id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Komunitas Pickleball UI Siap Tanding di Pekan Olahraga Nasional 2024

Universitas Indonesia > Berita > Komunitas Pickleball UI Siap Tanding di Pekan Olahraga Nasional 2024

Depok, 5 Juli 2024. “Pickleball, jenis olahraga yang mulai dikenal di Indonesia pada 2019, akan diperkenalkan sebagai ekstrakurikuler resmi di Universitas Indonesia (UI).” Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Senat Akademik (SA) UI, Prof. DR. Dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH, Int. Aff. RANZCOG—atau yang akrab disapa Prof. Iko—dalam acara Olahraga Bersama SA UI, pada Minggu (30/6), di Kampus UI Depok. Pada acara tersebut, turut hadir Sekretaris Jendral Indonesia Pickleball Federation (IPF), Dr. Susilo, D.Ed.

Menurut Prof. Iko yang merupakan Penasihat Komunitas Pickleball UI, pengembangan cabang olahraga pickleball bertujuan untuk meningkatkan kebugaran sivitas akademika dan mengantarkan mereka menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Medan pada September mendatang. “Ini adalah cabor baru yang tidak sulit dimainkan dan sangat menyenangkan. Aktivitas olahraganya baik, aerobiknya bagus, tidak terlalu memakan energi, dan tidak berbahaya bagi orang tua. Di Indonesia, cabor ini sudah memiliki federasi dan akan ikut dalam ekshibisi PON 2024. UI tentu ingin berpartisipasi dalam memasyarakatkan olahraga ini,” ujarnya.

Pickleball dipopulerkan di Washington, Amerika Serikat oleh Joel Pritchard, Bill Bell, dan Barney McCallum pada 1965. Olahraga ini mulai berkembang di Asia pada 2010 dan di Indonesia berkembang pesat dalam lima tahun terakhir. Dr. Susilo, menyampaikan, olahraga ini hanya memiliki 25 pemain saat diperkenalkan, namun kini pickleball memiliki lebih dari 5.000 pemain yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. “Pickleball telah resmi menjadi bagian dari Komite Olahraga Nasional Indonesia dan akan menjadi cabang eksibisi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 pada September mendatang,” katanya.

Pickleball merupakan olahraga bola padel yang menggabungkan unsur tenis, bulu tangkis, dan tenis meja. Aturan mainnya mengadopsi aturan ketiga olahraga tersebut, namun dengan kekuatan dan kecepatan yang diturunkan, sehingga lebih mudah dan santai. Pickleball cepat berkembang karena olahraga ini menawarkan kemudahan dalam bermain, baik dari segi kemampuan fisik maupun ekonomi. Lapangan bulu tangkis, basket, atau lapangan rata di lingkungan sekitar bisa dimanfaatkan untuk bermain pickleball.

“Di mana pun bisa main, asal lahannya rata. Harga alat pemukulnya relatif terjangkau, mulai dari Rp200 ribu. Bola pickleball pun memiliki masa pakai yang lebih panjang dibanding bola tenis atau bulu tangkis, yaitu 3–6 bulan. Sesuai jargonnya, easy and fun, permainan ini mudah dipelajari dan menyenangkan,” ujar Dr. Susilo.

Sementara itu, di UI, Komunitas Pickleball didirikan pada akhir 2022—bermula dari ajakan Handhika Suryaputra, mahasiswa S2 Psikologi Olahraga, kepada Prof. Hamdi Muluk, Guru Besar Psikologi Politik UI. Prof. Hamdi mengatakan, awalnya permainan dilakukan di lapangan indoor Sarana Olahraga (SOR) UI, namun karena daya pantul lantainya kurang baik, permainan dialihkan ke lapangan basket di Fakultas Psikologi UI. Lapangan tersebut disulap menjadi tiga petak arena pickleball dengan diberi atap dan penanda garis berwarna hijau, serta dilengkapi pickleball center yang meliputi fasilitas gym, loker, dan tembok bergambar untuk simulasi pickleball.

Menurut Prof. Hamdi, pickleball mengingatkan pada olahraga tenis karena menggunakan net. Ukuran lapangannya sama dengan lapangan bulu tangkis. Olahraga ini juga menggunakan paddle (pemukul bola) yang lebih kecil dan ringan dibandingkan raket tenis, sehingga terasa lebih mudah dikendalikan. Berbeda dengan bola tenis atau pingpong, bola pickleball berbentuk bulat dengan permukaan berlubang dan terbuat dari plastik, sehingga menghasilkan pantulan yang rendah dan gerakan lebih lambat. “Hal ini menjadikan pickleball pilihan olahraga ideal bagi semua usia, termasuk mereka yang baru memulai berolahraga,” katanya.

Saat ini, jumlah anggota Komunitas Pickleball UI mencapai sekitar 140 orang dengan peminat yang terus bertambah. Komunitas ini menciptakan semangat baru di kalangan sivitas akademika agar tetap bugar melalui olahraga yang menyenangkan dan minim risiko. Untuk itu, latihan dilaksanakan secara rutin, tiga kali seminggu, yakni pada Rabu pagi, Jumat pagi, dan Sabtu sore. Bagi yang belum memiliki peralatan, disediakan paddle dan bola yang dapat digunakan secara gratis. Dalam waktu dekat, Turnamen Pickleball Senat Akademik UI Cup yang akan diadakan pada 26–28 Juli 2024.

Related Posts