Skip links

GOWES, Perwujudan Revitalisasi Spekun UI

Start-up penyedia layanan sistem bike-sharing, GOWES, bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk merevitalisasi Sepeda Kuning UI (Spekun UI) yang diresmikan dalam acara “Peluncuran Layanan GOWES” pada Selasa, (3/10/2019).

Peresmian GOWES yang diadakan di Ruang Apung Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok, ini turut mengundang perusahaan Telkomsel dan Transjakarta serta Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok.

 

Acara dibuka oleh sambutan dari Ahmad Izzul Waro selaku Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta yang saat ini sedang merencanakan agar GOWES juga bekerja sama dengan menjadi feeder Transjakarta.

“Tujuannya agar masyarakat bisa lebih merasakan manfaat langsung dari transportasi publik dan support system-nya sehingga dapat mengurangi kemacetan dan polusi,” ujarnya.

Senada dengan Izzul, General Manager Account Management Telkomsel, Nyoman Adiyasa, menyampaikan bahwa Telkomsel ingin meningkatkan kapabilitas dalam rangka mendorong digitalisasi.

“Salah satunya bekerja sama dengan GOWES, sehingga Telkomsel berpartisipasi dalam kesehatan lingkungan dengan menyediakan teknologi,” ucapnya.

GOWES sebagai transportasi berbasis teknologi mengedepankan kesehatan lingkungan dengan tidak menimbulkan polusi suara dan udara, seperti yang dijelaskan oleh Iwan Suryaputra. Direktur PT Surya Teknologi Perkasa ini telah meluncurkan tiga produk GOWES, yaitu sepeda, sepeda listrik, dan otopet listrik. “Semua kendaraan kita berbasis teknologi IoT, terintegrasi dengan aplikasi ponsel, dan menggunakan peta digital asli buatan Indonesia,” tuturnya.

Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, sangat menyetujui adanya kerja sama antara GOWES dan UI sebagai salah satu langkah untuk mencapai UI Kampus Sehat. “Dengan kita menerapkan program-program green campus, harapannya agar UI menghasilkan lulusan unggul yang bukan saja hanya pintar, tetapi juga sehat jasmani dan rohani,” harapnya.

Acara peresmian diakhiri dengan pemotongan pita sebagai tanda diluncurkannya GOWES untuk moda transportasi umum di lingkungan UI, serta dilanjutkan dengan uji coba GOWES di sekitar UI.

This post is also available in: English

Leave a comment