id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Memahami Peranan Teknologi dalam Upaya Pemasaran Kontemporer

Universitas Indonesia > Berita > Memahami Peranan Teknologi dalam Upaya Pemasaran Kontemporer

Pemasaran digital kini menjadi aspek penting dalam menggenjot bisnis di era digital. Hal tersebut menjadi tajuk utama seminar COMPFEST X yang digelar di Balairung UI Depok, Minggu (30/9).

Seminar tersebut menghadirkan Andrias Ekoyuono, Chief Marketing Officer media Kumparan.com sebagai narasumber. Andrias juga merupakan salah satu penggagas berdirinya Kumparan.

Andrias menggaris bawahi bahwa upaya pemasaran bukanlah semata menawarkan produk. Lebih dari itu, upaya pemasaran mesti membuat perusahaan mengetahui siapa dan apa masalah target konsumen, lalu terlibat di dalam kesehariannya.

Sejalan dengan itu, kemudahan akses yang ditawarkan era digital sangat membantu upaya pemasaran. Menurutnya, mustahil memisahkan peran penting teknologi dalam upaya pemasaran kontemporer.

“Sekarang, setiap bagian perusahaan harus mengimplementasikan teknologi,” sebutnya. Ihwal paling dasar sebelum menyusun kebijakan pemasaran ialah data, dan era digital memungkinkan penghimpunan data dilakukan secara lebih terstruktur dan komprehensif.

“Semakin detail data yang kita punya, semakin bagus. Data bisa diperoleh dari mana saja, misalnya Google Analytics, atau membangun tim riset sendiri,” ujar pria 38 tahun itu. “Lalu buat big data untuk memperoleh gambaran lengkap tentang sasaran konsumen.”

Hal itu menjadi krusial guna menyusun pesan atau cerita yang relevan untuk disampaikan pada target konsumen. Maka, Andrias pun menyoroti pentingnya pesan, atau yang umum disebut sebagai “konten”, sebagai sebentuk investasi pemasaran.

Pertama, konten menjadi suatu upaya branding tersendiri bagi perusahaan. Sayangnya, sejumlah perusahaan rintisan/start-up justru kerap mengesampingkan konten ketimbang upaya pemasaran lainnya.

Kedua, membuat konten yang relevan dengan masalah target konsumen rupanya berdampak positif bagi kas perusahaan.Bila target konsumen merasa relevan dengan konten yang disampaikan perusahaan, maka ia tidak akan segan untuk menyebarluaskannya, atau turut mempromosikan perusahaan itu.

“Ibaratnya, konten dapat bekerja sendiri melipatgandakan keuntungan jika momen dan targetnya tepat. Semakin banyak share, semakin luas jangkauannya, semakin murah hitung-hitungannya,” tambah Andrias.

Seminar ini menjadi salah satu acara puncak rangkaian COMPFEST X yang telah dimulai sejak bulan April. Rangkaian COMPFEST X terdiri dari kompetisi bidang IT antar mahasiswa, pelatihan/akademi bagi para pemenang, serta pameran dan gelar wicara bidang IT pada acara puncak.

 

Related Posts

Leave a Reply