Skip links

Dukung Sustainable Development Goals Ke-15, FIB UI Bersama Komunitas Kota Pusaka Lakukan Penanaman 1000 Pohon di Kampus

Untuk mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) ke15, yaitu menjaga ekosistem darat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) adakan aksi tanam 1000 pohon yang dilaksanakan pada hari terakhir rangkaian Pengenalan Sistem Akademik dan Masa Bimbingan (PSA MABIM) bagi mahasiswa baru FIB UI 2022. Hadir pada acara tersebut adalah Dekan FIB UI Dr. Bondan Kanumoyoso, M.Hum.; Ketua UI GreenMetric World University Ranking Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc.; Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FIB UI Dr. Untung Yuwono, S.S.; Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FIB UI Dr. Taufik Asmiyanto, M.Si.; Tim Ahli IT, Data, dan Sistem UI GreenMetric Dr. Ruki Harwahyu, M.T., M.Sc.; jajaran pimpinan Dekanat FIB UI; Komunitas Kota Pusaka, dan para mahasiswa baru FIB UI.

Dr. Bondan menyampaikan, aksi penanaman 1000 pohon di lingkungan FIB UI ini merupakan langkah nyata fakultas untuk melestarikan lingkungan. Menurut Dr. Bondan, selama ini banyak dari masyarakat yang lebih memilih menebang pohon daripada menanamnya. Padahal, penanaman pohon adalah bagian dari budaya Indonesia. Kegiatan ini digelar pada Sabtu (22/8), di wilayah FIB UI, tepatnya di belakang Gedung X.

“Kami di FIB mencoba untuk memperkenalkan kembali budaya Indonesia untuk merawat lingkungan dan alam, serta menjaga kelestariannya. Tidak hanya menjaga, melestarikan, dan merawat saja, kita juga mendapat kearifan dari apa yang ada di alam. Semoga kita bisa mengenal apa yang disebut lingkungan yang lestari dan harmoni. Mudah-mudahan FIB bisa menjadi rumah yang nyaman, indah, dan bermakna secara budaya bagi teman-teman semua,” kata Dr. Bondan.

Pada acara penanaman pohon tersebut, Komunitas Kota Pusaka yang bergerak di bidang lingkungan serta budaya, turut hadir dan menyumbangkan pohon Samida atau Palasa. Komunitas ini sekaligus memimpin prosesi penanaman pohon tersebut. Uniknya, perwakilan komunitas ini turut membawa air dari beberapa sumber mata air yang diyakini dapat membuat pohon menjadi lebih subur dan sehat.

Menurut Konsilor Komunitas Kota Pusaka, Dr. Usep Soetisna pohon Samida atau Palasa adalah pohon suci yang berkaitan erat dengan agama Buddha dan Hindu. “Menurut pemahaman Buddhisme, ketika Ratu Mahamaya akan melahirkan, Siddharta Gautama berada di dekat pohon Samida. Sementara itu, dalam agama Hindu, ada tiga pengait dalam agama yang disebut tridatu yang mengejawantahkan Brahma, Wisnu, Siwa. Ketiganya berkaitan dengan tanaman Samida atau Palasa,” kata Konsilor Komunitas Kota Pusaka.

Aksi tanam pohon merupakan kegiatan yang diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahun yang dilaksanakan FIB UI dalam masa penyambutan mahasiswa baru. Tahun ini, FIB UI menanam delapan jenis tanaman, yaitu Eucalyptus, Gaharu, Kenari, Tabebuya, Pucuk Merah, Mangga, Alpukat, dan Nangka. Aksi ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa FIB UI agar dapat melestarikan lingkungan.

Pada kesempatan itu, Prof. Riri menyampaikan apresiasinya kepada FIB UI atas upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan di wilayah kampus UI. Beliau yakin pencapaian FIB UI sebagai Juara Kedua Fakultas Terhijau Versi GreenMetric 2022 dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Prof. Riri juga berpesan kepada para mahasiswa baru untuk menjaga kelestarian lingkungan demi keberlangsungan kehidupan.

“You’re the most privilege students yang hari ini sampai ke sini untuk mengikuti upacara sekaligus budaya yang mendekatkan kita pada kearifan lokal. Kita, pohon, dan alam memiliki hubungan, bukan hanya dengan menanamnya, melainkan juga dengan melihat kearifan lokal yang diturunkan nenek moyang kita. Pohon-pohon paling langka di Indonesia dari dulu sudah ditanam di FIB UI, salah satunya pohon Gobi. Saya berpesan agar adik-adik sekalian tetap ingat untuk selalu melestarikan lingkungan, terutama karena kalian merupakan mahasiswa FIB UI,” kata Prof. Riri.

Komitmen FIB UI untuk mengembangkan lingkungan hijau di wilayah fakultas dan kampus selaras dengan poin ke-15 dalam SDGs. Sebanyak 15 program studi di fakultas ini turut berkontribusi dalam aksi tersebut. FIB UI mengajak komunitas sebagai perwujudan dari gerakan ‘Jagad Asri Budaya Lestari’. Gerakan ini diinisiasi oleh unit Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) FIB UI sebagai dukungan dan komitmen terhadap lingkungan yang kondusif dan berkelanjutan.

Dr. Bondan berpesan agar aksi penanaman pohon bisa dilakukan secara berkelanjutan, baik secara mandiri maupun bersama. Kegiatan ini juga diharapkan dapat disebarluaskan di media sosial agar dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat.

This post is also available in: English