https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/assets/media/demos/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/app.htmlhttps://elearning.ittelkom-sby.ac.id/group/s1/https://lms.unhi.ac.id/login/maxwin/https://e-learning.unim.ac.id/notes/-/smaxwin/https://uinsatu.ac.id/media/sthailand/https://simpenmas.untirta.ac.id/panduan/-/http://keris.bondowosokab.go.id/public/system/https://tik.unj.ac.id/wp-content/konten/https://perizinanfilm.kemdikbud.go.id/uploads/blog/https://dishub.babelprov.go.id/images/sgacor/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/img/user/https://dpupr.bantenprov.go.id/dpupr/uploads/files/http://bendungan-kita.sda.pu.go.id/assets/css/demo/https://agroteknologi.faperta.untad.ac.id/kaktus/images/https://sisurat.itenas.ac.id/application/core/https://www.umm.ac.id/files/media/<
Tim TAM FEB UI Sabet Penghargaan di Tiga Kompetisi Nasional - Universitas Indonesia
iden sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Tim TAM FEB UI Sabet Penghargaan di Tiga Kompetisi Nasional

Universitas Indonesia > Berita > Berita Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Tim TAM FEB UI Sabet Penghargaan di Tiga Kompetisi Nasional

Tim TAM yang terdiri dari tiga orang mahasiswa program sarjana Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI), Angkatan 2019, berhasil meraih prestasi dalam tiga ajang kompetisi yang berbeda pada November 2021. Mereka meraih juara nasional dalam kompetisi business plan Ecopreneur, juara nasional pada kompetisi marketing plan IMOTION, dan sebagai juara kedua pada ajang kompetisi ide bisnis The 16th Management e[X]pose.

Salah seorang anggota Tim TAM, Diandra Alya Putri, menuturkan bahwa kunci kemenangan timnya dalam melaksanakan ketiga kompetisi tersebut adalah riset. “Dengan riset yang mendalam, business plan yang kami hasilkan menjadi komperhensif serta mencakup semua lini operasional, termasuk marketing, dan finansial. Lewat riset yang mendalam pula tim kami dapat mendalami bagaimana membentuk sebuah strategi pemasaran produk agar dikenal masyarakat,” ujarnya. Selain itu, menurut Diandra, kerja sama antar anggota juga menjadi faktor kemenangan lain dari tim yang juga terdiri dari Keisha Karinna Avioza, dan Nabila Cahyarani Kusworo ini.

Riset business plan yang mendalam ini tercermin pada presentasi Tim TAM pada ajang Ecopreneur. Dalam ajang ini, tim TAM mempresentasikan strategi pemasaran dalam segi finansial dan non-finansial untuk perusahaan J-Express. Dalam menyusun strategi pemasaran, tim TAM melakukan analisis terhadap fenomena rendahnya porsi pengiriman Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap tingkat loyalitas konsumen di J-Express. Analisis strategi pemasaran ini mereka lakukan dengan mengolah berbagai data dari jurnal, buku, ataupun sumber ilmiah lainnya yang mendukung solusi/strategi yang tim ajukan dalam business plan.

Kedalaman analisis dalam menghasilkan strategi pemasaran yang baik ini juga terbukti membawa kemenangan pada dua ajang lainnya, yaitu IMOTION dan Management e[X]pose. Dalam ajang terakhir, tim diminta untuk membuat suatu ide bisnis terkait pengelolaan limbah tekstil di Indonesia. Tidak hanya itu, tim juga diminta oleh penyelenggara untuk memberikan inovasi tentang bisnis yang berkelanjutan dan menghasilkan shared value. Nilai ini tidak hanya harus punya dasar keuntungan ekonomi yang kuat, tapi juga harus mempunyai dampak yang tinggi bagi sosial dan lingkungan global.

“Dengan tuntutan yang menantang seperti itu, kami berusaha melakukan berbagai riset mengenai dunia bisnis secara detail dan komperhensif tentang apa saja yang saat ini sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak hanya itu, tim kami juga membaca isu-isu terkini yang dapat jadikan insight saat merancang ide bisnis, sehingga proposal bisnis kami mempunyai nilai relevansi yang besar ke masyarakat,” ujar Diandra.

Salah satu anggota tim yang lain, Keisha melanjutkan bahwa tantangan terbesar saat mengikuti semua perlombaan ini adalah manajemen waktu, terutama karena mereka mengikuti tiga perlombaan sekaligus dalam satu waktu. Menurutnya hal ini dapat teratasi dengan adanya fokus dan komitmen dari masing-masing anggota terhadap tujuan kemenangan tim. “Hal terpenting yang harus dijaga tim adalah semangat tidak mudah menyerah, bahkan ketika tim lain terlihat lebih unggul,” ujar Keisha.

Ia berharap, kemenangan Tim TAM dalam ketiga ajang ini dapat memberikan inspirasi bagi banyak mahasiswa untuk terus berprestasi dan mempunyai kepercayaan diri dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Ia berharap bahwa kemenangan tim dapat memberikan bukti bahwa tidak ada yang tidak mungkin dilakukan bila kita mau bekerja sama dan berkolaborasi dalam mencapai suatu tujuan.

Related Posts