Skip links

Sambut Calon Mahasiswa Baru, Magister IKGD FKG UI Gelar Open House

Dalam rangka menyambut kegiatan akademik pada September 2022 mendatang, Program Magister Ilmu Kedokteran Gigi Dasar (IKGD) Fakultas Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) menggelar Open House secara daring pada, Sabtu (02/04). Kegiatan ini guna memperkenalkan program studi Magister IKGD FKUI dengan peminatan Biologi Oral dan Kedokteran Gigi Forensik.

Acara yang berlangsung selama dua jam tersebut dihadiri sebanyak 76 peserta dan terdiri dari berbagai kegiatan diantaranya, pengenalan tentang Ilmu Kedokteran Gigi Dasar yang terdiri dari tiga peminatan yaitu Biologi Oral, Kedokteran Gigi Forensik dan Ilmu Material Kedokteran Gigi. Kemudian, dilanjutkan dengan penayangan Video Profil Magister IKGD dan Laboratorium Biologi Oral.

“Menjadi peserta didik peminatan Biologi Oral dan Odontologi Forensik Program Studi Magister IKGD FKG UI memberikan kesempatan luas untuk meningkatkan keilmuan dan jejaring ilmiah. Selain itu, S2 peminatan Odontologi Forensik (OF) sebagai satu-satunya yang ada di Indonesia dan telah berkontribusi dalam menghasilkan sejumlah akademisi pakar OF yang siap mengembangkan keilmuan OF di berbagai instansi pendidikan dan non pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Dr. Ria Puspitawati, PBO., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FKG UI.

Open House semakin menarik dengan kegiatan talkshow yang menghadirkan para alumni peminatan Biologi Oral dan Kedokteran Gigi Forensik FKG UI yaitu drg. Rizki Amalina, M.Si.; drg. Citra F. Putri, M.Si.; drg. Rizky A. Irwandi, M.Sc. (Ph.D. candidate, Eastman Dental Institute, UCL London), dan drg. M. Garry S. Hanafi, M.Si (Staf Pengajar Biologi Oral FKG UI).

Ketua Departemen Biologi Oral FKG UI, drg. Lisa R. Amir, Ph.D., PBO., mengatakan, peminatan Biologi Oral S2 IKGD FKG UI telah mengembangkan berbagai top riset yang tidak hanya terpublikasi di jurnal internasional bereputasi, namun juga menghasilkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan paten. Berbagai kolaborasi para staf akademik dengan sejawat di berbagai perguruan tinggi, menyediakan kesempatan bagi lulusan program studi ini untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri.

Lebih lanjut, Ketua Program Studi Magister IKGD FKG UI Sunarso, S.Si., M.Si., Ph.D., menambahkan, “Peserta didik peminatan Biologi Oral dan Kedokteran Gigi Forensik akan diajar para pengajar berpengalaman Departemen Oral Biologi yang terdiri dari lima Guru Besar, tujuh Doktor atau Ph.D, dua orang Magister, yang delapan orang di antaranya adalah Pakar Biologi Oral (PBO) dan empat orang  SpOF (K). Seperti diuraikan oleh para alumni kedua prodi tersebut, selain fasilitas belajar dan laboratorium yang sangat memadai, kegiatan pembelajaran aktif, presentasi ilmiah di berbagai seminar nasional atau internasional, serta peserta didik juga mengaplikasikan ilmunya dalam kegiatan pengabdian masyarakat.”

Dekan FKG UI Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc.,Sp.Ort(K) menyambut positif kegiatan ini, dan berharap jumlah mahasiswa peminatan Biologi Oral dan Kedokteran Gigi Forensik akan meningkat, sehingga semakin banyak lulusan Magister IKGD yang berasal dari FKG UI. “Terima kasih kepada semua pihak yang  terlibat dalam kegiatan ini, termasuk kehadiran para alumni yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi pengalaman kepada calon mahasiswa,” kata drg. Nia.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Riset & Inovasi UI sekaligus Dosen di Program Magister IKGD, drg. Nurtami Soedarsono, Ph.D., Sp.OF(K).; Ketua Kolegium Kedokteran Gigi Indonesia dan Dosen Program Magister IKGD, drg. Sri Angky Soekanto, Ph.D., PBO.

This post is also available in: English