id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222
https://csirt.rri.go.id/js/https://epresensi.mempawahkab.go.id/themes/sgacor/https://sv.unp.ac.id/sgacor/https://elearning.iainkendari.ac.id/sgacorhttps://esign.bogorkab.go.id/views/pgacor/https://elearning.polnes.ac.id/local/tgacor/https://dispora.sulselprov.go.id/css/rajaslot-303/http://sematu.kaboki.go.id/tata-usaha/

Tembus 100.000 Subscribers, OVIS UI Raih YouTube Silver Play Button Award

Universitas Indonesia > Berita > Berita Highlight > Tembus 100.000 Subscribers, OVIS UI Raih YouTube Silver Play Button Award

Kanal YouTube Open Videos Universitas Indonesia (OVIS UI) yang dikelola oleh Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) UI meraih YouTube Silver Play Button Award. Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi YouTube kepara para kreator yang sudah melampaui jumlah 100.000 pelanggan atau subscribers. OVIS UI memecahkan rekor sebagai kanal YouTube produksi UI pertama yang mencapai angka 105.008 subscribers.

Didirikan pada 2014, OVIS UI bertujuan menjadi sebuah media penyebarluasan ilmu pengetahuan oleh dosen-dosen UI melalui penyajian konten yang populer dan dibutuhkan oleh masyarakat umum. Secara umum, OVIS UI memproduksi video pembelajaran yang dibagi ke dalam dua program utama, yaitu Question and Answer (Q&A) dan Tips Singkat. Pada 2022, OVIS UI juga menambahkan satu program yang berfokus pada pengenalan berbagai mata kuliah yang ditawarkan oleh UI.

Sebagai sarana edukasi untuk masyarakat luas, OVIS UI telah memproduksi dan menayangkan 845 konten video terbuka dengan menghadirkan para dosen UI yang kompeten selaku narasumber. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 50 dosen UI yang berpartisipasi dalam produksi konten OVIS UI. Kontribusi besar dari seluruh dosen UI yang terlibat sebagai narasumber turut mengantarkan OVIS UI menggapai YouTube Silver Play Button Award.

Direktur DPASDP, Drs. Gatot Fatwanto Hertono, M.Sc., Ph.D. mengatakan, “Terima kasih kepada seluruh dosen UI yang telah berkontribusi mengisi konten terbuka ini. Semoga ke depannya dosen-dosen di UI dapat lebih banyak lagi berkontribusi, dan UI dapat meningkatkan pencapaiannya dengan memperoleh Golden Play Button Award dari YouTube sehingga dapat berdampak pada reputasi UI di tingkat global.”

Per 16 Januari 2024, video-video OVIS UI telah ditonton hingga 8.580.822 kali. Guna menarik minat masyarakat luas untuk menonton video OVIS UI, tim OVIS UI selalu berupaya mengangkat konten yang sedang hangat dibicarakan dan diperlukan masyarakat, memproduksi video bermutu secara konsisten, serta menghadirkan dosen UI dari berbagai bidang ilmu sebagai narasumber ahli di setiap videonya. Saat ini, video yang membahas Rumpun Ilmu Kesehatan memiliki rata-rata jumlah penonton terbanyak di kanal OVIS UI.

Tak hanya disebarkan melalui YouTube, konten OVIS UI juga ditayangkan di situs ovis.ui.ac.id bersama dengan konten terbuka yang diproduksi oleh seluruh fakultas, sekolah, serta Program Vokasi UI. DPASDP terus berkomitmen mengajak semua fakultas di UI berpartisipasi membuat konten bersama OVIS UI melalui sosialisasi rutin setiap tahun. Dengan diperolehnya penghargaan YouTube Silver Play Button pada November 2023 ini, DPASDP semakin termotivasi meningkatkan kualitas konten OVIS UI dan membuat pencapaian berikutnya bersama seluruh dosen UI.

“Perkembangan ilmu dan juga dinamika dalam dunia pendidikan dan penelitian akan mendorong dosen-dosen UI dengan berbagai kepakarannya untuk tetap mengembangkan konten terkait dengan kebutuhan perkembangan dan dinamika tersebut yang bermanfaat bagi masyarakat. Media ini diharapkan dapat mendukung pengabdian masyarakat sekaligus meningkatkan citra dan reputasi UI,” kata Gatot.

 

Penulis : Dyra Daniera

Related Posts