Skip links

Jalin Silaturahmi, UI Terima Kunjungan Tim Senat Akademik Universitas Negeri Padang

Universitas Indonesia (UI)  menerima kunjungan Senat Akademik (SA) dari Universitas  Negeri Padang (UNP) di Gedung Pusat Administrasi Universitas (PAU) lantai 9, Kampus UI Depok pada, Kamis (4/8). Pertemuan ini dipimpin langsung Ketua Senat Akademik Universitas Indonesia (UI), Prof. Nachrowi, M.Sc., M.Phil., Ph.D.

Menyambut kunjungan tersebut, Prof. Nachrowi, mengatakan, “Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturahmi antara UI dan UNP kedepannya semakin baik. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan dapat saling meningkatkan penerapan fungsi SA dalam membantu mencapai prestasi di masing-masing universitas.”

Kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman tentang pelaksanaan tupoksi Senat Akademik khususnya terkait Pendidikan, Penelitian, Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat, dan Kerja Sama baik kerja sama industri maupun kerja sama akademik.

Dalam pemaparannya, Prof. Nachrowi menyampaikan, dalam Statuta UI, Senat Akademik adalah organ UI yang menyusun, merumuskan, dan menetapkan kebijakan, memberikan pertimbangan, dan melakukan pengawasan di bidang akademik. SA memilih anggota MWA yang mewakili unsur Dosen dan masyarakat, serta mengusulkan anggota MWA terpilih melalui Rektor untuk ditetapkan oleh Menteri.

Lebih lanjut, dipaparkan juga terkait dengan tugas dan kewajiban SA yang tertuang dalam Satuta UI. Salah satu tugas dan kewajibannya adalah memberi pertimbangan terkait dengan pembukaan, penggabungan, atau penutupan Fakultas, Departemen, dan Program Studi. Hal ini pula yang menjadi salah satu topik pembahasan dalam acara ramah tamah tersebut.

“Kami sedang melakukan kajian dalam pembukaan prodi, karena banyaknya kebutuhan masyarakat. Selain itu juga, adanya pertimbangan dari pemerintah. Sehingga, kami ingin belajar dari pengalaman UI dalam membuka prodi baru, khususnya untuk di luar kampus dan kira-kira bagaimana juga jika dalam menutup prodi,” ujar Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., Ketua Tim Senat Akademik UNP.

Tim Senat Akademik UI yang hadir dalam pertemuan ini terdiri dari Sekretaris SA, Yudho Giri Sucahyo, Ph.D, CISA, CISM.; Ketua Komisi I, Prof. Dr. dr. Bambang Supriyatno, Sp.A (K).; Ketua Komisi II, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG (K).; Sekretaris Komisi II, Dr. Fuad Gani, S.S., M.A.; Ketua Komisi III, Prof. Dr. Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng., dan Anggota Senat Akademik Wakil Fakultas Teknik, Dr. Ir. Praswati Pembangunan Dyah Kencana Wulan, M.T. Sementara dari pihak UNP dihadiri Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum., Dr. Nurhasan Syah, M.Pd., Dr. Donie, S.Pd., M.Pd., Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd, M.Sc., Dr. Tuti Rahmi, M.Psi, Psikolog.; Drs. Syafril, M.Pd., Dra. Rahmiati, M.Pd, Ph.D., Drs. Zahwan, M.Kes., Prof. Dr. Hasanuddin WS, M.Hum., dan Affandri Jasrio, S.Pd, M.Pd.