Skip links

FIA UI dan BPH Migas Kaji Bersama Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sepakat mengkaji kegiatan hilir minyak dan gas bumi, lewat penandatanganan yang dilakukan oleh Dekan FIA UI, Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M., dan Sekretaris BPH Migas, Yuli Rachwati, S.H.

Prof. Chandra Wijaya menyampaikan agar kedua belah pihak dapat meningkatkan perannya. FIA UI diharapkan dapat mengimplementasikan berbagai kerja sama yang akan diaktualisasi nantinya, “Terutama dalam hal penelitian dan kajian,” katanya.

Selanjutnya, Yuli Rachwati mewakili pimpinan BPH Migas menyampaikan, “Dengan terjalinnya kerja sama ini diharapkan mendapatkan hasil kajian yang relevan untuk pengembangan dan hilirisasi minyak dan gas bumi di Indonesia.”

Kerja sama ini merupakan bentuk kontribusi UI dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi. Ia bertujuan untuk meningkatkan peranan masing-masing instansi dalam rangka memperkuat kualitas sumber daya manusia melalui tukar-menukar informasi, khususnya dalam hal kajian terkait kegiatan hilir minyak dan gas bumi. Ruang lingkup kerja sama ini merupakan realisasi kerja sama yang berupa Kajian Revisi Peraturan BPH Migas No. 34 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penghitungan dan Penetapan Tarif Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa.

Ada lima kegiatan yang akan dilaksanakan oleh FIA UI dengan BPH Migas dalam kerja sama tersebut. Pertama, penyelenggaraan bersama kajian terkait kegiatan hilir minyak dan gas bumi yang bermanfaat bagi kepentingan para pihak; kedua, pertukaran tenaga ahli yang disepakati secara tertulis oleh para pihak; ketiga, pertukaran data dan informasi berkaitan dengan pelaksanaan kajian; keempat, diseminasi dan publikasi ilmiah hasil kajian; dan yang terakhir pemberian kesempatan kepada dosen dan mahasiswa FIA UI untuk melaksanakan Program Riset dan atau Program Magang dalam rangka mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Jajaran pimpinan FIA UI turut hadir dalam seremoni yang dilaksanakan di Ruang Studentpreneur Lantai 3, FIA UI pada Selasa lalu. Di antaranya Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum Dr. Milla Sepliana Setyowati, M.Ak., beserta jajarannya, dan Sekretaris Pimpinan Dr. Umanto, M.Si., CFP. Sementara itu dari pihak BPH Migas hadir Direktur Gas Bumi Ir. Sentot Harijady BTP beserta jajarannya.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) merupakan suatu badan yang dibentuk untuk melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak dan Gas Bumi pada Kegiatan Usaha Hilir.

This post is also available in: Indonesian