Skip links

Gelis SMKN 1 Pringgabaya dilirik Universitas Indonesia dalam Program Pengabdian Masyarakat

Dalam rangka Program Pengabdian Masyarakat,Program Keahlian Studi Wilayah Amerika, Universitas Indonesia, memperkenalkan Gerobak Listrik kepada UMKM yang ada di Desa Sapit, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan yang bertajuk “Pelatihan Implementasi Tepat Guna dan Ramah Lingkungan Gerobak Listrik sebagai sarana kegiatan ekonomi kelompok UMKM Desa Sapit, yang akan dilaksanakan pada hari selasa (9/8) yang bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM dengan dunia energi terbarukan serta perkembanganya di Indonesia, memberikan pemahaman terkait manfaat dan keunggulan dari Gerobak Listrik serta cara perakitan PLTS Gerobak Listrik.

Gerobak Listrik yang akan diimplementasikan nantinya oleh para UMKM yang ada di Desa Sapit  merupakan karya inovasi para guru dan siswa Program Keahlian Energi Tebarukan, konsentrasi keahlian Teknik Energi Surya Hidro dan Angin yang ada di SMKN 1 Pringgabaya. Ruslan, ST, M.Pd., selaku Kepala Sekolah merasa bangga karena Gerobak Listrik dijadikan produk unggulan tepat guna oleh rekan-rekan mahasiswa Universitas Indonesia pada kegiatan pengabdian masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Triana salah satu mahasiswi yang ikut ambil bagian pada kegiatan tersebut menyempatkan diri berkunjung ke SMKN 1 Pringgabaya guna melihat proses pembuatan Gerobak Listrik. Triana juga sempat berkunjung ke Laboratorium TESHA guna melihat peralatan praktik yang dimiliki Program Keahlian Energi terbarukan. SMKN 1 Pringgabaya memiliki peralatan yang sangat lengkap khususnya peralatan Teknik Energi Surya Hidro dan Angin.

Instalasi PLTS Gerobak Listrik nantinya akan melibatkan para peserta didik jurusan TESHA dihadapan para peserta pelatihan yang berasal dari UMKM yang ada di Desa Sapit, salah satu owner PT. Inovasi Teknologi Desa, Fauzan Azhiman merasa puas dengan capaian yang dihasilkan oleh para guru dan peserta didik guna mengembangkan karya inovasi di bidang Energi Terbarukan khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

Seperti diketahui, PT. Inovasi Teknologi Desa merupakan Perusahaan yang bergerak dibidang Teknologi Energi Terbarukan dan sekaligus merupakan perusahaan yang menjadi Mitra SMKN 1 Pringgabaya pada Program SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan tahun 2022.

Sumber: https://smkn1pringgabaya.sch.id/read/22/gelis-smkn-1-pringgabaya-dilirik-universitas-indonesia-dalam-program-pengabdian-masyarakat

This post is also available in: English