Skip links

Prodi Administrasi Perkantoran UI Gelar Webinar Langsung Dari Doha, Qatar

Penulis: Rizky Syahputra

Program studi (prodi) administrasi perkantoran program pendidikan vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) menggelar webinar sehari pada hari Sabtu 9 Oktober 2021 dengan menghadirkan narasumber Defiandry Taslim, SE., AK., SH., M.si. Director, group, finance & tax Ooredo Qatar.

Adapun webinar dengan tema “How to plan your career as a professional manager in foreign company” langsung disampaikan oleh bapak Defiandry Taslim dari Doha, Qatar ini menyampaikan beberapa poin penting dalam mempersiapkan karir pasca lulus kuliah terutama dalam berkarir di tingkat internasional.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Dede Suryanto (ketua bidang administrasi bisnis vokasi UI)  webinar ini sebagai momentum penting tidak hanya membuka cakrawala baru namun juga sebagai motivasi awal baik bagi mahasiswa maupun tenaga pengajar agar memperoleh kompetensi yang optimal untuk menghadapi tantangan ekonomi digital yang bersifat borderless.

Terdapat beberapa poin penting  yang disampaikan oleh mas Defi (sapaan akrab Defiandry) dalam menyusun international career planning. Poin yang pertama yaitu motivation & goals dimana seseorang yang memiliki keinginan berkarir di dunia internasional harus memiliki motivasi dalam mencpai tujuannya tersebut. karena motivasi merupakan modal utama dalam berkarir.

Modal utama lainnya dalam mencapai international career plan tersebut yaitu dengan memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, terutama bahasa inggris. “Selain bahasa inggris, kita juga perlu menguasai bahasa asing lainnya seperti bahasa jerman, perancis, arab, jepang atau mandarin,” ujar nya.

Defi menambahkan, kemampuan bahasa asing ini sebagai pembuktian bahwa kita memiliki kompetensi untuk berkarir sebagai ekspatriat disamping sebagai sarana komunikasi. Menurutnya ada beberapa faktor yang menyebabkan belakangan ini banyak orang memilih berkarir di luar negeri.

Beberapa faktor tersebut diantara nya financial reward yang lebih baik dibandingkan di dalam negeri, memiliki jaringan relasi dari berbagai negara yang menyebabkan kita nemiliki wawasan yang lebih luas dan lebih terbuka terhadap semua perbedaan yang ada, memiliki pengalaman tingkat internasional, serta dapat mengunjungi negara lain dalam rangka travelling.

Disamping itu menurut pria yang pernah mengikuti program pertukaran pelajar AIESEC di Finlandia ini terdapat beberapa kelebihan jika kita memilih berkarir diluar negeri, ia juga menyadari terdapat kelemahan seperti jauh dari keluarga dan sering merasa home sick tetapi hal tersebut akhirnya bisa diatasi oleh Defi. Hal positif lainnya yang di dapat ketika memutuskan untuk berkarir diluar negeri seperti investasi baik berupa pendidikan anak maupun investasi properti di luar negeri yang lebih mudah di dapatkan oleh ekspatriat jika dibandingkan dengan memilih berkarir di dalam negeri.

Selain itu, menurut alumni akuntansi UI 1993 ini  keuntungan berkarir di luar negeri adalah apabila suatu saat kembali ke tanah air maka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di dalam negeri akan lebih lebar karena instansi akan melihat pengalaman bekerja yang dimiliki oleh seorang mantan ekspatriat. Tetapi, menurut beliau hal yang paling utama dari semua itu adalah tercapai nya cita-cita untuk menjadi seorang ekspatriat hingga saat ini ia telah menjadi ekspatriat selama 13 tahun.

Defi yang saat ini juga aktif di ILUNI UI Qatar sebagai advisor indonesia tax specialist association lantas memberikan tips bagi audiens yang hadir pada webinar tersebut, diantaranya: harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi, harus memiliki kemampuan bahasa inggris dan bahasa asing pendamping baik lisan maupun tulisan dimana hal ini akan menentukan perkembangan karir, sertifikasi internasional sebaiknya yang dikeluarkan oleh instansi yang berasal dari amerika maupun eropa, selalu berpikiran terbuka jika sewaktu-waktu perusahaan meminta mu untuk melakukan hal baru atau hal yang berbeda dari sebelumnya

Tips selanjutnya adalah jangan pernah sungkan untuk memberikan suatu opini / masukan karena profesionalitas Anda akan selalu dilihat dan dihargai serta akan memberikan kesempatan mendapatkan posisi karir yang lebih baik, selalu mengembangkan kemampuan yang ada dan temukan hal terbaik yang bisa anda lakukan.

Pada bagian akhir sesi webinar tersebut ia juga mengingatkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama ketika akan melakukan proses applying job salah satunya selalu menjaga  kepercayaan dan keep your the best perform , jangan terlalu fokus ke uang karena tempat anda bekerja akan memperhatikan Anda

Selain itu, secara umum perusahaan besar memiliki agency atau mata-mata untuk melakukan background checking terutama dalam hal penggunaan media sosial sehingga ia sangat menekankan bahwa jangan pernah membahas hal-hal sensitif seperti political dan racism di media sosial, disamping itu juga jangan sesekali kita menjelek jelekan perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya karena akan sangat mempengaruhi reputasi anda pada saat proses recruitment di tempat selanjutnya “pada umumnya perusahaan yang akan merekrut anda akan meminta testimoni memgenai performa kerja pada perusahaan anda sebelumnya”, ujar nya.

Defiandry Taslim sendiri merupakan alumni akuntansi UI 1993, selain itu ia juga mengambil program S1 pada jurusan hukum pada universitas yang sama dan melanjutkan S2 pada program studi administrasi publik di Universitas Indonesia.

Sebelum webinar yang dihadiri oleh sekitar 200 orang dari berbagai latar belakang ini ditutup dilakukan sesi foto bersama antara pembicara, moderator, dan seluruh peserta webinar yang telah hadir melalui Zoom Meeting ini.

This post is also available in: English