Skip links

Jalin Silaturahmi, Humas dan KIP UI Anjangsana ke PWI dan IJTI Kota Depok

Biro Hubungan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi Publik, Universitas Indonesia (Humas dan KIP UI) mengunjungi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Depok pada Selasa (19/4) dan Ikatan Jurnalistik Televisi Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kota Depok pada, Kamis (21/4) di masing-masing kantor PWI dan IJTI-Pokja Wartawan Depok. Acara ramah-tamah yang dihadiri 48 orang ini bertujuan merekatkan hubungan antara UI dan wartawan Depok agar dapat bersinergi dalam pemberitaan terkait inovasi-inovasi yang dikembangkan sivitas akademika UI untuk masyarakat luas.

Kepala Humas dan KIP UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si., dalam kesempatan itu menyampaikan, “Banyak sekali inovasi-inovasi yang dikembangkan dosen dan mahasiswa UI. Baru-baru ini kami mengadakan acara UI Investment & Startup Forum 2022 yang mengangkat stratup-startup yang dikembangkan sivitas UI. Sangat disayangkan jika temuan-temuan ini tidak diberitakan ke masyarakat karena manfaatnya sangat besar.”

Ketua PWI Depok, Rusdy Nurdiansyah, sepakat pemberitaan terkait UI perlu digencarkan karena turut membangun pemberitaan positif Kota Depok. Ini dilakukan untuk mengimbangi berita-berita viral yang berkembang di masyarakat namun tidak memberi manfaat. “Contohnya, Depok viral karena pemberitaan keranda terbang dan babi ngepet,. Kesannya, semua hal aneh dan negatif ada di Depok. Padahal, banyak hal-hal positif dan prestasi yang diraih Kota Depok,” kata Rusdy yang merupakan wartawan Republika.

Selain itu, PWI juga membuka program magang bagi mahasiswa UI yang ingin bekerja menjadi wartawan. Mahasiswa dapat belajar langsung kepada para wartawan terkait peliputan dan penulisan berita yang baik. Program ini diharapkan dapat mempererat hubungan UI dengan para wartawan, terutama wartawan Depok.

Untuk memfasilitasi pemberitaan di UI, wartawan akan dibekali kartu pers yang dikeluarkan Biro Humas dan KIP UI untuk memudahkan akses keluar-masuk UI. Dengan kartu tersebut, wartawan tidak dikenai tarif parkir dan dapat meliput acara di kampus secara langsung. Wartawan juga akan diajak untuk press tour ke Fakultas/Sekolah/Program pendidikan Vokasi di Kampus UI Depok dan salemba, untuk meliput laboratorium, inovasi serta keunggulan yang dimiliki.

Ketua Pokja Wartawan Kota Depok, Rizki Tri Ruzpanji atau yang akrab disapa Iyung  menyambut baik terkait fasilitas yang akan diberikan UI. “Selama ini, kita mendapatkan press release hanya dari grup whatsapp dan email. Sering kali, kita membutuhkan lebih banyak gambar untuk pemberitaan di media dan menggali informasi lebih dalam. Untuk itu, dengan adanya fasilitas ini diharapkan bisa membuka akses kepada teman-teman wartawan dalam menulis berita. Selain itu, UI juga menjadi rujukan teman-teman wartawan Depok dalam mendapatkan narasumber yang berkompeten,” ujar Iyung.

Dalam menutup sambutannya, Amelita mengatakan UI dan Depok adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. “Bahkan, dalam setiap rilis yang diterbitkan UI, tempat penerbitan kami tulis Depok meski kegiatan diadakan di UI Salemba. Itu karena kesan UI dan Depok sangat melekat. Ketika mendengar Kampus Depok, orang akan langsung merujuk ke Kampus UI.”

This post is also available in: English