Skip links

Layanan Kami

BPMA sebagai unit resmi Universitas Indonesia berusaha menyediakan pelayanan yang maksimal untuk seluruh warga Universitas Indonesia

Picturexxx1

Evaluasi Internal

Dalam lingkungan Universitas Indonesia, evaluasi internal diperlukan dalam balabalnfkanfoingoirwib. terdapat berebrapa evaluasi internal yang dilakukan yang terdiri dari EVISEM, EVITAH, EDOM/EFOM dan Monev E-learning.

EVISEM

Evaluasi Internal Semesteran (EVISEM) merupakan evaluasi program studi yang dilakukan setiap semester secara online. Pengisian EVISEM dilakukan dengan mengakses sipma.ui.ac.id

EVITAH

Evaluasi Internal Tahuan (EVITAH) merupakan evaluasi program studi yang dilakukan setiap tahun secara online pada sipma.ui.ac.id

EDOM/EFOM

Evaluasi Dosen oleh Mahasiwa (EDOM)/Evaluasi Fasilitator oleh Mahasiswa (EFOM) adalah evaluasi dan masukan dari mahasiswa untuk peningkatan proses pembelajaran oleh dosen/fasilitator di Universitas Indonesia. Pengisian EDOM dilakukan dengan mengakses edom.ui.ac.id

Monev E-Learning

Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran berbasis TIK. Evaluasi dilakukan dosen di l

Monev E-Learning Tahun 2021

Pada tahun 2021, BPMA melaksanakan monev e-learning untuk mengevaluasi proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan selama pandemi COVID-19

Sosialisasi dan Pendampingan

Selama tahun 2021 BPMA melakukan 3 kegiatan Sosialisasi yang ditujukan kepada KaUPMA dan Kaprodi.

Sosialisasi Pemantapan Pemahaman Perbedaan Instrumen Akreditasi 7 Standar dan 9 Standar BAN-PT

diselenggarakan pada tanggal 30 April 2021. Narasumber pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ir. Rujito Agus Suwignyo, M.Agr. Sebanyak 111 peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini terdiri dari Ketua UPMA Fakultas/Sekolah/Program Pendidikan Vokasi serta Ketua Program Studi di lingkungan UI. Pada sosialisasi ini disampaikan terkait latar belakang perubahan instrumen akreditasi serta poin pembeda instrument akreditasi 7standar dan 9 standar.

Sosialisasi Penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK)

diselenggarkan pada tanggal 24 Juni 2021. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ir. Johny Wahyuadi M. Soedarsono, DEA. Beliau merupakan salah satu penyusun IAPS di BANPT. Sebanyak 111 peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini terdiri dari Ketua UPMA Fakultas/Sekolah/Program Pendidikan Vokasi serta Ketua Program Studi di lingkungan UI. Pada sesi diskusi beberapa peserta mengajukan pertanyaan terkait indikator Pelampauan SN DIKTI. Dalam kegiatan ini ditekankan bahwa, BAN-PT tidak mengadakan asesmen lapang terhadap pengajuan ISK. Oleh karena itu, dokumen ISK haruslah lengkap dan narasi ISK disampaikan dengan jelas, komprehensif, dan bersistematika baik. Pengajuan ISK dari prodi-prodi di UI sangat diharapkan agar semakin banyak prodi di UI yang memperoleh peringkat akreditasi Unggul yang mendukung peningkatan akreditasi UI.

Workshop Persiapan Akreditasi Internasional

dilakukan pada tanggal 12-13 November 2021 dan 26-27 November 2021. Workshoppertama yang diselenggarakan pada tanggal 12-13 November 2021 dihadiri oleh 55 peserta yang terdiri dari Pimpinan Universitas dan Perwakilan Unit Kerja di lingkungan PAU. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Tim ISK UI. Pada workshop pertama ini dibahas mengenai persiapan akreditasi institusi dan kebutuhan data yang dibutuhkan dalam penyusunan ISK PT. Workshop kedua yang diselenggarakan pada tanggal 26-27 November 2021 dihadiri oleh 66 peserta yang terdiri dari Ketua UPMA dan Perwakilan Kaprodi. Narasumber pada kegiatan ini adalah Rahayu Retno Sunarni, M.Pd. (Koordinator Penjaminan Mutu Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemendikbud-Ristek), Corina Sutter, M.A. dan Lena Schnell, B.A. (Konsultan AHPGS), Prof. Dr. Ing. Ir. Misri Gozan, M. Tech., IPM (Ketua Komite Eksekutif LAM Teknik), Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU (Pendiri LAM SAMA), Arief Wibisono Lubis, Ph.D. (Koordinator AACSB FEB UI), Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D. (Ketua Majelis Akreditasi LAM Infokom), Prof. dr. Usman Chatib Warsa, Sp.MK., Ph.D. (Ketua LAM PT KES). Pada kegiatan ini disampaikan persiapan program studi untuk mengikuti akreditasi internasional dan akreditasi nasional melalui Lembaga Akreditasi Mandiri.

Produk Kami

Tiga produk BPMA secara umum terdiri dari sistem informasi yang bekerja sama dengan DSTI serta dokumen dan video pendukung tugas kerja BPMA.

Kenalkan Gaya Hidup CERDIK, Dosen Vokasi UI Latih Kader Posbindu di Depok Tingkatkan Kualitas Hidup Penyandang Penyakit Kronis (2)

Sistem Informasi

BPMA bersama dengan DSTI mengembangkan:

  1. Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa melalui http://edom.ui.ac.id,
  2. Sistem Informasi Penjaminan Mutu Akademik (SIPMA) UI melalui http://sipma.ui.ac.id

Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) adalah instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester di setiap fakultas. EDOM telah diterapkan sejak tahun 2000 di 10 fakultas dan secara on line sejak tahun 2006. Sementara itu Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi menggunakan EFOM (Evaluasi Fasilitator Oleh Mahasiswa). EFOM secara on line baru berjalan tahun 2008/2009. EDOM/EFOM ini bermanfaat bagi dosen/fasilitator untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen/fasilitator. Bagi manajemen Universitas/ Fakultas/ Departemen/ Prodi, hasil EDOM/EFOM dapat dijadikan acuan menyusun program peningkatan mutu proses pembelajaran yang terkait kinerja dosen.

SIPMA UI memuat dokumen mutu UI dan Evaluasi Internal Semesteran (EVISEM) dan Evaluasi Internal Tahunan (EVITAH) secara online yang dilaksanakan pada bulan April dan Oktober sesuai Kalender Akademik.

Evaluasi Internal Semester (EVISEM) merupakan kegiatan Kontrol Mutu (Quality Control) dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Indonesia. Instrumen EVISEM dirancang berdasarkan kebutuhan Universitas Indonesia untuk mengetahui pencapaian mutu penyeleggaraan program studi dalam kurun waktu satu semester berdasarkan kriteria dan indikator yang telah ditetapkan. Indikator yang digunakan merujuk kepada Standar Nasional Pendidikan, Komponen Mutu untuk Akreditasi Program Studi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dan Kriteria Mutu yang dikeluarkan oleh Asean University Network-Quality Assurance (AUN QA). Sedangkan EVITAH merupakan Tindak lanjut Pimpinan Fakultas/Program untuk perbaikan mutu program studi berdasarkan hasil review EVISEM selama 1 tahun akademik.

Dokumen BPMA

Dokumen BPMA yang telah ada untuk memperlancar tugas kerja di BPMA dan Direktorat/unit kerja lain terkait mutu akademik adalah sebagai berikut:

  1. SPMI UI (Rev tahun 2017)
  2. Panduan Penulisan proposal Pembukaan Program Studi Baru di Universitas Indonesia (2005)
  3. Instrumen evaluasi
    • EDOM online
    • Evaluasi Internal Semesteran (EVISEM) jenjang D3, S1, S2, S3, Profesi, & spesialis (rev 2014, 2017, dan 2021)
    • Evaluasi Internal Tahunan (EVITAH) on line untuk seluruh jenjang (2014)