, dan pengguna yaitu praktisi bidang Penyiaran Multimedia. Adapun lulusan dari Program Studi Penyiaran Multimedia adalah Asisten Produser Program Radio, Reporter Radio, Staf Redaksi/ Script Writer Radio, Staf Divisi Musik Radio, Staf Off Air Radio, Staf Multimedia Radio, Production Assistant Televisi, Asisten Program Director Televisi, Camera Person, Video Editor, Switcher Televisi, dan Script Writer/ Creative Staff Televisi.

Program Studi Penyiaran Multimedia telah meluluskan alumni yang sukses dibidangnya, diantaranya:

  • Syifa Aulia Putri pada bidang Hiburan (Growth Specialist PT Narasi Citra Sahwahita)
  • Willy Abiyyu Dzaky pada bidang Telekomunikasi (Corporate Communication PT Telkom Corporate Communication)

Sertifikasi

  • Video Editor
  • Presenter
  • Camera Person
  • TOEFL / TOEIC

Dosen Profesional

  • Anis Illahi Wahdati, S.Pd., M.Si.
  • Ebnu Yufriadi, S.I.P, M.Si.
  • Fadhil Patra Gumala, M.Si.
  • Drs. Hanoch Tahapary, M.Si.
  • Happy Prasetyawati Hendratomo, S.E., M.M.
  • Muslikhin, M.I.Kom.
  • Nurchaidir Salim, S.Sos., M.Si.
  • Dr. Rahmat Edi Irawan, S.Pd., M.Ikom.

Periklanan Kreatif

Deskripsi Program Studi

Program Studi ini menghasilkan tenaga Ahli Madya Komunikasi di bidang Periklanan Kreatif yang sanggup melaksanakan pekerjaannya secara praktis mulai dari perencanaan sampai produksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hukum, dan etika profesi periklanan.

Visi

Visi Pendidikan periklanan terbaik di Asia Tenggara dengan meningkatkan pengetahuan dan teknologi terapan di bidang periklanan untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, unggul, serta mampu menyelaraskan pendidikan formal dan kebutuhan dunia industri.

Misi

Menciptakan kurikulum berbasis kompetensi, profesional dan berbudi pekerti.
Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang bermutu dan relevan dengan perkembangan jaman untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia.
Mewujudkan kerjasama dengan dunia Industri serta Asosiasi Profesi di tingkat nasional maupun internasional.
Mempersiapkan dan menciptakan lulusan yang mempunyai kompetensi secara profesional di tingkat nasional maupun internasional.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi utama lulusan prodi ini adalah tenaga kerja hybrid yg terampil dan mumpuni di industri periklanan dalam dan luar negeri. Sehingga lulusan prodi ini memenuhi skill yang dibutuhkan, yaitu menjadi Account Executive, Strategic Planner, Creative, dan Media Planner.

Program Studi Periklanan Kreatif telah meluluskan alumni yang sukses dibidangnya, diantaranya:

  • Marsya Febianika Utami pada bidang Digital Platform (Junior Copywriter Dentsu Aegis Network)
  • Reza Pebrianto pada bidang Periklanan (Senior Digital Manager i-dac Asia (Hakuhodo International Indonesia))

Sertifikasi

  • Perancangan Strategi Kreatif Pembuatan Iklan dan Pembelian Media
  • TOEFL / TOEIC

Dosen Profesional

  • Agnes Imada Pinarsinta Manurung
  • Aldino Anatusa
  • Angga Priyatna M.Sn.
  • Arsa Widitiarsa Utoyo ST., M.Sn.
  • Besty Priyandhini M.Si.
  • Bisma Fabio Santabudi S.Sos., M.Sn.
  • Egar Putra Bahtera
  • Ehwan Kurniawan, M.Sn.
  • Hany Nurahmawati S.Kom., M.I.Kom.
  • Dra. Ivanina Zuhdi Pane M.Sc
  • Jessica Carla S.Sos., M.M.
  • Putri Neva Lumeta
  • Dra. Vashti Trisawati Abhidana M.Si.

Diploma 4

  • Manajemen Rekod dan Arsip
  • Manajemen Bisnis dan Pariwisata
  • Produksi Media
  • Bisnis Kreatif
  • Fisioterapi
  • Terapi Okupasi

Manajemen Informasi dan Dokumen

Deskripsi Program Studi

Manajemen Rekod dan Arsip adalah program studi yang menyelenggarakan pendidikan bidang kearsipan dan informasi. Lulusannya diharapkan mampu menangani pekerjaan-pekerjaan pengelolaan arsip, rekod, dan informasi (document and information management) secara umum dan menyelesaikan tugas-tugas profesional informasi tertentu (particular professional task) dengan kualitas keahlian yang andal serta memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan terkait pengelolaan, penilaian dan penggunaan informasi dan dokumen yang dikelolanya.

Visi Program Studi:
Menjadi Pusat Unggulan Pendidikan Vokasional Bidang Kearsipan Di Asia Tenggara.

Misi Program Studi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional bidang kearsipan dengan mengutamakan penguasaan keterampilan (praktik) berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) guna menghasilkan tenaga ahli madya yang berkompetensi dan siap kerja;
  2. Meningkatkan kompetensi dosen melalui kegiatan workshop, seminar, konferensi, pelatihan dan penelitian serta melengkapinya dengan sertifikasi profesi;
  3. Membangun kerjasama dengan masyarakat dan lembaga kearsipan dalam melaksanakan kegiatan masyarakat.

Tujuan
Tujuan pendidikan untuk menghasilkan Ahli Madya Manajemen Informasi dan Dokumen yang terampil melaksanakan kegiatan Kearsipan dan dokumentasi secara efektif berdasarkan etika profesi.

Kompetensi Lulusan
Lulusan dari program studi ini diharapkan memiliki kompetensi:

Terampil dalam pekerjaan pengadaan/ pengumpulan, pengorganisasian, penyimpanan, pengamanan, serta penilaian dan pemusnahan rekod.
Terampil dalam pekerjaan pelayanan yang berorientasi kepada pengguna; termasuk kegiatan penyebaran informasi baik kepada perorangan maupun badan korporasi demi meningkatkan kinerja dan daya saing mereka.
Mampu bekerja sampai peringkat menengah dalam suatu unit kerja pengelolaan informasi seperti pusat informasi, unit-unit kearsipan, pusat pencatatan (record), maupun depo arsip baik di instansi pemerintah maupun organisasi swasta.
Gelar kelulusan adalah Ahli Madya Manajemen Informasi dan Dokumen. Lulusan Program DIII MID sebagian besar langsung bekerja (kurang lebih tiga bulan setelah lulus) dan sebagian lagi melanjutkan ke jenjang Sarjana (S1) di berbagai Program Studi.

Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan matakuliah yang wajib diambil sebagai prasyarat kelulusan oleh mahasiswa tingkat akhir selama dua bulan. Program PKL tersebut dilaksanakan di berbagai institusi yang menyelenggarakan pengelolaan informasi dan dokumen seperti Pusat Arsip, Pusat Dokumentasi, Pusat Informasi dan sebagainya. Setelah magang, mahasiswa diwajibkan membuat laporan PKL dan mempresentasikannya di kelas.

Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan kerja yang memungkinkan lulusannya siap terjun di dunia kerja, program studi D-III MID menitikberatkan pada penguasaan ketrampilan (praktik) dari setiap mata kuliah dengan menetapkan komposisi dari setiap mata kuliah yakni 30% teori dan 70% praktik. Penguasaaan ketrampilan (praktik) disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan di dunia kerja dengan cara memberikan masalah-masalah mutakhir (problem base learning) untuk dipecahkan melalui pemanfaatan laboratorium dan fasilitas yang dimiliki program studi.

Bidang Pekerjaan Lulusan
Profesi dan career path lulusan Program Studi Manajemen Informasi dan Dokumen

  • Lembaga Kearsipan meliputi arsiparis, document controller, document management, conservator, dll.
  • Lembaga informasi meliputi information officer, knowledge management officer, information literacy specialist, dll.
  • Karir yang dapat pula dipilih dan dijalankan oleh lulusan Prodi Manajemen Informasi dan Dokumen adalah menjadi enterpreneur (pengusaha) atau konsultan dalam bidang bisnis informasi. Peluang ini masih terbuka lebar dan sangat menjanjikan.

Mitra Industri
Kerjasama yang berkesinambungan selalu dilakukan terutama dengan lembaga inti perpustakaan dan kearsipan di Indonesia yaitu Perpustakaan Nasional dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kerjasama ini dilakukan dalam bentuk visitasi lapangan, tenaga pendidik, dan kegiatan magang. Selain lembaga inti tersebut kerjasama magang juga selalu dilakukan ke lembaga- lembaga lain baik itu pemerintahan ataupun swasta seperti Bank Indonesia, Crown Record Management, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta dan Depok, Forum Komunikasi Kearsipan Perbankan (FKKP) serta beberapa instansi kementrian seperti Kearsipan dan Perpustakaan Kementrian Kehutanan Lingkungan Hidup, Kementrian Pertanian, Kementrian Keuangan, Kementrian Komunikasi dan Informasi, dan lain-lain

Sertifikasi Lulusan
Lulusan program studi ini akan memiliki beberapa sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Bahasa Universitas Indonesia sebagai pendamping ijazah utama. Lulusan Program Studi Manajemen Informasi dan Dokumen diikutkan dalam ujian sertifikasi untuk bidang Kearsipan Dasar. 

Pendidikan Vokasional Pariwisata

Deskripsi Program Studi

Visi:
Menjadi pusat unggulan pendidikan vokasional Pariwisata di ASEAN

Misi:

Menyelenggarakan pendidikan vokasional Pariwisata dengan penekanan pada praktik sesuai kebutuhan pengguna untuk menghasilkan ahli madya profesional yang berstandar internasional.
Pengembangan bidang Pariwisata melalui Penelitian & Pengabdian untuk kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

Sertifikasi Kompetensi
Tujuan Pendidikan
Program Studi Pariwisata memiliki tujuan untuk menghasilkan Ahli Madya Pariwisata yang mampu mengelola usaha perjalanan wisata secara profesional.

Kompetensi Lulusan
Lulusan Program Pendidikan Vokasi Pariwisata akan memiliki kompetensi-kompetensi utama di bidang perjalanan wisata yaitu:

  1. Mampu mengoperasikan usaha jasa perjalanan wisata
  2. Mampu menerapkan konsep manajemen dalam kegiatan usaha pariwisata
  3. Mampu menerapkan konsep pelayanan dalam melaksanakan kegiatan usaha pariwisata
  4. Mampu menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam kegiatan usaha perjalanan wisata
  5. Mampu menerapkan konsep sosial budaya dan ekologi dalam kegiatan usaha pariwisata
  6. Mampu menerapkan etika profesi pariwisata dalam pekerjaannya
  7. Mampu menerapkan teknologi informasi dalam kepariwisataan

Bidang Pekerjaan Lulusan

  1. Bidang Airlines: Singapore, Malaysia, Cathay, dan Garuda
  2. Bidang Tour & Travel: PT. Aviation Indonesia Travel Services (AITS), PT AVS, Panorama, Vayatour, Dwidaya, Smailing dan perusahaan-perusahaan travel lain.
  3. Bidang minat khusus: Taman Nasional, Lembaga Oceanologi Nasional (LON), Kebun Raya Bogor, Konservasi Indonesia, Perusahaan MICE dan lain-lain.
  4. Instansi Pemerintah : Kementrian Pariwisata, dan Dinas-Dinas Pariwisata.

Mitra Industri
Untuk menunjang proses belajar, Program Pendidikan Vokasi telah bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia yang dikenal dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA). ASITA adalah suatu perkumpulan yang mewadahi pengusaha atau pelaku usaha di bidang jasa perjalanan wisata di Indonesia. Program Studi juga bekerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI), Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) dan berbagai asosiasi lainnya.

Proses perkuliahan terdiri dari 70% Praktek dan 30% Teori. Pada semester 6 diselenggarakan praktek terpadu Java Bali Overland. Setelah mengikuti seluruh proses pembelajaran selama 6 semester, lulusan akan memperoleh minimal 1 sertifikat kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Universitas Indonesia yang berlaku secara nasional maupun internasional di samping ijazaah Diploma Tiga Periwisata dengan gelar Ahli Madya Pariwisata (Amd.Par). Sertifikat kompetensi yang akan diberikan untuk mahasiswa di antaranya adalah sertifikat kompetensi untuk Teknik Pemanduan Wisata dan Sistem Reservasi.

Produksi Media

Deskripsi Program Studi

Program Sarjana Terapan (D4) Produksi Media adalah program studi yang bertujuan untuk mencetak sarjana terapan profesional yang diharapkan mampu menjadi pelaku industri kreatif di bidang produksi media sesuai dengan etika profesi yang berlaku dan memanfaatkan TIK secara inovatif dan bertanggung jawab. Landasan berpikir mahasiswa dibangun dengan lima pilar utama: ArtsBusinessCommunicationScience, dan Technology, diharapkan dapat mengembangkan wawasan secara global, kreativitas dan inovasi mahasiswa melalui berbagai platform media dan teknologi baru yang bergerak dinamis.

Visi Program Studi:
Menjadi pusat pendidikan Produksi Media terapan yang unggul dan berdaya saing di nasional dan internasional dengan meningkatkan pengetahuan dan teknologi terapan di bidang Produksi Media untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, unggul, serta mampu menyelaraskan pendidikan formal dan kebutuhan dunia.

Misi Program Studi:

  • Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas;
  • Mendorong ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten di bidang komunikasi Produksi Media dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap etika profesi;
  • Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur, bertanggung jawab, berintegritas, beretika, serta mampu bersaing secara global;
  • Mempersiapkan dan menciptakan lulusan yang mempunyai kompetensi secara profesional di tingkat nasional maupun internasional.

Kompetensi Lulusan
Berdasarkan SKKNI yang telah ada dan diskusi dengan pihak industri Produksi Media diputuskan beberapa profesi yang diharapkan dapat menampung lulusan Program Studi Produksi Media Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah sebagai berikut:

    1. Mampu menerapkan konsep integritas etika akademik, nilai-nilai pancasila, dan kewarganegaraan dalam menjalankan profesi;
    2. Mampu menggunakan komunikasi lisan dan tulisan dalam bahasa Indonesia dan Inggris;
    3. Mampu mendemonstrasikan konsep umum produksi komunikasi, bidang kreatif, dan bidang media;
    4. Mampu memadukan perkembangan teknologi yang terasosiasi dengan kegiatan usaha Produksi Media;
    5. Mampu menganalisis konsep teoretis dan praktis produksi media secara umum;
    6. Mampu mengontraskan konsep teoretis dan praktis Produksi Media secara mendalam, khususnya inovativecreative, dan adaptive;
    7. Mampu menyusun rencana usaha Produksi Media dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan;
    8. Mampu merancang program Produksi Media yang memadukan unsur teoritis dan praktis sehingga menjadi wirausaha profesional bidang komunikasi dengan memanfaatkan media digital dan nondigital.

Dengan kompetensi tersebut, lulusan berpotensi kerja di berbagai unit kerja pada perusahaan IT, studio film, studio animasi, perusahaan produk animasi-game-comic-visual effectstudio game, agensi desain visual, perusahaan media, studio konten, perusahaan layanan streaming/OTT, agensi media, perusahaan start-up/rintisan, konsultan media, BUMN maupun berbagai perusahaan lainnya sebagai Digital Content Creator, Animator, Blockchain Practitioner, Game Producer, IT Manager, Game Designer, UI-UX Designer, Digital Media Planner & Analyst, Film Producer, E-sports Creator & Practitioner, Visual Designer, Music Producer, Comic Creator, Big Data Analyst, Media Intelligence maupun menjadi Wirausaha atau Technopreneur di bidang media dan teknologi.

Sertifikasi Lulusan

Selain mendapatkan ijazah D4 Produksi Media, lulusan akan mendapatkan sertifikat dari lembaga sertifikasi kompetensi yang dikeluarkan dari Kemendikbud dan/atau lembaga sertifikasi profesi yang dikeluarkan oleh Kemenaker dan diakui secara nasional.

  • Sertifikat Kompetensi Content Creator
  • Sertifikat Kompetensi Social Media Specialist
  • Sertifikat Kompetensi Manajemen Produksi Film
  • Sertifikat Kompetensi Game Designer

Bisnis Kreatif

Deskripsi Program Studi

Kualifikasi lulusan Program Studi Bisnis Kreatif akan difokuskan pada tenaga kerja terampil, Kreatif dan bisa beradaptasi dengan yang pergeseran fokus industri Bisnis Kreatif tersebut, yaitu tenaga kerja yang tidak hanya mampu bekerja secara professional akan tetapi memadukan inovasi, menciptakan teknologi dalam mempermudah pekerjaan dan menciptakan lapangan pekerjaan (Jobs Creation).

UU No.12 Tahun 2012 pasal 16 menyatakan bahwa Program Pendidikan Vokasi merupakan Pendidikan Tinggi Program Diploma yang menyiapkan Mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu sampai program sarjana terapan. Selanjutnya, Pasal 21 ayat 2 menyatakan bahwa Program diploma menyiapkan mahasiswa menjadi praktisi yang terampil untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya, sedangkan ayat 6 menekankan bahwa lulusan program diploma berhak menggunakan gelar ahli atau sarjana terapan, dan Lain sebagainya. Mengacu pada rujukan tersebut, maka Progam Studi Bisnis Kreatif Vokasi akan menghasilkan lulusan dengan keahlian terapan dalam bidang Bisnis Kreatif, dengan tingkat pendidikan diploma empat, dan menyandang gelar Sarjana Sains Terapan Bisnis (S.Tr.Bns).

Visi Program Studi:
Menjadi salah satu Pendidikan Bisnis Kreatif terbaik di Indonesia dengan menerapkan Tridharma perguruan tinggi di bidang bisnis kreatif untuk menghasilkan lulusan yang kompeten serta tangguh beradaptasi dengan industri serta menjunjung tinggi etika dan profesionalisme.

Misi Program Studi:

  • Menciptakan standar kurikulum Bisnis Kreatif berbasis capaian pembelajaran, profesional dan berbudi pekerti.
  • Menyelenggarakan pendidikan Sarjana Terapan Bisnis Kreatif yang bermutu tinggi dan relevan dengan perkembangan zaman untuk meningkatkan daya saing profesional SDM Indonesia.
  • Menciptakan iklim kerjasama dengan dunia Industri serta Asosiasi Profesi Bisnis Kreatif dalam meningkatkan kualitas lulusan.
  • Melakukan pembelajaran yang berkelanjutan dan peka terhadap perubahan dunia industri Bisnis Kreatif serta dapat menerapkan metode pemecahan masalah yang tepat.

Kompetensi Lulusan
Secara spesifik maka keterampilan yang akan ditekankan pada lulusan Program Studi Bisnis Kreatif Vokasi UI adalah sebagai berikut: Active Collaborative learningBlended learning dengan kelas digital (e-learning) berbasis MOOCS (Massive open online course system) berupa penetapan mata kuliah dan kompetensi prioritas yaitu problem solving based innovation dan Project business implementation. Mata kuliah unggulan kontribusinya sangat besar dalam capaian pembelajaran dan standard profesi akan ditentukan oleh kompetensi:

Keterampilan Program studi bisnis kreatif dapat dijabarkan sebagai berikut:

    1. Mempelajari dan ahli dalam kreasi, menyediakan fasilitas bagi pelaku ekonomi kreatif untuk kegiatan kreasi seperti ruang kreatif, sarana kreatif, pada lingkup yang lebih luas mendorong terbangunnya klaster kreatif dan inovasi dari siklus manual konvensional ke digital dan transformatif;
    2. Mampu memprediksi dan melakukan proses kegiatan bisnis masa depan, memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif memproduksi kreasinya dalam skala usaha yang layak secara ekonomi, dalam bentuk penetapan usaha baru (start-up), akses terhadap permodalan (pembiayaan), akses terhadap sarana/alat produksi, dan penyediaan sumberdaya manusia/teknisi produksi dengan keterampilan yang tinggi;
    3. Mereview dan memantau proses distribusi, memfasilitasi usaha baru ekonomi kreatif untuk mendapatkan akses ke pasar dan menjaga struktur pasar yang memudahkan pendatang baru;
    4. Melakukan Analisa Strategi Pemasaran, membangun pasar (market development) dan membantu pembelajaran pasar (market learning).
    5. Mampu melakukan proses negosiasi dan memfasilitasi terbangunnya repositories bagi produk-produk kreatif yang dimanfaatkan pelaku ekonomi kreatif sebagai sumber inspirasi pada proses kreasi berikutnya.
    6. Bentuk pengembangan diri lainnya tercermin dalam praktik kerja lapangan di Perusahaan kreatif dan wilayah potensial di Desa dan mahasiswa dapat mengembangkan diri melalui pembelajaran langsung di lapangan.

Sertifikasi Lulusan

  • Certified Creativity Professional (CCP)
  • TOEFL / TOEIC
 

Fisioterapi

Deskripsi Program Studi

Program Studi Fisioterapi, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah program studi yang mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli professional tingkat madya yang memiliki keterampilan praktis sehingga sanggup melaksanakan tugas-tugas pekerjaannya dengan baik dalam bidang Fisioterapi.

Visi Program Studi:
Menjadi Pendidikan Vokasi Fisioterapi terbaik di Asia Tenggara tahun 2025 dengan meningkatkan pengetahuan dan teknologi terapan yang bermanfaat bagi bangsa.

Misi Program Studi:

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan program pendidikan jenjang Diploma, Program studi Fisioterapi dengan kurikulum berbasis kompetensi yang terus menerus ditingkatkan sehingga kelulusan yang dihasilkan mampu mengemban pelayanan Fisioterapi dengan standar pelayanan sesuai perkembangan fisioterapi internasional;
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan organisasi dan tata kelola manajemen yang berorientasi kualitas, otonomi dan akuntabilitas;
  • Membina jaringan kemitraan dengan berbagai institusi pelayanan bidang kesehatan, rumah sakit, institusi pendidikan terkait, baik di dalam negerti ataupun di luar negeri, serta organisasi asosiasi profesi;
  • Memberikan kontribusi yang bermanfaat dan unggul kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Profil Lulusan
Lulusan Program Studi Fisioterapi adalah tenaga ahli professional tingkat madya yang memiliki keterampilan praktis sehingga sanggup melaksanakan tugas-tugas pekerjaannya dengan baik dalam bidang Fisioterapi.

Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan untuk menghasilkan Ahli Madya Fisioterapi yang mampu memberikan pelayanan dengan mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi, serta komunikasi dan edukasi.

Kompetensi Lulusan
Lulusan Program Program Studi Fisioterapi memiliki kompetensi utama :

    1. Mampu menerapkan ilmu fisioterapi
    2. Mampu melaksanakan pelayanan Fisioterapi di masyarakat
    3. Mampu menerapkan teknologi informasi
    4. Mampu melakukan proses fisioterapi
    5. Mampu melaksanakan etika profesi
    6. Mampu melaksanakan pelayanan fisioterapi

Lulusan program studi Fisioterapi, saat ini mempunyai daya serap lulusan 85% yang berpotensi kerja di berbagai unit kerja pada RS pemerintah dan swasta, RS khusus/ pendidikan, klinik, spa, pusat kesehatan/ olah raga/ kebugaran, dan yayasan. Lulusan juga disiapkan peluang untuk bekerja di berbagai rumah sakit luar negeri.

Bidang Pekerjaan Lulusan
Sesuai dengan KepmenKes No.1363 tahun 2001 :

“Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi komunikasi.’

Menurut Departemen Kesehatan Indonesia Fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak dan komunikasi.

Semakin banyaknya peminat calon mahasiswa ke jurusan fisioterapi dikarenakan semakin banyak pula dibutuhkannya tenaga kerja fisioterapis. Menjadi seorang Fisioterapis bukan hanya sebagai Pegawai Negeri di Unit Rehabilitasi Medik Rumah Sakit saja tapi masih banyak lagi. Sebagai contoh mungkin kita mengenal Mathias Ibo, Fisioterapi Olahraga Tim Nasional Sepak Bola Indonesia. Mathias adalah salah satu contoh fisioterapi yang “tersentuh” media sehingga dikenal publik. Namun masih saja sering kali orang-orang menyebutnya sebagai dokter. Walaupun Fisioterapis dan Dokter adalah dua profesi yang ada perbedaannya.

Fisioterapi merupakan salah satu bagian dari ilmu kesehatan yang mempunyai wilayah di bidang Promotif (promosi), Preventif (pencegahan), Kuratif (pengobatan), dan Rehabilitatif (Rehabilitasi). Tren yang selama ini terjadi rata-rata mahasiswa fisioterapi menjadi seorang fisioterapis yang bekerja di bidang Kuratif dan Rehabiltatif. Masih ada beberapa wilayah Fisioterapi yang belum tergarap dan tersentuh. Menurut Sri Mardiman, 2 wilayah fisioterapi yang belum tergarap saat ini yaitu Fisioterapi Olahraga dan Fisioterapi Industri. Sekarang Fisioterapi Olahraga sudah mulai tergarap dan tersentuh 5 tahun terakhir ini sedangkan untuk fisioterapi industri penulis baru menemukan satu orang yang menjadi Konsultan Fisioterapi di salah satu perusahaan minyak di Kalimantan Timur. Berdasarkan tracer study lulusan OT 100% terserap semua di lapangan pekerjaan, sedangkan FT dan RS 75% terserap di industri, sisanya 30% justru melanjutkan ke jenjang sarjana. Peluang menjadi PNS di Kementerian Kesehatan sangat terbuka lebar. Cobalah liat posisi PNS di Kemkes baik di daerah ataupun di pusat untuk yang latar belakang pendidikannya “Fisioterapis”, “Okupasi Terapis”, atau “Ahli Perekam Medik/Perumahsakitan”.

Mitra Industri
Program Vokasi UI bekerjasama dengan IFI (Ikatan Fisioterapi Indonesia). Sebagai perkumpulan persatuan dari suatu profesi fisioterapi pada waktu itu dibentuklah suatu wadah atau organisasi untuk profesi Fisioterapi pada tahun 1961, yang bertujuan untuk memperkenalkan profesi yang baru ini kepada masyarakat luas. Dalam upaya pengembangan organisasi dan profesionalisme, Ikatan Fisioterapi Indonesia berupaya meningkatkan standar kompetensi anggota dengan berbagai kegiatan pendidkan, Ilmiah dan pengabdian masyarakat. Atas dukungan dari para pemangku kepentingan, Ikatan Fisioterapi Indonesia berusaha memberikan kemampuan terbaiknyaa untuk peningkatan derajat kesehatan dan produktivitas masyarakat luas. Untuk dunia industri Program FIsioterapi menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit seperti RSCM, RSUP Fatmawati, RSP Rotinsulu, RSUD Tangerang, RS Grha Permata Ibu, RS Gatot Subroto.

Sertifikasi Lulusan
Dalam rangka menyambut ASEAN Free Trade Are (AFTA) Program Vokasi khususnya Prodi Fisioterapi melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi seluruh lulusannya. Kegiatan sertifikasi kompetensi dilaksanakan melalui kerjasama antara Program Studi, LSP-P1 UI dan BNSP. Dengan skema Hospital Administrative Executive Assisstant.

Terapi Okupasi

Deskripsi Program Studi

Program Studi Okupasi Terapi, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah program studi yang mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli profesional tingkat madya yang mempunyai pengetahuan, sikap, dan keterampilan di bidang Okupasi Terapi serta mampu bersaing di tingkat ASEAN, berwawasan kewirausahaan, bekerjasama dalam tim dan berorientasi kepada etika profesi.

Visi Program Studi:
Menjadi salah satu pusat unggulan pendidikan Okupasi Terapi terkemuka di ASEAN yang menghasilkan lulusan yang beretika, siap pakai, dan profesional di Tahun 2025.

Misi Program Studi:
Menyelenggarakan pendidikan Okupasi Terapi sesuai dengan kemajuan teknologi yang terbaru, selaras dengan kebutuhan dunia kerja di tingkat ASEAN.
Menghasilkan lulusan yang siap pakai dan beretika profesi yang baik.
Mempunyai staf pengajar yang kompeten sesuai dengan bidang Okupasi Terapi.
Mengembangkan kurikulum, silabus, dan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan standar internasional.

Tujuan Program Studi
Menghasilkan tenaga ahli profesional tingkat madya yang mempunyai pengetahuan, sikap, dan keterampilan di bidang Okupasi Terapi serta mampu bersaing di tingkat ASEAN, berwawasan kewirausahaan, bekerjasama dalam tim dan berorientasi kepada etika profesi.

Profil Lulusan
Profil Lulusan Program Studi Okupasi Terapi adalah lulusan yang mampu memberikan pelayanan kesehatan pada klien/pasien dengan kelainan/kecacatan fisik dan/ atau mental yang mempunyai gangguan pada kinerja okupasional dengan menggunakan aktifitas bermakna (Okupasi) untuk mengoptimalkan kemandirian individu pada area aktifitas kehidupan sehari-hari, produktivitas dan pemanfaatan waktu luang

Kompetensi Lulusan
Lulusan Program Studi D3 Okupasi Terapi memiliki kompetensi utama sebagai berikut:

  1. Mampu bertindak sesuai teori dengan etika profesi Okupasi Terapi
  2. Mampu melaksanakan pengumpulan data subyektif (wawancara) dan obyektif (observasi dan pemeriksaan menggunakan alat ukur yang terstandar
  3. Mampu membuat diagnosa Okupasi Terapi
  4. Mampu membuat tujuan intervensi okupasi terapi bersama pasien serta keluarga
  5. Mampu merencanakan penatalaksanaan program okupasi terapi
  6. Mampu melakukan program okupasi terapi dan mampu mengoperasikan program okupasi terapi jangka pendek – jangka panjang
  7. Mampu melakukan proses okupasi terapi dan menilai intervensi okupasi terapi
  8. Mampu melakukan evaluasi dan re-evaluasi program okupasi terapi
  9. Mampu melakukan follow-up kasus okupasi terapi
  10. Mampu melakukan rujukan ke tenaga ahli lain yang berkaitan dengan kasus pasien serta mampu menerima rujukan
  11. Mampu membuat laporan tertulis secara konprehensif kasus okupasi terapi
  12. Mampu berkolaborasi dalam pengelolaan masalah okupasi terapi pada individu, keluarga dan masyarakat

Bidang Pekerjaan Lulusan
Seorang Okupasi Terapi dapat bekerja di rumah sakit, klinik dan pusat rehabilitasi, sekolah khusus, industri dan perusahaan swasta, serta menjadi seorang pendidik dan konsultan. Ruang lingkup Okupasi Terapi terdiri dari pediatri (anak), geriatri (lansia), psikososial (gangguan jiwa), gangguan fisik, dan kesehatan kerja. Beberapa kondisi yang dapat ditangani oleh seorang Okupasi Terapi antara lain adalah gangguan perkembangan, gangguan sensori, gangguan system saraf, gangguan jantung, gangguan system, gangguan pada kulit, cidera, gangguan otot pada dan sendi, gangguan kognisi dan psikomotor, gangguan kesehatan mental.

Okupasi Terapi adalah profesi kesehatan yang fokus pada kemampuan seseorang dengan mempromosikan kesehatan dan kemampuan melalui aktifitas yang bermakna dan bertujuan. Dimana seorang okupasi terapi memungkinkan seseorang untuk berpartisipasi dalam aktivitas kehidupan sehari-hari secara mandiri dengan cara bekerjasama dengan keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan kemampuan seseorang agar terlibat dalam pekerjaan yang sesuai atau dengan memodifikasi pekerjaan atau lingkungan untuk lebih mendukung keterlibatan berkerja atau beraktifitas.
Bagaimana seorang okupasi terapi bekerja?

  1. Assesment, yaitu bersama-sama dengan keluarga klien fokus pada kemampuan seseorang dan masalah yang berkaitan dengan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari klien.
  2. Planning, yaitu rencana kegiatan yang mencakup tujuan jangka pendek dan panjang dari pengobatan yang relevan dengan kebiasaan, peran, gaya hidup dan lingkungan.
  3. Intervention, yaitu Intervensi / kegiatan berfokus pada program yang berorientasi pada lingkungan dan orang. Dirancang untuk memfasilitasi aktifitas sehari-hari dan adaptasi di mana seseorang bekerja, hidup dan bersosialisasi.
  4. Cooperation, yaitu Kerjasama dan koordinasi dengan para profesional lain, keluarga, perawat dan relawan yang penting dalam realisasi pendekatan holistik.

Mitra Industri
Program studi Okupasi Terapi memiliki 15 lahan magang yang terdiri dari RSCM Cipto Mangunkusumo, RS Fatmawati, RS Gatot Subroto, RS Islam Jakarta, RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, RS Marzoeki Mahdi Bogor, Panti Sosial Bina Grahita (PSBG) Cibinong, RS Suyoto Bintaro, RS Persahabatan, RS Kanker dharmais, RS Duren Sawit, Sekolah Lazuardi, Sekolah Highscope, Klinik dan sekolah Anakku dan Panti Asuhan Heesu Cileungsi Bogor.

Sertifikasi Lulusan
Dalam rangka menyambut ASEAN Free Trade Area (AFTA) Program Pendidikan Vokasi termasuk di dalamnya Prodi Okupasi Terapi melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi seluruh lulusannya. Kegiatan sertifikasi kompetensi dilaksanakan melalui kerjasama antara Program Studi, LSP UI dan BNSP.