Skip links

Peninjauan Pelaksanaan UTBK 2022 di IMERI UI Oleh Dirjen Dikti, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, dan Wakil Rektor UI

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer–Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK–SBMPTN) tahun 2022 di Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba, yang dibagi dalam dua sesi seperti kemarin, hari ini berjalan lancar. Lokasi ujian UTBK-SBMPTN di tujuh lokasi yang berada di Kampus UI Salemba diantaranya adalah gedung lab komputer, gedung Magister Akuntansi, dan gedung Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis; gedung Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) Fakultas Kedokteran (FK); gedung B Fakultas Kedokteran Gigi; dan gedung IASTH.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., melakukan peninjauan lokasi pelaksanaan UTBK 2022 di IMERI, Kampus UI Salemba, siang tadi (18/05). Peninjauan tersebut dilakukan bersama Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto DEA., DESS, Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang didampingi oleh Sekretaris Eksekutif LTMPT Bekti Cahyo Hidayanto, S.Si., M.Kom., dan Koordinator substansi Umum Kerja Sama, dan Humas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Yayat Hendayana, S.S, M.Si.

Kehadiran Prof. Nizam berserta jajaran disambut oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris; Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP.; Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FKUI Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH,; Kepala Biro Humas dan KIP UI Dra. Amelita Lusia, M.Si.; dan Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI Dr. Gunawan, ST., MT.

Dalam pidato sambutannya, Prof. Abdul Haris menyampaikan, “Kami bersyukur bahwa persiapan UTBK di UI sudah disiapkan sangat matang. UI menyediakan fasilitas komputer kurang lebih 1.309 unit.” Pada kunjungan itu, Prof. Nizam dan rombongan meninjau UTBK di Ruang Laboratorium Komputer di lantai 5, Tower Pendidikan, Gedung IMERI FKUI. Prof. Nizam dan Prof. Budi Prasetyo mengapresiasi upaya UI dalam menerapkan protokol kesehatan selama UTBK berlangsung, sehingga pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan baik.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN di UI dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi peserta dan panitia. Setiap peserta dan panitia peserta wajib vaksin Covid-19 minimal dosis kedua dan melalui pengukuran suhu tubuh (kurang dari 37,3 derajat Celsius). Peserta harus memindai barcode dengan aplikasi PeduliLindungi dan wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker medis tiga lapis, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Mahasiswa yang akan memasuki ruang ujian hanya membawa alat tulis dan kartu peserta ujian. Sebelum masuk, dilakukan screening terhadap peserta. Mereka harus melewati pemeriksaan menggunakan detektor. UI juga menyediakan tenaga medis, tim K3L (Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan),  dan selama ujian berlangsung.

Sebagai salah satu pusat pelaksanaan UTBK–SBMPTN tahun 2022, UI menyiapkan 63 ruang ujian dari 29 lokasi ujian dengan fasilitas 1.309 komputer utama dan 193 komputer cadangan yang tersebar di UI Depok dan UI Salemba. Adapun jumlah peserta UTBK-SBMPTN di UI pada tahun 2022 ini meningkat jika dibanding tahun 2021, seiring dengan meningkatnya peminat yang mendaftar. Sebelumnya keterpenuhan yang memilih pusat UTBK UI dari total kapasitas adalah 97,2% yaitu 28.604 peserta. Tahun 2022, sebanyak 33.665 kursi ujian telah terisi, atau 99,91% dari total kapasitas.

This post is also available in: English