id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia

Sosialisasi Penerimaan UI 2024

Brosur Universitas Indonesia

Biaya Pendidikan 2023

Kalender Akademik 2023/2024

Pendaftaran
SIMAK
UI

Program pendidikan

01
Sarjana

Program pendidikan yang dapat diikuti oleh lulusan Sekolah Lanjutan Atas dan sederajat dengan usia ijazah tidak lebih dari 3 tahun. Penerimaan program ini adalah melalui SNBP dan SNBT untuk jalur nasional, PPKB dan SIMAK UI untuk jalur mandiri.

More Details
02
Kelas Internasional

Program sarjana yang bekerjasama dengan universitas-universitas terbaik di luar negeri dengan bidang studi yang relevan dengan dunia internasional atau global. Program pendidikan ini dapat diikuti oleh lulusan dari Sekolah Lanjutan Atas dan sederajat dengan usia ijazah tidak lebih dari 5 tahun. Penerimaan program ini adalah melalui Talent Scouting dan SIMAK Kelas Internasional.

More Details
03
Vokasi

Pendidikan Vokasi (D3 & D4) bertujuan menyiapkan tenaga profesional yang siap kerja. Dengan sistem pengajaran yang lebih mengutamakan keterampilan, lulusan program vokasi UI terbukti memiliki keunggulan siap kerja di berbagai bidang industri. Penerimaan program ini adalah melalui SNBP dan SNBT untuk jalur nasional, PPKB dan SIMAK UI untuk jalur mandiri.

More Details
04
Sarjana RPL

Program Sarjana yang berdasarkan asesmen capaian pembelajaran atas hasil belajar yang diperoleh mahasiswa dari pendidikan formal sebelumnya (diploma, dll), dan/atau pengalaman kerja. Penerimaan program ini adalah melalui SIMAK UI dengan materi yang diujikan adalah Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.

More Details
05
Magister

Program yang ditujukan untuk lulusan program sarjana dan ingin melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Program ini bertujuan untuk menyediakan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengejar karir di bidang tertentu atau melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Program ini biasanya berlangsung selama dua tahun setelah menyelesaikan program sarjana dan mencakup mata kuliah yang lebih khusus dan kajian yang lebih mendalam. Jalur masuk program magister adalah melalui SIMAK UI untuk program pascasarjana.

More Details
06
Profesi

Program yang ditujukan untuk memberikan keterampilan praktis dan kompetensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam memasuki dunia kerja atau profesi tertentu. Program ini ditawarkan di luar program sarjana reguler dan memiliki durasi yang lebih singkat dibandingkan dengan program sarjana. Program ini berfokus pada bidang tertentu seperti manajemen, teknologi informasi, atau ilmu kesehatan. Program ini juga dapat memberikan sertifikat atau kualifikasi yang diakui oleh industri atau pemerintah. Jalur masuk program ini adalah melalui SIMAK UI untuk program Pascasarjana.

More Details
07
Spesialis

Program ini ditujukan lulusan program sarjana kedokteran, sarjana kedokteran gigi, dan magister ilmu keperawatan yang ingin melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi dalam bidang tertentu. Program Spesialis ini mencakup kajian yang lebih mendalam dan pelatihan klinis dalam bidang kedokteran yang dipilih dengan serangkaian mata kuliah yang lebih spesifik dan komprehensif. Jalur masuk program ini adalah melalui SIMAK Ul untuk program Pascasarjana.

More Details
08
Doktoral

Program ini ditujukan untuk lulusan program S2 atau setara dan ingin melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Program ini juga mencakup penelitian yang harus dilakukan Oleh mahasiswa sebagai persyaratan untuk menyelesaikan program. Lulusan program ini akan memiliki keahlian yang diperlukan untuk menjadi dosen, peneliti, atau pakar dalam bidang tertentu. Jalur masuk program Doktoral adalah melalui SIMAK Ul untuk program pascasarjana.

More Details

Jalur Masuk

Jalur Nilai Rapor dan Prestasi

SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan Jalur Seleksi Nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan untuk siswa SMA dan sederajat yang menggunakan prestasi dan nilai rapor siswa. Sekolah akan mendapatkan kuota berdasarkan akreditasi dan akan dilakukan pemeringkatan sesuai dengan ketentuan dari panitia penyelenggara. Siswa yang eligible untuk mengikuti seleksi dapat mendaftarkan diri pada waktu yang sudah ditentukan.

Pendaftaran: 14 – 28 Februari 2024

Pengumuman: 26 Maret 2024

PPKB

Program Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh UI berdasarkan nilai rapor dan prestasi untuk program Sarjana dan Vokasi. Jalur ini bersifat terbatas untuk sekolah yang telah mengajukan permohonan yang dapat melakukan pendaftaran. Proses seleksi jalur PPKB dilakukan menggunakan sistem seleksi berdasarkan pencapaian prestasi akademik siswa di sekolah.

Pendaftaran: 25 April – 14 Juni 2024

Pengumuman: 1 Juli 2024

 

Seleksi Jalur Prestasi

Salah satu jalur seleksi dalam penerimaan mahasiswa baru UI adalah Seleksi Jalur Prestasi (SJP). Seleksi ini bisa diikuti oleh siswa yang memiliki prestasi/pemenang lomba minimal juara tiga atau peraih medali perunggu di bidang IPTEKS, olahraga, dan seni di tingkat nasional maupun internasional yang diperoleh saat di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)/maksimal 3 tahun terakhir. 

Pendaftaran: 25 April – 14 Juni 2024

Pengumuman: 1 Juli 2024

 

Talent Scouting

Talent Scouting merupakan jalur seleksi mandiri berdasarkan nilai rapor dan prestasi  untuk program S1 Kelas Internasional. Selain nilai rapor dan prestasi, proses seleksi jalur Talent Scouting didukung dengan sertifikat TOEFL atau IELTS yang masih berlaku. Jenis TOEFL yang diakui Universitas Indonesia adalah yang disertifikasi ETS (PBT/ITP skor min.500 atau iBT skor min.61 atau CBT skor min.173) atau IELTS dengan skor minimum 5.5.*

Pendaftaran: 28 Februari – 22 Maret 2024

Pengumuman: 17 April 2024

Jalur Ujian Tulis

SNBT

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan menggunakan tes berbasis komputer yang mencakup penalaran matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris, dan potensi kognitif.

Pendaftaran: 21 Maret – 5 April 2024

Ujian:

  • Gelombang 1 :  30 April dan 2 – 7 Mei 2024
  • Gelombang 2:  14 – 20 Mei 2024

Pengumuman: 13 Juni 2024

SIMAK UI

SIMAK UI adalah jalur seleksi tertulis mandiri yang diselenggarakan UI. Program pendidikan yang dibuka pada SIMAK UI mulai dari Program Vokasi (D3 dan D4) dan Sarjana S1

Pendaftaran: 19 Juni – 8 Juli 2024

Ujian: 14 Juli 2024

Pengumuman: 24 Juli 2024

SIMAK UI KI

SIMAK Kelas Internasional adalah seleksi tertulis mandiri yang diselenggarakan oleh UI untuk program Kelas Internasional. Selain tes tertulis, proses seleksi jalur Talent Scouting didukung dengan sertifikat TOEFL atau IELTS yang masih berlaku. Jenis TOEFL yang diakui Universitas Indonesia adalah yang disertifikasi ETS (PBT/ITP skor min.500 atau iBT skor min.61 atau CBT skor min.173) atau IELTS dengan skor minimum 5.5.* 

Pendaftaran: 19 Juni – 3 Juli 2024

Ujian: 8 Juli 2024

Pengumuman: 22 Juli 2024

SIMAK RPL

SIMAK RPL adalah seleksi tertulis mandiri yang diselenggarakan oleh UI untuk Sarjana RPL dan Vokasi RPL.

Pendaftaran: 8 Mei –  10 Juni 2024

Ujian: 16 Juni 2024

Pengumuman: 22 Juli 2024

SIMAK PASCASARJANA

SIMAK Pascasarjana adalah seleksi tertulis mandiri yang diselenggarakan oleh UI untuk program Pascasarjana (Profesi, Magister, Doktor, Spesialis).

Pendaftaran:

  • Gasal Gelombang 1: 21 Februari – 13 Maret 2024
  • Gasal Gelombang 2: Mei – Juni 2024
  • Genap: Oktober 2024

Ujian:

  • Gasal Gelombang 1: 17 Maret 2024 (Daring)
  • Gasal Gelombang 2: Juni 2024
  • Genap: November 2024

Pengumuman:

  • Gasal Gelombang 1: 29 April 2024
  • Gasal Gelombang 2: Juli 2024
  • Genap: Desember 2024

Beasiswa

Beasiswa di Universitas Indonesia adalah bantuan finansial yang diberikan kepada siswa yang memenuhi syarat tertentu untuk membantu mereka dalam menyelesaikan studi mereka. Beasiswa dapat diberikan berdasarkan prestasi akademik, kondisi ekonomi, atau prestasi di bidang tertentu. Beasiswa di Universitas Indonesia dapat diberikan oleh universitas itu sendiri, pemerintah, atau organisasi swasta.

Beberapa contoh beasiswa yang ditawarkan di Universitas Indonesia adalah:

  1. Beasiswa Pemerintah Indonesia: Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada siswa yang memenuhi syarat tertentu, seperti prestasi akademik yang baik atau kondisi ekonomi yang kurang mampu, jenis beasiswa ini seperti Beasiswa Unggulan, KIP-K dan sejenisnya.
  2. Beasiswa Universitas Indonesia: Beasiswa ini diberikan oleh universitas sendiri kepada siswa yang memenuhi syarat tertentu, seperti prestasi akademik yang baik atau prestasi di bidang tertentu.
  3. Beasiswa Swasta: Beasiswa ini diberikan oleh organisasi swasta atau perusahaan kepada siswa yang memenuhi syarat tertentu, seperti prestasi akademik yang baik atau prestasi di bidang tertentu yang relevan dengan bidang perusahaan tersebut.

Sebagian besar beasiswa memerlukan aplikasi yang diajukan oleh siswa dan menyertakan dokumen seperti transkrip nilai, surat rekomendasi, dan essay tentang bagaimana beasiswa akan membantu siswa dalam mencapai tujuannya. Beasiswa juga mungkin memerlukan siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas tambahan selama masa studi mereka, seperti melaporkan kemajuan atau menyelesaikan proyek khusus.

Untuk mendaftar dan memperoleh informasi lengkap mengenai beasiswa di Universitas Indonesia, simak lebih lanjut melalui laman beasiswa.ui.ac.id

Tingkat Keketatan

setiap program studi memiliki keketatan masing-masing. Untuk tau lebih lanjut silahkan cek lebih lanjut
Penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia Tahun Ajaran 2024/2025 dapat di periksa pada: