Skip links

Teknik Lingkungan (S1)

Teknik Lingkungan

Deskripsi Program Studi

Program Studi Teknik Lingkungan bertujuan menghasilkan sarjana Teknik Lingkungan yang professional dan cakap berkarya dalam perencanaan, perancangan (system, bangunan, struktur), pelaksanaan dan pengelolaan di bidang-bidang: Penyediaan air minum, Penanganan limbah cair, limbah padat (non B3 dan B3), Drainase, Sanitasi lingkungan, Sumber daya air, Pencemaran udara, Pencegahan pencemaran, Analisis mengenai dampak lingkungan. Pekerjaan yang memerlukan keahlian teknik lingkungan bervariasi baik dimensi maupun cakupannya, seperti: sistem saluran pembawa/drainasi, sistem penyediaan air bersih, sistem pengelolaan limbah padat dan limbah cair dan sistem pengelolaan limbah bahan beracun berbahaya lainnya.

Biaya Pendidikan

Berdasarkan Keputusan Rektor UI No.406/SK?R/UI/2021

Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

UI menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran dimana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per SKS.

Kontak

Kantor Humas & Protokol
Gedung PAF lantai 1
Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Kampus UI Depok, 16424, Indonesia
Telp. +62-21-78888430 ext. 118
Fax. +62-21-78888076
Email: humas@eng.ui.ac.id; humas.ftui@gmail.com
URL: https://www.eng.ui.ac.id

Penerimaan Mahasiswa

Informasi seputar pesyaratan , jalur dan mekanisme pendaftaran baru mahasiswa Universitas Indonesia