Skip links

Angkat Sumpah dan Penglepasan Lulusan, FKG UI Catat Prestasi Prestisius pada Ujian Teori UKMP2DG Nasional

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) mengangkat sumpah terhadap 35 lulusan dokter gigi baru dan penglepasan 9 orang lulusan dokter gigi spesialis. Mereka adalah 2 orang dokter gigi Spesialis Prosthodonsia dan 7 orang drg Spesialis Periodonsia, 9 orang lulusan Magister terdiri dari 2 orang magister Ilmu Kedokteran Gigi Dasar (IKGD) peminatan Odontologi Forensik, 1 orang magister IKGD peminatan Ilmu Material Kedokteran Gigi (IMKG), dan 6 orang magister Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas (IKGKom), dan 3 orang lulusan Doktor, dengan demikian jumlah lulusan pada jenjang ini sebanyak 30 orang lulusan pada Juli 2022. Acara angkat sumpah dan penglepasan yang bertempat di Auditorium Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Kampus UI Depok, merupakan yang pertama kalinya dilakukan di masa pandemi.

Dengan pertambahan jumlah lulusan dokter gigi, dokter gigi spesialis, magister, dan doktor tersebut, maka lulusan dokter gigi FKGUI sampai saat ini tercatat berjumlah 3539 orang. Untuk Program Studi Pasca Sarjana, jumlah lulusan dokter gigi Spesialis FKG UI sampai saat ini adalah 1281 orang, Magister 120 orang, dan  Doktor 128 orang.

                        Juara 1 Ujian Teori UKMP2DG Nasional

Dr. drg. Ria Puspitawati, PBO, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FKG UI, mengawali acara tersebut dengan menyampaikan daftar lulusan yang berhasil mencapai prestasi terbaik dari tiap jenjang. Lulusan dokter gigi dengan IPK tertinggi adalah drg. Bernike Devitaswati (3,88), drg. Nadhira Dewi Hanana Irsan (3,87), drg. Denia Alya Tsary (3,87), drg. Kevin Setijono (3,87), drg. Hanna Sonia Lumban Gaol (3,85).

Program Studi Pasca Sarjana dengan IPK tertinggi ditempati dokter gigi spesialis drg. Ines Agustina Sumbayak, SpPerio (3,87) dengan predikat cumlaude. Predikat cumlaude dari Program Magister diperoleh drg. Atina Ghina Imaniyyah, MSi (3,94), sedangkan Program Doktor oleh Dr. drg. Anandina Irmagita, SpPM(K) dengan IPK 4 (predikat cumlaude).

Selain prestasi tersebut, Dr. Ria juga menyampaikan bahwa tahun ini pada Ujian Teori Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) Nasional Gelombang kedua tahun 2022, prestasi membanggakan berhasil dicapai oleh Drg. Yoga Chrisnugroho, yang mampu menembus peringkat 1 atau tertinggi dengan nilai UKMP2DG 97,50.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UI Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K)

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UI Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K) menyampaikan ucapan selamat sekaligus harapan kepada para lulusan tersebut, agar mengamalkan ilmu dan keterampilan yang telah didapatkan guna meningkatkan kualitas pelayanan, pengembangan keilmuan, dan implementasi riset di bidang kesehatan gigi dan mulut. Semua itu dilakukan dengan sepenuh hati dan tanggung jawab, untuk tercapainya kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik di Indonesia.

Ia juga memotivasi para lulusan untuk dapat mengembangkan karier sebaik mungkin, di dunia sipil ataupun militer, serta berkontribusi secara aktif dalam berbagai kegiatan sosial, untuk membantu masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Nia menyerahkan data lulusan profesi dokter gigi kepada PB PDGI yang diterima secara langsung oleh Ketua PB PDGI drg. Usman Sumantri, M.Sc., dilanjutkan dengan penyerahan data lulusan sebagai alumni kepada Ketua ILUNI FKG UI drg. Ketsia Ximena Sihotang, M.Si.

Pada pidato yang disampaikan oleh Sekretaris Universitas mewakili Rektor UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc.,Ph.D. berpesan agar para lulusan menjalankan tugas dan pengabdiannya dengan senantiasa mencerminkan jiwa dan identitas warga UI, yaitu Veritas (Kebenaran), Probitas (Kejujuran), Iustitia (Keadilan), disempurnakan dengan kesembilan nilai UI yang terdiri dari Kejujuran, Keadilan, Keterpercayaan, Kemartabatan, Tanggung Jawab, Kebersamaan, Keterbukaan, Kebebasan Akademik, dan Kepatuhan pada Aturan.

Pada acara angkat sumpah dan penglepasan di FKG tersebut tampak Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura & Administrasi Umum drg. Kartini Sally, M.M., jajaran manajemen dan sivitas akademika FKG UI, orang tua, serta para pendamping lulusan.