HUMAS UNIVERSITAS INDONESIA
KLIPING

KLASIFIKASI 1 Universitas Indonesia
TEMA : Tempo, Asian Agri, dan Jurnalisme Investigasi
SURAT KABAR/MAJALAH : Majalah Tempo

Hari Kamis Tanggal 6 Bulan Januari Tahun 2008 Halaman 40-41 Kolom 1-4

RINGKASAN:

Diskusi publik dengan tajuk “Menguak Misteri di Balik Berita Kasus Pajak Asian
Agri”, benar-benar menjadi sebuah misteri bag para peneliti, terutama dalam hal
independensi Dengan metodologi analisis isi, analisis wacana kritis, dan analisis
kerangka dengan biaya yang relatf murah. Dengan berdasarkan teks, menuai banyak
protes karena hilangnya sebuah konteks vang menjadi dasar lahirnva teks tersebut,
vang memang untuk kepentingan publik Para pihak yang mengatasnamakan diri
mereka wakil dari sebuah lembaga besar akademik amiara lain, Hermin Indah
Wahyuni, Ketua jurusan Komunikasi UGM mewakili UGM, dan Wahyu Wibowo
alumnus Fakultas Sastra Ul yang secara proaktil’ menawarkan jasa lembaganva vaitu
P3-ISTP UT untuk menelitt kasus tersebut. Dengan membawa nama lembage vang
menaungi mereka, maka mereka merupakan asel penting bagi lembaga terkait dalam
menjaga kredibilitas serta nilai yang menjadi hasil penelitian mereka. Sedangkan apa
vang ditulis Koran Tempo dan Majalah  Tempo  tentang pemberitaan  kasus
penggelapan pajak oleh PT Asian Agri merupakan sebuah kemerdekaan yang dimiliki
pers melalui jurnalisme investigasi. Bagl pihak yvang merasa dirugikan akan mencoba
menekan, mengancam maupun memanipulsi pandangan publik, untuk tu hasil
penelitian para ilmuwan beberapa lembaga besar tersebut mempengaruhi independensi
pers dengan membesar-besarkan berita positif atau menutup-nutupi berita negatifl

CATATAN :




| (lemeuny efly

ISeSI1SaAU| awsijewny|uep ‘LSy ueisy ‘odwa|




ILLIAM Mark Felt, Sherron Watldins, dan Tnu Ken-

cana memiliki persamasn; merska adalah whistle-

blower alias petnbocor praktek tak terpuil dari lem-

bage yeng mereka kenal ballk. hMark Fell wdalah
bekas Walil Birektur Birn Penyelidik Federal (FBI) Ameri-
kn Serikat Pada 1972-1874, die membocorkan hepadis
wartawan The Washington Post, Boh Woodward, skandal
Watergate yang membual Richard Mixon mundur sebagal
presiden. Mark Felt lébih dikenal sehagal “Deep Throat”
kavena Woodiard menutup rapat jatl diri sumber rahasia-
nya ftu, sampai Mark Felt sendiri mengaku pada 2003.

Sherpron Watkins bekas petinggi Enron, perusahann ener-
gi di ‘AS, Pada 2001, diz membocorkan penyelewiengan
Weunngan di sano, hingga Enron bangkrol dan sejumlah
petingginys harus berurisan dengan hukum Adapun Inu
Hencana jdentik dengan sumbér informasi teniang sejumlah
kebobrokan di Institut Pemerinta Han Dalam Negeri, tempat
dia mengajar

Vincentius Amin Sutanto bisa masik kelmmpolk int. Seba-
gal orang yang mengurusl keuarggan Asian Agri —plruss-
hasn vang tericait dengan Sukanto Tanoto, yang pada 2006
dinobatkan majalah Forbes sebagdl orang terkaya Indone-
sia—Vincent memboecorkan dugaan penggelapan pajak pe-
risakaan itu kepada Tempo

Keempat nama di atas adalab pembocor dari kalangan
datam. Mereka "aget" amat berharga dalam investigas yang
dilnkukan lembaga-lenibags resmi negars, malpun inves-
tigasi "tidak resmi” yang dijalanken media massa melaiul
prakiek jurnalisme investgatif. Seroua bukiu rujulkan imes-
tigasi menganjurkan wartawan mencari para pembocor darl
kalangan dalam ini sebagsi sumber informasi penting.

Para pembocor ini boleh jadi memilild motif tertentus
ingin membalas leetidakadilan yang mereka alami, ingin
memojokkkan seteru mereko, ataupun ‘ingin memberantas
prakiel busul vang tak sesuai dengan hati nuranl mereka.
Urisan motif bisa dikesampingkan jka kepentingun publik
yeng lebilh besarte ngah diperisrulian. Mereka yang paham
dunia jurnalistik hingga ke tingkat praktek—bukan sekadar
berkttat dengan teori— tentu tidak asing dungun pedommar
diatas

eea

Tjipta Lesmana, Hermim Indah Wa hyumi, dan Wahyu Wi-
howe memiliki persamaan; menjadi pembicars pada digkusi
publilk di Jakarta, 18 Desember 2007, disponsori Asian Agri
Mereka secara terpisah dilibatkan Asian Agri menelltl ber-
ita-berita digaan skandal pajak perusabkaan tersebiul yang
dimuat majalzh dan koran Tempo,

Tiipta, ahli komunikasi dari Universiths Pelita Harapan,
diminta sebiagai pribadi. Hermin solaku Ketua Jurusan Thinu
Komunilasi Umiversilas Gadiah Mado miengaku mewalkili
lembapn. Wahyn, alumnus Fakultas Sastra Universitas In-
donesia, mengaky proaktif mendelati Asian Agri untuk
menawarksn jasa lembaganva, Pusal Fenalitisn dan Pengl-

lajian [mu Sostal dan o Politile Universitus Indonesia,

dalam menelit topik yang sama. Logs UGHM dan Ul terpam-
pang dispanduk acara. Pelakangan UGM menyatakan akan
menelusuri rivwayat munculnya penelitian tersebut, semen-
tars 171 menegaskan bahwa lembaga Wahyu tak ada kaltan-
nya dengan TL

Kesimpulan penelitian mereka mirip: berita-berite ka-
sus Asian Agri di Tempo mengandung bias. Metodoiogl yang
digunakan adalah anallsis isi, analisis wacana leritis, dan
analisis keropgka, yeng cukup populer kareni taw sulit di-
lalkukan, berbiaye relatif rendah, serta tidak mengganggu
pihak yang tengah ditalitl (karena penelitian hanya her-
Gaserlean toks), Numun banyak kritik terhadap metodologi
{erscbut, terutams karena kemungkinan hilangroa konteks
Valg man) acti dasar Ishirnya sebtiah teks.

Hilangnya konteks ini amat kelihatan darl hasil peneli-
{ian ketipa peneliti tadi. Tisalnya saja, mereka mempertan-
yakan mengapa Tempo gencar mermberitaken kasus Asian
Agri. Padahal jawabannys jelas karens ada kepentingan
publik yeng Desar di sane. Pers yang independen, bernura-
ni, dan Herani pastl tidsk alan mendiamian kasus semacam
ini. Para peneliti jogs bertanyamengapa Vimcentius lebih di-
ber} porsi dalam pemberitasn Tempo. Jawabannya sebetul-
nva juga jelas: kerens Vingent memiliki banyak informasi
borharga didukung delumen lengkap, semeninra menurut
pengaluan Tempo, pibak Astan Agri terkesan engEan meng-
lelar filcast daip vang dimiliki Tempo tersebut. TDralam hal
irii, Vincent adalah aset amat herharga, sesual dengan pan-
duan investigas) sehagatmans telah dijelasian.

saw

Diskusi publik terssbut bertajuk "Menguak Misteri di Ba-
1ik Berita Kasas Pajak Asian Agri”. Istilah *misteri” sébetul-
nyumerujuk pada serangkalan perianysan yang "mengusik”
para peneliti sebagaimana disebutkan sebelumnys. Hasil
plnelitian mereka sendiri mengundang pertanyaa, teruta-
mo dalas hal independensinys, karena penelitian tersebut
"dipesan” Asian Agri, yang notabene adalah pihak yang te-
ngah diperiksa aparat pajak dan beperkara dengan Tempo.

Hermin dari UGH menyebut—mungkin bergurau—diba-
yar 10 persen darl Ep 1,3 trilam—angka yang diduge dige-
lapkan Aslan Agri, berdasarkan perhitungan aparat pajak
Tipla mengaku tok tahu akan dibayar atan tidak. Wahyu
ticlak menvebut angka, tapl terang-lerangan menyebiut diri-
nye suka amplop dan isinya, berlawanat dengen wartawan
idealis, vang tak mau menerima amplop dan Isinys. Salsh
eaty milai tdeal jurnalistil adalah larangan menerima an-
plop karena dapat mempengarubi independensl: cenderung
membesar-besarkan berita positif atan menutup-rutup be-
rita negatif dari s1 pemberi amplop.

Thwal independensi ini, ada baknys merujuk Julian Ben-
du, sosioleg dan sejarawan dar Prancis, yang pada 1827
menerbitkan buku La Trahizon des Clercs (Penglchianatan

TEMPO, 6 JANUARL 2008

=

——

i —— A



mengatakan "sesuatu” sebagail kebenuran padahal tak jelas
apakah "sesuatu" ity benar-benar kebenartan, atau men-
gatakan "sesuntu” sebagsl kebenaran padahal tuhu perss
bahwa "sesuatu”™ tersebut bukan kebenaran.

Data dan fakta yang menjadi landasan Hme bisa diekuk
dan dipilah sesual dengan keinginan seorang intelektual
Sava ingin merujul ke artikel Thpts Lesmana di Kompas,
29 Olkctober 2003 [bisa dilihet di httpkompas.com/kom-
pas-cetak ((210/28opini/ 39583 Atm), Dalam artikal itu,
dia menegaskan, pers bisa digugat untuk kasus pencemaran
nama balk. Din meneonict sejumlzh contoh, antara lain dar
AS. Sava menanggapl bahwa mengsugat pers berdasarkun
pengalamon di AS tidaklah sernuduly seperti dipaparkan
Tiipta. Artikel Tjipta hanya menyajilkan "separuh kebenar-
an". Fakta vang tak ditampilkannva saya hadirkan dalam
artikel tanggapan sava (bisa dilihat di héep:/fwowe kompos,
com/kompas-cetak/(0310/30/opini/548866 htm)

Dalam artikelnya itu, Tjipta menyébutiean: Dialame putu-
sannye terhadap delik pers New York Times versus Sutli-
van pada 1864, Makkameh Agung AS dengun tegas rien-
gatakan: “Public officiels no longer could sue guccessfilly
for libel unless reporters o edilors uere guilty of octual mal-
ice when publithiing folse statements abaut them." Ini be-
rurti wartawan bisa dituntue secars hukwn jiko tulisan-
nya ternynta tidale benar don wartmean bersangiutan tidak
mempunyei upaya untuk mengecek kebenaren snformasi
yang diperolehnya.

Memang benar wartowan bisa dituntot lerkait dengisn
tulisannya. Namun kesimpulan Tjipta sangat berbeda mu-
ansanya jlka merujuk kepadn teks Ingeris yang dikutipnys,

karena teks tersebul justru menyatakan hal yeng seba-
liknye: para pejabat publik tidak lagi bisa menuntul sacara
sukses dengan alafan pencermnaran nama bail, kecualijika sl
penuntut bisa membuktikan adunys actual malice.

Diig jujrs mengutis kasus Fenderal Westmorsland, mantan
panglima pasukan AS di Vietnam, versus stasiun telewist
CBS. Menurut Tjipta, CHS akhirnya mengalah dan bersedia
membayar kompensasi tak kecil kepada Westmoreland, se-
lain minta maaf secara terbuks. Fakta versl Tiipta ini tidak
sesuai dengan kejadian sesungguhnya, yaitu bahwa kasus
ini berakhir dengan penyelesaian di laar pengadilen, dan
kedua pibak disnggap "sama-sama menyerah”

Dalam diskus publik Asian Agriitu, Tjipta tampll dengan
sejumlah komentar yang terkesan menyudutkan profesi jur-
nulistik. In membesar-besarkan dirinya sebagai pakar yang
mumpuni. Puncaknya, dia mengumpat Metta Dharmasapu-
tra, warlawan Tempo yung melacak kasus Asian Agri ind,
dengan menyebul; "tail kucing itu Metta". Berdasar stan-
dar vang says anul, sikap dan tutur kate Tjipta jaub dari
apa yang lazim melekat pada seorang intelektual atau aka-
demisi,

L X X ]

Ringkasan penelitisn UGM sepanjang dun setengah hala-
man fidak mudah dicerna, Ada kalimat ini; "Koefisien re-
liabilitas kesopokalan dua koder terhadap lime item berits
vang berisi 88 poragraf melalui 28 kategori dan 134 unit e
las aralah 0.8731" Atauw: "Kelidakpadanan dalam mengrap-
kan professional journalism standard dengan sendirinya ber-
akibat padn ketidaksesusian terhadep wtamanya pasal 1, 2,
3 dan & yang ada di dalam Kode Etik Jurnalistik Wartawan
Indonesia” Atan istilah “media yang diteliti”, “media yang
tertelit]”. Seruanya mencerminkan kesulitan peneliti me-
mapiurkan piliran mereka dengan jernih

Akurasi juga layak dipertanyakan: dari penulisan tahun
wyong ceroboh (tertulis tahun "2027", semestinya "20077)
hingpa ke penarikan kesimpulan {eontohnya, menyimpul-
kon berita-herita Tempo dalam kasuslumpur Lapindo tidak
menuding Aburizal Bakrie sebagai arang yang harus ber-
tanggung jawab, Padahal sejumlah laporan Tempo menun-
tut tanggung jawab Aburizal Bakrie).

Era reformasi telah melshirkan kemerdekaan pers, dan
salnh satu bukti nvals pers yang merdeka adalah tumbuh
dan berkembangnya jurnalisme imvestigasi. Tentu saja ba-
nyak pihak vang tak suka karens khawatic kepentingan
meraka akan terusik. Berbagat upsya akan mereka lakukan
untuk menghambat investigasi, agar pers jera dan jert (dike-
nal sebagui "chilling effect™), entah lewat tekanan bisnis, an—
Camnan, dan aksi kekerasan terhadap wartawan dan lembaga
media, atoupun memanipulasi pandangsn publik: Tidak ada
yang bisa dilakukan eleh pers yang punya nurani dan nyall
zolain tetap merawat semangal untuk terus melakukan in-
vestipgssi, sermata-mata demi kepentingan orang banyalc

*) Pengarmat media,
tnantan wartasan Kompas dan BBC di London

TEMPO, & JANUARL 2008

41



