Skip links

Tim Mahasiswa FMIPA UI Juara 1 Lomba Video Ilmu Kebumian Internasional

Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia (FMIPA UI). Kali ini, 6 (enam) mahasiswa dari program studi (prodi) Geologi FMIPA UI yang tergabung dalam The American Association of Petroleum Geologist (AAPG) Student Chapter (SC) Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih juara 1 kompetisi internasional AAPG Asia-Pacific Region Student Chapter Video Contest pada earth science week video contest 2021.
Dalam kontes bertema Water is Part of Life Around the World, tim AAPG SC UI mengajukan video berjudul “A Drop of Life”. Keenam anggota tim AAPG SC UI yang terlibat dalam pembuatan video tersebut terdiri dari Azzahra Karin Ayadzani selaku ketua sekaligus editor, Natasya Alia Zahran sebagai editor, Khalisha Shafa Yumnanisa sebagai editor, Karina Sekar Arum sebagai pengisi suara, dan Nadia Shebrina dan Savira Syahfitri sebagai penulis naskah.
Azzahra Karin Ayadzani menjelaskan bahwa latar belakang ide pembuatan video “A Drop of Life” adalah rasa keprihatinan tim terhadap kondisi kawasan perairan Indonesia saat ini. Secara geografis, Indonesia merupakan negara maritim dengan kepulauan terbesar di dunia. 2/3 kawasan Indonesia merupakan lautan dan 1/3 wilayahnya merupakan daratan. Sehingga Indonesia memiliki potensi pasokan air yang melimpah.
“Kami di kompetisi ini ingin mengangkat tema bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan maritim, dengan kelimpahan air yang banyak, sehingga kita seharusnya dapat memanfaatkan kelebihan tersebut dengan baik,” ujar Azzahra. Video berdurasi 2 menit 57 detik itu telah diunggah di kanal youtube American Geosciences Institue pada tanggal 16 Desember 2021.
Sayangnya potensi itu belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masayarakat. Namun, kata Azzahra, kini hampir seluruh kawasan perairan Indonesia semakin tercemar dengan banyaknya temuan sampah.
“Pada kenyataannya, kita belum bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh negara kita. terlihat dari banyaknya pencemaran seperti adanya sampah microplastic, bencana banjir, dan sebagainya,” ujarnya menambahkan.
A Drop of Life dinilai berhasil menggambarkan bagaimana polusi telah banyak mempengaruhi kualitas sumber air di Indonesia lengkap dengan saran perbaikan yang harus dilakukan untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat. Lebih luas lagi, konten dari video tidak hanya berfokus pada isu-isu bidang kebumian saja, tapi juga mencakup poin-poin yang masuk dalam agenda pembangungan dunia dalam program Sustainable Development Goals (SDGs).
Ia berharap video “A Drop of Life” besutan timnya dapat menggerakan hati semua elemen masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan secara berkelanjutan, dan bijak dalam mengelola sumber daya alam Indonesia.
AAPG Student Chapter Video Contest 2021 merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh American Geosciences Institue bekerjasama dengan AAPG Student Chapter : Asia Pasific Region sebagai wadah kreativitas seluruh AAPG-SC dari berbagai universitas di seluruh dunia. Setiap SC diberi
kesempatan untuk melakukan highlight terhadap rangkaian program yang dikemas dengan format video yang menarik dan kreatif.
AAPG Student Chapter Video Contest tahun 2021 dilaksanakan dalam rangka Earth Science Week (ESW) 2021. Tujuan penyelenggaraan ESW, yaitu untuk membuka wawasan publik tentang ilmu kebumian dan menunjukkan pentingnya peran ilmu kebumian dalam membantu menjaga bumi agar menjadi tempat tinggal yang ideal bagi kehidupan manusia. Pengumuman kemenangan pada AAPG Asia-Pacific Region Student Chapter Video Contest tersebut dapat dilihat di laman website www.earthsciweek.org.

This post is also available in: Indonesian