Skip links

Ini Isi Surat Najwa Shihab untuk Mahasiswa Baru UI

najwa

Presenter Mata Najwa, Najwa Shihab berbicara di depan para mahasiswa baru UI dalam salah satu rangkaian acara Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) 2016 di Balairung Universitas Indonesia, Sabtu (13/8/2016).

Dalam kesempatan itu, Najwa membacakan sebuah surat yang khusus ia buat untuk para mahasiswa baru UI. Surat tersebut berisi pesan-pesan serta saran bagi para mahasiswa dalam menjalani kehidupan awal di kampus.

Najwa yang merupakan alumni Fakultas Hukum itu juga menceritakan awal perjalanan dirinya dalam menemukan passion hidupnya di dunia  jurnalisme.

“Karena menemukan passion itu proses. Passion itu bukan sesuatu yang bisa ditemukan instan, passion bisa ditemukan dari keputusan-keputusan kecil yang kalian lakukan setiap harinya,” ujarnya.

Najwa menyarankan untuk membayangkan apa yang akan dilakukan masing-masing diri 20 tahun dari sekarang, dengan segala perubahan keadaan yang akan dihadapi, perubahan teknologi maupun  ekonomi.

Ia mengajak para mahasiswa baru untuk bergaul dengan mengikuti sebanyak-banyaknya kegiatan di kampus. Hal tersebut menurutnya dapat membuat mahasiswa pandai beradaptasi dan punya sikap terbuka.

“Kuliah itu bukan tentang nilai dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Kuliah itu sebenarnya tentang pengalaman, orang-orang yang kalian temui, serta skill yang kalian dapatkan selama berkuliah,” tambahnya.

Pesan lain yang ia berikan adalah kemampuan untuk berani mengambil sikap. Untuk tidak takut bertindak dan berbicara ketika melihat ketidakadilan di depan mata.

Membaca buku menurut Najwa merupakan sebuah kebiasaan yang patut dilakukan selama berkuliah, karena pengetahuan dan wawasan adalah kunci utama masa depan seseorang.

Terakhir, ia berpesan untuk membangun jaringan dengan memanfaatkan sebesar-besarnya momen awal perkuliahan, karena di sinilah semua orang masih mau saling mengenal, bertoleransi, dan terbuka terhadap orang lain.

Penulis : Wanda Ayu

This post is also available in: English

Leave a comment