Skip links

Tim Mahasiswi FKG UI Juara “International UGM Dental Student Research Competition”

Aurelle Khadeeja Rizany, Jesslyn Christabella dan Natasha, mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), meraih Juara 3 pada kompetisi penelitian internasional “International UGM Dental Student Research Competition”. Tim mahasiswi FKG UI Angkatan 2019 tersebut di bawah bimbingan drg. Benso Sulijaya Sp. Perio (K), Ph.D.

Pada kompetisi tersebut mereka meneliti tentang “Knowledge of Dental Health Practitioners about the Use of Probiotics as Antibiotics Subtitions in the Treatment of Periodontal Disease“. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan antibiotik untuk menangani pasien periodontitis yang sudah sering digunakan.

“Seringkali kita jumpai masyarakat Indonesia yang menggunakannya tanpa anjuran dan resep dari dokter. Hal ini, mengakibatkan banyak pasien yang mengalami resistensi antibiotik. Dilihat dari fenomena maraknya penggunaan antibiotik oleh masyarakat umum secara bebas, maka kami para praktisi tertarik untuk mengangkat tema tersebut,” ujar Aurelle mewakili tim.

Berdasarkan penelitian dan studi ahli, dijumpai bahwa probiotik lactobacillus reuteri sering dijadikan alternatif pengobatan untuk pasien periodontitis. Berangkat dari permasalahan tersebut, untuk memperdalam penelitian dan literatur yang sudah ada, tim mahasiswi FKG UI bersama dengan dosen pembimbing meneliti tingkat pengetahuan dan persepsi dental practitioners yang terdiri mahasiswa co-ass, dokter gigi umum, residen, hingga dokter spesialis.

“Pada research competition ini kami mencoba untuk memberikan hasil penelitian yang terbaik, pemilihan tema ini menjadi sangat menarik mengingat penyakit periodontitis merupakan penyakit dengan prevalensi yang cukup tinggi di Indonesia, sehingga dibutuhkan penanganan yang efektif namun aman untuk penderita. Semakin banyak alternatif perawatan yang diberikan salah satunya probiotik lactobacillus reuteri, mampu membantu Indonesia terbebas dari periodontitis. Semoga dengan hasil yang kami peroleh ini bisa bagi dunia kesehatan khususnya gigi dan mulut,” kata Aurelle.

Dekan FKG UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K) menanggapi positif keberhasilan mahasiswa yang sudah mengharumkan nama FKG UI di level internasional tersebut. “Tentunya, hal ini sangat berdampak pada posisi prestasi dan reputasi FKG UI di level internasional, semoga ke depan semakin banyak mahasiswa FKG UI yang termotivasi dalam mengasah ilmu dan pengalaman dengan mengikuti berbagai kompetisi kelas dunia. Selain itu, saya juga ingin mengapresiasi kerja keras dan dukungan para dosen pembimbing yang telah mengarahkan dan memberikan dorongan semangat sehingga perwakilan FKG UI mampu menjadi Juara ” katanya.

Senada dengan Dekan FKG UI, drg. Benso Sulijaya Sp. Perio (K), Ph.D., selaku dosen pembimbing menyatakan turut bangga dengan semangat juang dan kompetisi sehat mahasiswa/i FKG UI yang dibimbingnya yang mendorong diri untuk semakin maju dan berkembang.

UGM Dental Student Research Competition (UDSRC) yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada merupakan kompetisi penelitian yang menawarkan kepada seluruh mahasiswa kedokteran praklinis (S-1), kedokteran klinis, dan/atau mahasiswa ilmu kesehatan internasional untuk memamerkan hasil penelitiannya tentang topik kedokteran gigi, bertukar pikiran, dan bersaing untuk menjadi juara. Karena kompetisi ini diadakan secara internasional, maka para peserta kompetisi akan bersaing dengan mahasiswa kedokteran gigi di seluruh dunia.

This post is also available in: English