Skip links

Teknologi Bioproses (S1)

Teknologi Bioproses

Deskripsi Program Studi

Misi utama Departemen Teknik Kimia adalah menyelenggarakan pendidikan dengan kualitas terbaik sehingga lulusannya mendapatkan pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman melakukan riset dengan topik-topik terkini di bidang rekayasa kimia dan rekayasa biokimia. Lulusan diharapkan dapat menerapkan ilmu dasar teknik kimia dan bioproses untuk bekerja dan berkarya dalam bidang teknologi proses kimia, mampu mengembangkan diri sebagai perencana dan pengelola industry, serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lulusan program studi teknologi bioproses dapat digambarkan sebagai “Insinyur Universal” karena mereka mempelajari dasar-dasar ilmu teknik dan rekayasa teknologi biologis. Mereka merupakan Insinyur yang mampu mengelola sistem dan proses produksi biologi serta menyediakan solusi alternative untuk masalah-masalah teknik biologi sesuai dengan etika professional.

Lulusan PS Teknologi Bioproses telah berkontribusi di berbagai bidang berikut: riset dan pengembangan proses dan produk kimia, pengolahan dan sintesis produk makanan dan farmasi, industry makanan, industry kosmetik dan bioteknologi, konsultan dan perusahaan teknik lainnya, industry lingkungan dan energy terbarukan, pemerintahan, pendidikan, dll.

Biaya Pendidikan

Berdasarkan Keputusan Rektor UI No.406/SK?R/UI/2021

Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

UI menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran dimana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per SKS.

Berdasarkan SK Biaya Pendidikan UI Tahun 2022

Untuk reguler, biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 10.000.000,- persemester dan Rp 50.000.000,- untuk uang pangkalnya.

Untuk WNA, biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap.Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 30.000.000,- persemester dan Rp 50.000.000,- untuk uang pangkalnya.

Kontak

Kantor Humas & Protokol
Gedung PAF lantai 1
Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Kampus UI Depok, 16424, Indonesia
Telp. +62-21-78888430 ext. 118
Fax. +62-21-78888076
Email: humas@eng.ui.ac.id; humas.ftui@gmail.com
URL: https://www.eng.ui.ac.id

Penerimaan Mahasiswa

Informasi seputar pesyaratan , jalur dan mekanisme pendaftaran baru mahasiswa Universitas Indonesia