Skip links

Pelantikan Direktur dan Wakil Direktur RSKGM UI 2022-2026: Menargetkan RSKGM Jadi RS Berkelas Internasional

Rumah Sakit Kesehatan Gigi dan Mulut (RSKGM) Universitas Indonesia (UI) melantik drg. Yudy Ardilla Utomo, Sp.BM(K) sebagai Direktur RSKGM, periode 2022-2026. Pada kesempatan tersebut, drg. Yudi mengajak semua pemangku kepentingan (baik internal maupun eksternal) dapat bekerja sama, saling dukung, serta meningkatkan komunikasi dan kolaborasi.

“Agar berbagai rencana strategis yang digariskan mampu terwujud dengan sempurna,” ujarnya. Target RSKGM tidak hanya menjadi pusat pendidikan dan rumah sakit rujukan nasional saja, katanya, namun dapat berkembang menjadi rumah sakit berkelas internasional.

Pelantikan direktur tersebut dilakukan oleh Dekan FKG UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc, Sp.Ort(K). Pada kesempatan yang sama ia melantik drg. Yudy sebagai Direktur dan dua Wakil Direktur yaitu, drg. R.M. Tri Ardi Mahendra, Sp.Pros (k) dan drg. Feisal Ghazali A, S.E., M.M. Prosesi pelantikan dan angkat sumpah jabatan ini dilaksanakan secara hybrid di Kampus FKG UI Salemba, Jakarta Pusat. “Saya berharap, pejabat yang diberikan amanah dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik, serta selalu berpegang teguh pada nilai-nilai kepemimpinan, yaitu menjaga integritas dan profesionalisme, membangun komunikasi dan sinergi yang baik dengan semua pihak serta senantiasa berinovasi sebagai upaya perbaikan dan pengembangan di segala bidang. Sehingga, keberadaan RSKGM sebagai bagian dari Academic Health System (AHS) mampu berkontribusi bagi kemajuan Ilmu Kedokteran Gigi dan pelayanan kesehatan gigi di Indonesia. Dekan FKG UI suarakan rasa optimisnya dengan status RSKGM sebagai Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM). Hal ini diharapkan dapat mempermudah manajemen RSKGM dalam mengakselerasi berbagai bidang seperti perumusan kebijakan, pengembangan inovasi, tata kelola keuangan serta peningkatan kerja sama kemitraan.

RSKGM FKG UI merupakan pusat rujukan pelayanan dan asuhan kedokteran gigi di Indonesia, yang memiliki fasilitas layanan yang terdiri dari Paviliun Khusus, Klinik Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS), dan Klinik Integrasi. Paviliun Khusus merupakan klinik swadana yang memberikan pelayanan umum dan spesialistik secara komprehensif dan profesional. Sementara itu, Klinik PPDGS merupakan klinik pendidikan untuk tingkat spesialistik dan Klinik Integrasi merupakan pelayanan klinik pendidikan yang dilakukan oleh peserta pendidikan profesi dokter gigi di bawah supervisi dokter gigi konsulen.

Direktur dan Wakil Direktur RSKGM sebelumnya sudah melewati proses seleksi, sampai keluarnya hasil fit and proper test dari tim panitia seleksi (pansel). Tahapan seleksi dilaksanakan pada tanggal 7 April-27 Mei 2022. Tim pansel terdiri dari Dekan FKG UI (ex-Officio); Prof. Dr. drg. Haru Setyo Anggani, Sp.Ort(K); drg.ling Ichsan Hanafi, MARS.; drg. Maya A.Y Lewerisa, Sp.Perio.; drg. Benso Sulijaya, Sp.Perio(K), Ph.D.; dan Sekretaris pansel, Lidya, S.E.

Setelah prosesi pelantikan, acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan dan penyerahan laporan pertanggung jawaban (LPJ) dari Direktur periode sebelumnya, Dr. drg. Maria Purbiati, Sp.Ort(K) kepada Direktur yang baru. Penyerahan ini sebagai simbol pergantian kepemimpinan dan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh Pimpinan FKG UI kepada Pimpinan RSKGM periode sebelumnya untuk mengapresiasi dedikasi dan pengabdianya.

Pelantikan ini turut dihadiri, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Dr. drg. Ria Puspitawati, PBO.; Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum, drg. Kartini Sally, M.M.; Tim panitia seleksi; sivitas akademika FKG UI; dan tenaga hospitalia RSKGM.