iden sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Bus Listrik Karya UI Hadir di INAPA

Universitas Indonesia > Berita > Berita Fakultas Teknik > Bus Listrik Karya UI Hadir di INAPA

Depok, 30 Mei 2023. Bus Listrik UI dipamerkan dalam pameran industri otomotif bertajuk Indonesia International Trade Show for Automotive Industry (INAPA) 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 24-26 Mei 2023. Acara yang digadang-gadang sebagai pameran perdagangan terbesar se-Asia Tenggara ini diselenggarakan oleh PT Global Expo Management  sebagai wadah pelaku industri otomotif yang mencakup suku cadang, teknologi otomotif, ekosistem kendaraan listrik, logistik, dan kendaraan niaga.  

Dalam kegiatan yang diikuti lebih dari 1000 peserta dari 21 negara ini, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) diwakili oleh Research Center for Advanced Vehicles (RCAVe) dan Unit Wirausaha Inovasi (WIN) dengan membawa teknologi bus listrik UI dan inovasi lain yang berkaitan dengan teknologi otomotif listrik. Dr. Ir. Feri Yusivar, M.Eng. selaku Kepala RCAVe dan Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng. selaku Kepala Unit Wirausaha Inovasi FT turut hadir di pameran ini. 

Dalam pameran tersebut, para pengunjung terlihat antusias dengan Bus Listrik UI ini. Mereka menaiki bus dan melontarkan berbagai pertanyaan terkait kendaraan ini. Mereka pun mencoba beberapa fitur yang terdapat untuk melihat hasil karya anak bangsa ini. 

Selain memamerkan bus listrik, tim RCAVE juga memamerkan beberapa produk inovasi lainnya, di antaranya Inverter, Inverter with Cooling System, DC-DC Converter, Power Distribution Unit (PDU) for Electric Private Car, dan Power Distribution Unit  for Electric Bus. Komponen-komponen tersebut disediakan untuk memenuhi permintaan konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik. 

Dr. Ir. Feri Yusivar, M.Eng. menyampaikan, “Secara bertahap komponen bus listrik ini akan kita produksi sendiri. Yang pada awalnya kita merakit dari komponen impor, kita mulai ganti satu-persatu dengan komponen dalam negeri untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Ke depannya, kami berencana membuat komponen-komponen baru untuk bus listrik.” 

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., turut menambahkan, “Keikutsertaan kami ini adalah bagian dari komitmen UI untuk berkontribusi dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan dan berkelanjutan. Bus listrik merupakan inovasi yang penting dalam sektor transportasi, dan kami berharap dapat menginspirasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan energi bersih dan mengurangi emisi karbon. Melalui partisipasi ini, UI berharap dapat menjadi pemimpin dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia dan menyebarkan kesadaran akan pentingnya melindungi lingkungan kita. Kami berharap pengunjung pameran akan terkesan dengan kemajuan teknologi yang kami persembahkan dan terinspirasi untuk mengadopsi solusi ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari mereka.” 

Bus Listrik merupakan hasil rancangan dan produksi para periset FTUI. Bus ini telah menjadi kendaraan operasional di Konferensi Tingkat Tinggi G20 Indonesia dan mendapat tanggapan positif dari masyarakat dalam perhelatan tersebut. 

Bus ini direncanakan untuk menjadi kendaraan operasional di lingkungan kampus Universitas Indonesia. Hal ini agar sivitas akademika UI dapat menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan. Bus Listrik UI terwujud berkat dukungan Pemerintah melalui Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan yang menginvestasikan dana sebesar Rp12,65 miliar untuk pengembangan platform bus listrik dan Rp5 miliar untuk pengembangan sistem penggerak (motor listrik) oleh UI. 

 

This post is also available in: English

Related Posts