id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222
Universitas Indonesia > Berita > Berita Fakultas Farmasi > The 1st UI Health Innovation Expo 2024 Akan Menampilkan Hasil Riset dan Inovasi Rumpun Ilmu Kesehatan

Depok, 25 Juni 2024. Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Kerja Sama dan Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) akan mempergelarkan The 1st UI Health Innovation Expo 2024 di Balai Purnomo Prawiro, Kampus UI Depok pada 27-28 Juni 2024. Kegiatan ini turut melibatkan Fakultas Rumpun Ilmu Kesehatan di UI, yaitu Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) dan Fakultas Farmasi (FF).

Agenda utama The 1st UI Health Innovation Expo 2024 meliputi seminar, pameran hasil riset dan inovasi terbaik bidang rumpun ilmu kesehatan, dan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UI dengan berbagai mitra. Selain itu, selama dua hari berturut-turut tersedia layanan publik seperti pembuatan paspor dan pemeriksaan kesehatan. Lebih lanjut terkait pemeriksaan kesehatan akan disediakan oleh Rumah Sakit (RS) UI dan Klinik Satelit Makara UI serta Rumah Sakit Kesehatan Gigi dan Mulut (RSKGM) UI dalam bentuk layanan deteksi awal kesehatan jantung, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksanaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kekentalan darah serta pemeriksaan kolesterol secara gratis.

Narasumber yang akan mengisi sesi seminar terdiri dari akademisi, tenaga kesehatan, pejabat publik, swasta, hingga pegiat gerakan kesehatan. Pada hari pertama pembahasan utama akan diisi oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof. Dante Saksono Harbuwono terkait “Peran Indonesia Sehat sebagai Upaya Transformatif Menuju Indonesia Emas 2045. Tiga narasumber lain yang juga dijadwalkan hadir pada hari pertama diantaranya Ketua Senat Akademik UI dan Wakil Direktur Lembaga Penelitian dan Pendidikan Kedokteran Indonesia (IMERI) FKUI, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, MD, Sp.OG; Direktur Utama Biofarma, Shadiq Akasya; dan Pendiri Ruang Tumbuh Indonesia, Irma Gustiana, Psi. Direktur Utama RSUI, Dr. dr. Astuti Giantini, Sp. PK (K), MPH, akan bertindak sebagai moderator pada Kamis (27/06).

Selanjutnya, pada hari kedua diskusi akan diawali dengan paparan Direkur Jenderal Industri, Logam, Mesin, Alat, Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Taufik Bawazier mengenai “Mewujudkan Indonesia yang Mandiri di Sektor Kesehatan Melalui Program Making Indonesia 4.0”. Terdapat lima narasumber yang akan melanjutkan paparan, antara lain Deputi Direksi Bidang Riset, Inovasi, dan Pengembangan BPJS Kesehatan, Dr. Donni Hendrawan, MPH, CQP, CHIP, CQRCP; Direktur RSUD Pasar Rebo, drg. Iwan Kurniawan, M.Si; Direktur DISTP UI, Dr. Ahmad Gamal; Presiden Komisaris PT Kalbe Farma, Tbk., Vidjongtius serta Ketua Umum Gakeslab RI, Raden Kartono Dwidjosewojo. Dekan FKG UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., SpOrt. (K) akan bertindak sebagai moderator pada sesi seminar Jumat (28/06).

Direktur Kerjasama UI, Dr. Toto Pranoto mengatakan, kegiatan UI Health Innovation Expo 2024 ini bertujuan sebagai networking event antara rumpun ilmu Kesehatan di UI dengan industri, rumah sakit, alat kesehatan, alat laboratorium, dan pemerintah. “Kegiatan ini menjadi wadah matchmaking antara inovasi pihak kampus dan industri yang bergerak di bidang kesehatan,” ujar Dr. Toto.

Kegiatan ini juga akan diisi dengan presentasi inovasi/ riset dari FF dan FK pada hari pertama serta presentasi inovasi/ riset DISTP dan FKG pada hari kedua. Kunjungi laman bit.ly/RegistrasiUIHealthExpo2024 untuk mendaftar UI Health Innovation Expo 2024.

 

Penulis: Asep | Editor: Finda Salsabila

Related Posts