Skip links
Memperingati Dies Natalis ke-72, Universitas Indonesia menggelar Charity Golf Tournament pada Sabtu, 28 Mei 2022. Turnamen gol tahun 2022 ini adalah kali kedua penyelenggaraan untuk memperingati hari jadi Universitas Indonesia.

Direktorat Pengembangan Karier Lulusan dan Hubungan Alumni (DPKHA) UI bekerjasama dengan Persatuan Golf Alumni UI (Pergola UI) menjadi penggagasnya. Turnamen diselenggarakan di Pondok Indah Golf Course, dengan jumlah peserta 138 orang yang diikuti oleh alumni UI, sivitas akademika, mitra dan sponsor turnamen.

Dalam keterangan tertulis kepada Tempo, Ketua Panitia Turnamen Golf, Dien Anshari menjelaskan bahwa Charity Golf Tournament menjadi salah satu upaya Universitas Indonesia untuk menggalang dana abadi dan beasiswa bagi mahasiswa yang terdampak pandemi. Jumlah dana yang berhasil dikumpulkan melalui turnamen ini mencapai Rp 600 juta.

UI akan memanfaatkan dana tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di Universitas Indonesia, termasuk beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang memiliki keterbatasan biaya pendidikan dan mendukung seluruh kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Selain itu, turnamen ini juga menjadi ajang silaturahmi, meningkatkan keakraban dan kekeluargaan yang erat di kalangan alumni, sivitas akademika, dan mitra UI.

Rektor UI, Ari Kuncoro, menjelaskan bahwa dana abadi merupakan salah satu penanda majunya suatu perguruan tinggi. Besarnya dana abadi, kata dia, mencerminkan tingginya tingkat relevansi suatu universitas dan kepercayaan masyarakat terhadap tujuan dan eksistensi universitas tersebut.

“Sudah seharusnya dana abadi terus berkembang demi menjamin keberlangsungan peningkatan proses pembelajaran yang menjadi keunggulan Universitas Indonesia. Dana abadi harus dikelola dengan baik sehingga hasilnya dapat digunakan untuk mendukung Tridharma Perguruan Tinggi,” kata guru besar Fakultas Ekonomi tersebut.

Dien Anshari menambahkan bahwa turnamen ini dapat terselenggara setelah adanya dukungan mitra dan sponsor yang selama ini menjadi pemangku kepentingan di Universitas Indonesia. Bukan hanya dukungan dana, tetapi juga dukungan dalam ide sampai pelaksanaan acara.

“Sejumlah sponsor seperti Paragon Corp, Bank Mandiri, Moratelindo, BNI, BCA, Samudera Indonesia, Hutama Karya, Pertamina, Telkom, Bukit Asam, Indika Energy, MyRepublic, Bank Tabungan Negara, Lembaga Penjamin Simpanan, Indofood, Pondok Indah Golf Club, dan lain-lain, serta Persatuan Golf Alumni UI (Pergola UI) memberikan dukungan dan kontribusi luar biasa atas keberhasilan turnamen kali ini,” kata Dien Anshari.

This post is also available in: English