Skip links

Dr. Edmon Makarim Terpilih Sebagai Ketua BKS Dekan FH PTN Se-Indonesia

Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M., terpilih sebagai Ketua Badan Kerja Sama (BKS) Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia periode 2022-2024. Dr. Edmon terpilih dalam Rapat Kerja Nasional BKS Dekan PTN se-Indonesia yang digelar di Hotel Aston Sentul, Bogor, pada 29 Maret 2022.

BKS-FH Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia adalah wadah kerja sama Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang difokuskan dalam pengembangan standar pendidikan hukum di Indonesia. Hal yang menjadi rutinitas diselenggarakannya kegiatan ini adalah pengembangan kurikulum ilmu hukum agar adaptif dengan dinamika masyarakat dan pembangunan.

Kurikulum pendidikan hukum tengah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) sebagaimana termuat dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Dr. Edmon dipilih sebagai Ketua BKS Dekan FH Se-Indonesia menggantikan Prof. Dr.  Farida Patittingi, S.H., M.Hum., dari Universitas Hassanudin, Makassar, Sulawesi Selatan. Prof. Farida telah menjabat sebagai Ketua Dekan FH Se-Indonesia sejak tahun 2018. Ini merupakan kedua kalinya FHUI menjadi tuan rumah dalam Rapat Nasional BKS sejak kepengurusan Prof. Farida Patittingi.

“Ini adalah amanah. Saya akan terus berkomunikasi sebelum mengambil keputusan kepada BKS wilayah barat, BKS wilayah tengah, dan BKS wilayah timur. Saya ucapakan terima kasih atas kepercayaannya,” ujar Dekan FHUI, Dr. Edmon dalam pidato sambutannya.

Sebagai Ketua BKS Dekan FH Se-Indonesia, Dr. Edmon yang memiliki kepakaran ahli hukum Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) memiliki visi misi, yaitu mengembalikan negara ke negara hukum. Keinginannya menjadikan hukum bukan sebagai panglima, melainkan raja. Edmond berharap di generasi mendatang fakultas hukum menjadi unggul.

Dekan FHUI terpilih sebagai Ketua berdasarkan pemungutan suara dan meraih suara terbanyak. Prof. Farida sebagai mantan Ketua BKS FH memberikan ucapan selamat kepada Dr. Edmon atas terpilihnya sebagai Ketua BKS FH se-Indonesia. Rapat Nasional ini diikuti oleh 43 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia yang terdaftar dan terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, serta Ketua Program Studi FH PTN se-Indonesia.

This post is also available in: English