id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Dosen Vokasi UI Buat Toko Online untuk Pasarkan Jambu Kristal Bantarsari

Universitas Indonesia > Berita > Dosen Vokasi UI Buat Toko Online untuk Pasarkan Jambu Kristal Bantarsari

Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dari Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) yang terdiri atas 3 dosen dan 6 mahasiswa Vokasi UI melaksanakan kegiatan Pengmas dengan tajuk program “Inovasi Produk dan Jalur Distribusi dalam Menunjang Pemasaran Produk Jambu Kristal Bagi Komunitas Produsen Jambu”.

Melalui program ini, Ketua tim Istiadi SE, MM beserta tim membuat sebuah websitejambukristalbantarsari.com untuk meningkatkan pemasaran jambu kristal agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas, bukan hanya dilingkungan Kabupaten Bogor. Kegiatan Pengmas berupa pelatihan berlangsung di Balai Desa Bantarsari Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor pada 25 Juli 2019.

Istiadi menuturkan, “Program ini diharapkan dapat mendorong masyarakat dalam inovasi produk seperti dengan mengolah jambu kristal menjadi manisan maupun kripik. Untuk digital marketing, para produsen jambu kristal diberikan wawasan tentang fungsi dari masing-masing platform digital.

Sebagaimana diketahui, masing-masing platform media sosial dan website e-commerce memiliki keunggulan dan fungsi yang berbeda, maka para produsen harus mengetahui hal tesebut agar dapat menggunakannya sesuai target pasar. Untuk jambu kristal, akan difokuskan pada pemasaran online melalui website, marketplace dan juga instagram.”

Tim Pengmas juga memberikan hibah berupa komputer dan juga membantu para produsen mengaktifkan toko online mereka. Diharapkan melalui program ini, masyarakat mampu untuk untuk memberi nilai tambah pada produk melalui pemasaran produk jambu kristal Desa Bantarsari yang memiliki keunikan rasa tersendiri, yaitu jambunya yang garing dan manis serta mudah diperoleh.

Istiadi menjelaskan bahwa program yang diberikan ini dibagi menjadi dua tahapan: tahap pertama berupa pemberian pelatihan awal peranan pemasaran dan distribusi online, tahap kedua adalah pendampingan produsen terpilih diikuti dengan  penyerahan sarana atau fasilitas pemasaran online seperti komputer dan website.

Related Posts

Leave a Reply